China Tidak Akan Mengembalikan Terrex ke Singapura Asalkan...


Translate dari postingan si pengupload video:

Kita berada dalam situasi David vs Goliath. Seperti pepatah lama, Negara Besar melakukan apa yang mereka inginkan, dan dan negara-negara kecil menderita apa yang mereka inginkan. Big China telah memutuskan untuk mengajar Singapura Kecil pelajaran dengan merebut kendaraan Terrex yang transit melalui pelabuhan Hong Kong. Setelah lebih dari sebulan, tidak ada habisnya kisah ini. Pejabat Cina ini (jelas disuruh masuk media), telah menjelaskannya dengan sangat jelas. Singapura belum memberi jaminan pada dua kondisi penting China.

Pertama, Singapura tidak memberitahu pihak berwenang di Hong Kong bahwa cargo sensitif semacam itu telah transit melalui pelabuhan. Mengapa ini?

Kedua, dan alasan sebenarnya, Singapura tidak mematuhi kebijakan 'Satu China' karena Singapura terus melakukan latihan di Taiwan. Pejabat tersebut mengatakan bahwa alasan Singapura bahwa hubungan dengan Taiwan kembali ke tahun 1970an tidak memperhitungkan bahwa kenyataan modern berbeda. China sekarang bukanlah China 30 tahun yang lalu. Saat itu, Singapura mulai berlatih di Taiwan (dengan dukungan secara diam-diam dari Amerika Serikat), China tidak dapat berbuat apa-apa meskipun China tidak senang.

Hari ini, China telah memutuskan untuk melakukan sesuatu tentang hal itu. Sampai dua syarat ini terpenuhi, pejabat China tersebut secara kategoris menyatakan bahwa Singapura tidak akan mendapatkan kembali kendaraan Terrex-nya.

Kasihan Singapore, Kena bully. Bagaimana mungkin sebuah pulau berpenduduk 5 juta melawan negara adidaya berkembang yang berpenduduk 1,3 miliar?

Dalam bahasa Singapura, China memberitahu Singapura untuk 'wake up our idea'.

Apa yang harus kita lakukan? Itu, ladies & gentleman, adalah pertanyaan jutaan dolar. Sekarang, ingatlah, seluruh dunia melihat ini dengan saksama, melihat apa yang akan dilakukan Singapura, melihat apakah Singapura akan masuk ke China, melihat apakah orang-orang Singapura akan memarahi Pemerintah mereka dan memberi tahu Pemerintah Singapura untuk mengalah.

Jika kita mengalah, saya akan mengatakan bahwa kita mampus. Ya, kita akan mendapatkan kembali 9 Terrex kita (nampaknya bernilai $ 30 juta atau lebih), tapi apa yang kita akan kehilangan? Kita akan kehilangan kredibilitas kita sebagai negara berdaulat di mata seluruh dunia. Kita akan kehilangan reputasi kita sebagai negara merdeka, menjunjung hukum internasional, menghormati peraturan hukum. Jadi, mengalah, dan jangan salahkan teman asing kita karena mengira kita sekarang bagian dari China.

Sama seperti saya tidak menyukai Donald Trump, saya ingin parafrase Trump dalam respon ke China:

"Kita harus memberitahu China bahwa kita tidak ingin Terrexes yang mereka curi - biarkan mereka memilikinya!"

Katakan kepada seluruh dunia bahwa China adalah pencuri, pengganggu besar, negara yang secara sepihak mengabaikan hukum internasional. Mereka mencuri barang kita dan biarkan mereka menyimpannya, sehingga seluruh dunia bisa melihat sendiri siapa pencuri itu. Panggil mereka untuk apa adanya, Big Thugs and Big Thieves.

Sedangkan untuk 9 Terrex kita, kita buat 9 lagi lah. Lagi pula, bukankah mereka dibuat secara lokal? Buat pekerjaan untuk diri kita sendiri bukanlah ide yang terlalu buruk bukan?

------------------------------------------------------------------------

Informasi lebih lanjut. Komentator politiknya adalah Song Zhong Ping (宋忠平), seorang komentator militer terkenal dan kolumnis dengan pengikut besar 3 juta orang di situs sosialnya Weibo.

Terjemahan kira-kira dari pendapatnya, dari 1:25 dan seterusnya:

"Masalahnya tetap belum terselesaikan sampai hari ini karena Singapura tidak menanggapi kondisi kita, atau tidak memberikan jawaban yang memuaskan.

Kondisi yang dinyatakan adalah sebagai berikut:

Pertama, Singapura harus menghormati undang-undang dan peraturan Hong Kong-mengapa mereka tidak memberitahukan pihak yang berwenang ketika kendaraan sensitif semacam itu tiba di Hong Kong? Perilaku seperti itu melanggar Hukum Hong Kong dan kami menginginkan penjelasan yang jelas, atau bahkan jaminan. Singapura tidak menyediakan keduanya.

Kedua, Singapura telah berjanji untuk mematuhi Kebijakan 'Satu China' dan menolak kerjasama militer dengan Taiwan pada tahun 2009 dan 2012. Namun, sudah 2016 dan Singapura masih berlatih dengan militer Taiwan. Singapura tidak mematuhi Kebijakan 'Satu China' seperti yang mereka janjikan dan kami ingin penjelasannya.

Sikap Singapura tidak jelas - dia menyatakan bahwa dia mengakui Kebijakan 'Satu China'. Namun, dia juga menyatakan bahwa kerja sama dengan Taiwan telah lama berdiri, seperti yang dimulai pada tahun 1970an.

Nah, ada salah paham di sana.

Kembali di tahun 1970an dengan Amerika Serikat mendukung Singapura, Singapura bisa melanjutkan kerja sama militer dengan Taiwan. China tidak punya pilihan selain menerimanya, karena kondisi ekonomi umumnya saat itu.

Waktu berbeda sekarang. Baik Cina dan Singapura telah berubah. Singapura dulu adalah salah satu dari empat Macan Asia, namun ekonominya tidak berjalan dengan baik hari ini. Singapura harus memperhatikan situasi yang berubah dan bereaksi sesuai dengan itu. Jika Anda ingin kendaraan milik Anda kembali, Anda harus menjawab dua kondisi yang kita susun. Jika tidak, kendaraan Anda tidak akan kami kembalikan. "

No comments:

Post a Comment