Akan seperti apa perang dagang A.S-China? | CNBC Menjelaskan



00:00
China, China harus mencintai kita, China. Mungkinkah Amerika Serikat dan China berada di ambang perang dagang? Mungkin ... jika Presiden Donald Trump mengikuti janji kampanyenya untuk melarang impor mereka. Jadi, ada apa dengan hubungan dagang A.S.-China yang Trump tidak suka? Yah, dia pikir itu tidak adil.

00:28
Mari kita mulai dengan angka. Perdagangan barang dan jasa di antara keduanya sangat besar. $ 659,4 miliar dolar total tepatnya. Barang senilai $ 161 miliar dari Amerika dikirim ke China tahun itu, sementara barang-barang China yang diimpor ke A.S. mencapai $ 497,8 miliar dolar. Jadi apa artinya? Ini berarti A.S. memiliki defisit perdagangan sebesar $ 336,2 miliar dolar pada tahun 2015 - 6,6% lebih banyak dari tahun sebelumnya. Yang membawa kita kembali ke Presiden Trump dan mengapa ia begitu kesal dengan China.

01:10
"Kami tidak dapat terus membiarkan China memperkosa negara kami, dan itulah yang mereka lakukan." Itu sebabnya saat dalam kampanye tersebut, Presiden berjanji akan memberlakukan tarif besar untuk orang China. Ini bisa berkisar antara 10% sampai 45%. Jadi apa sebenarnya ini artinya?

01:29
Mari kita gunakan secangkir teh ini sebagai contoh. Katakanlah saya adalah seorang teamaker China dan sekarang saya membutuhkan biaya sekitar $ 1 USD untuk mengimpor teh Cina ini ke AS. Jika Donald Trump membebankan tarif 45% untuk semua barang dari China, cangkir teh ini maka akan menjadi seharga $ 1,45 untuk masuk ke Amerika Serikat dan Anda mungkin bertanya-tanya siapa yang harus membayar harga tersebut? Nah jawabannya adalah saya, konsumen.

01:57
Tapi saya mungkin akan bertanya pada diri sendiri, mengapa saya harus membayar $ 1,45 untuk secangkir teh dari China jika saya bisa mendapatkan secangkir teh dari India dengan harga kurang dari satu dolar? Dan ini bisa sangat merugikan perusahaan China dan produk mereka.

02:14
Ini akan menjadi tendangan voli pertama dalam perang dagang A.S. - China. Beijing dapat memberlakukan tarif balasan pada industri tertentu dan pada gilirannya akan merugikan perusahaan Amerika. Ekspor utama Amerika ke China adalah pesawat terbang, sehingga tarif Boeing akan dinaikkan, misalnya.

02:32
Tapi bukan hanya tarif - bisnis carrier yang dijalankan pemerintah seperti Air China bisa sekedar memutuskan untuk berhenti memesan pesawat dari Boeing dan malah membeli dari pesaing, seperti produsen Airbus Eropa. Hal ini meninggalkan pertanyaan besar: siapa yang akan menang dalam perang perdagangan A.S.-China?

02:50
China mengatakan bahwa mereka siap menghadapi kemungkinan tindakan proteksionis dan bahwa ekonomi mereka akan tetap kuat. Selama beberapa tahun terakhir, China telah mencoba mengubah ekonominya dari manufaktur menjadi produk berbasis konsumsi. Perdagangan mencapai 28,6% di tahun 2016, turun dari 36,3% di tahun 2015.

03:13
China juga telah melakukan perdagangan lebih banyak lagi dengan negara-negara dengan basis konsumen yang berkembang seperti India. Dan akhirnya, keduanya bisa memicu perang perdagangan mata uang China, Yuan. Presiden Trump pernah mengkritis terhadap Yuan yang mengatakan sepanjang kampanyenya bahwa Beijing secara tidak adil mendevaluasinya. Membuat ekspor China lebih atraktif. Bahkan setelah memenangkan pemilihan, dia mentweet:

03:35
Tidak jelas apakah Presiden Trump benar-benar akan mengenakan tarif 45% untuk barang yang diimpor dari China tapi satu hal yang pasti, hal ini tidak akan merugikan ekonomi China dan Amerika saja, namun juga berpotensi untuk mempengaruhi secara negatif ke seluruh dunia.

04:02
Phil Han, CNBC.

No comments:

Post a Comment