Wednesday, February 13, 2008

Adegan Aksi Berbahaya Jackie Chan

Setelah kematian sang legendaris Bruce Lee, saat itu sepertinya tidak ada lagi pemain aktor film laga kungfu yang bisa mencuri banyak perhatian penonton untuk meraih gelar ‘raja’ di dunia perfilman kungfu sampai kehadiran seorang Jackie Chan. Dibesarkan di Peking Opera School dan pernah menjadi stuntman di film Bruce Lee, Jackie mempunyai banyak pengalaman dan kemampuan untuk membuat penonton terkagum-kagum atas aksi-aksi laga nya, bahkan beberapa tersebut tergolong sangat dan amat berbahaya. Bahkan tidak sedikit juga dari semua aksi-aksi yang dilakukannya dianggap sebagai salah satu aksi paling bahaya dalam sejarah dunia perfilman.

Melompat dari atas bis masuk menembus panel jendela kaca.

aksi bahaya jackie chan

luka memar jackie chan
Di film Police Story 2, Jackie Chan mengambil aksi diatas bis yang sedang berjalan. Secara berhati-hati dia berhasil mengelak beberapa papan iklan besar yang datang ke arah dirinya, dan tidak lama setelah itu dia melompat dari atas bis menabrak dan memecahkan sebuah panel jendela kaca. Sialnya, dia menabrak panel yang salah, Jackie seharusnya menabrak bagian panel kaca prop yang telah dibuat sebelumnya tetapi dia malah menabrak panel kaca betulan sehingga mengakibatkan dia terluka serius.

Merangkak diatas batubara yang panas.

adegan bahaya jackie chan batubara

Di film Drunken Master II ada sebuah adegan dimana Jackie didorong dan jatuh diatas batubara dengan panasnya api. Dengan cepat dia merangkak keluar dari area penuh batubara tersebut. Jackie mengulang adegan ini tiga kali sampai menurutnya sempurna dan aksi nyata ini mengakibatkan beberapa bekas-bekas luka permanen pada lengan Jackie Chan.

Melompat dari dinding ke cabang pohon.


cedera luka jackie chan

Jackie Chan mengalami cedera terparah dalam perjalanan karirnya ketika syuting sebuah adegan di film Armour of God di Yugoslavia pada tahun 1986. Di adegan ini Jackie harus melompat dari dinding ke cabang pohon yang ada di bawah tetapi sialnya cabangnya patah, dan akhirnya mendarat ke tanah berbatuan dengan kepalanya terlebih dahulu. Kecelakaan ini mengakibatkan tengkoraknya retak, darah pun keluar dari telinganya dan harus segera dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk dilakukan operasi otak darurat. Tidak hanya itu, kecelakaan ini juga meninggalkan lubang permanen di kepala Jackie yang akhirnya ditutup dengan lapisan plastik. Semenjak kejadian ini Jackie Chan mengalami kesulitan dalam pendengarannya di salah satu telinganya.

Hanya setahun kemudian ia syuting untuk film "Police Story 2", dimana adegannya ia dilempari sebuah kursi dan kena ke kepalanya, dan ini menyebabkan perdarahan lagi.

Meluncur 21 lantai kebawah di sisi gedung pencakar langit.

jackie chan meluncur di gedung tinggi

gedung pencakar langit jackie chan

jackie meluncur kebawah gedung

Di film Who Am I?, Jackie kembali melakukan aksi berbahayanya yang tergolong ekstrem, yaitu meluncur 21 lantai kebawah di sisi gedung tinggi (gedung Willemsweft di Rotterdam) yang cukup curam. Di tengah-tengah aksi peluncurannya ini, Jackie sempat berdiri dan berlari sebelum akhirnya kembali tiduran lagi dengan kepala dibawah dan kaki diatas. Ini adalah aksi yang benar-benar berbahaya yang kita pasti tidak akan merekomendasikan kepada siapa pun untuk mencoba, apalagi jika harus meniru Jackie Chan yang melakukannya tanpa bantuan peralatan keselamatan. Aksi ini mengakibatkan cedera di pergelangan kaki – bahkan Jackie sendiri membutuhkan 2 minggu memberanikan diri untuk melakukan aksi ini.

Melompat dari atap gedung ke tangga tali helikopter.

lompat tali tangga helikopter

Di film Police Story 3 Supercop, Jackie melompat dari atap gedung ke tali tangga helikopter dan bertahan disitu. Aktor itu kemudian diayunkan di sekeliling atas kota Kuala Lumpur dengan kecepatan tinggi dan dia melakukannya tanpa peralatan keselamatan. Hmm.. seperti tur udara yang menyenangkan di atas ibukota Malaysia. Apakah dia jatuh? tidak, tapi tali tangga tersebut sempet menabrak beberapa billboard dan mengakibatkan dislokasi pada tulang pipi Jackie.

Snowboard ke helikopter.

adegan aksi paling bahaya dunia perfilman

Seperti tidak puas dengan adegan melompat ke tali tangga helikopter, Jackie kembali beraksi di film sekuelnya Police Story: First Strike, dan sekali lagi dengan menggunakan helikopter tapi kali ini dengan meluncur menggunakan snowboard di tepi tebing dan melompat ke helikopter. Aksi ini termasuk berbahaya karena berdekatan dengan baling-baling helkopter yang mematikan. Jika beberapa inci ketinggian atau kerendahan bisa berakibat fatal.

Jatuh dari menara jam.

jackie menara terjun kebawah

stuntman dunia terhebat

cedera tulang punggung  jackie

Dalam pembuatan film Project A di tahun 1983, ada sebuah adegan dimana Jackie berakhir menggantungkan diri pada sebuah jarum jam dinding menara dengan menggunakan tangannya. Karena tidak menemukan cara lain untuk turun maka menjatuhkan diri dari menara tersebut merupakan bagian dari cerita filmnya. Setelah melepaskan jarum jam dinding tersebut Jackie terjun kebawah melalui serangkaian kanopi kain sebelum akhirnya jatuh di tanah (dengan kepala mendarat duluan). Dia mengulang adegan ini tiga kali sampai pengambilannya sesuai dengan yang diinginkan. Dalam aksi ini Jackie mengalami patah tulang hidung untuk kedua kalinya dan juga cedera leher dan tulang punggung.

Turun dari tiang.

jackie turun terjun tiang mall

aktor laga hongkong kungfu

cedera luka bakar tulang punggung

Di Police Story 2 Jackie mengambil cara singkat untuk menyebrang dari atas bus ke atas bangunan yaitu dengan melompatnya langsung ke tujuan. Di film series nya yang pertama dia juga melakukan hal yang sama, di cerita filmnya, Jackie terpaksa mengambil cara tercepat untuk turun ke bawah mall dari lantai 4 untuk mengejar penjahat yang berusaha kabur, yaitu dengan melompat ke tiang dan meluncur ke bawah tanpa menggunakan sarung tangan. Aksi ini mengakibatkan memar-memar di beberapa bagian tubuh, luka bakar tingkat dua di kulit jari dan telapak tangan, cedera punggung dan dislokasi panggul.

Bermain dengan mesin gergaji.

Tidak hanya itu, di salah satu adegan perkelahian nya pada film Mr. Nice Guy Jackie juga bermain dengan mesin gergaji betulan..
Jika menurut anda ini tidak seberapa, coba lihat yang ini..

bermain dengan mesin gergaji meja

Jackie menggulingkan badannya kesebelah sisi gergaji dengan badannya yang hanya berjarak beberapa centimeter saja dari pisau-putar tersebut.

Melompat dari tempat parkir ke gedung lain di seberang.

melompat dari tempat parkir ke seberang gedung

Jika melihat gambarnya saja mungkin anda kurang percaya, namun kabarnya Jackie melakukan aksi gila ini tanpa tali/kabel pengaman di film Rumble in the Bronx ketika (dalam ceritanya) Jackie sedang dikejar-kejar oleh segerombolan gangster hingga ke tempat parkir lantai 20 dan akhirnya terpaksa kabur lompat ke seberang gedung.

Di film yang sama, Jackie kembali mematahkan tulang pergelangan kaki nya sendiri ketika melompat dari jembatan ke hovercraft. Dokter telah menyarankan agar dia tidak berjalan selama perawatan namun Jackie tidak ingin berhenti syuting sehingga ia merancang sepatu khusus untuk menutupi pergelangan kaki yang patah agar semuanya terlihat normal.

No comments:

Post a Comment