Wednesday, February 13, 2008

Fakta Tentang Anita Mui

anita mui biografi penyanyi
Anita Mui (Mui Yim-fong) adalah seorang aktris dan penyanyi asal Hongkong kelahiran 10 Oktober 1963. Anita Mui merupakan anak terakhir dari 4 bersaudara. Kakak Anita yang bernama Ann Mui juga seorang penyanyi. Mereka dibesarkan dari keluarga single parent.

Ayah Anita meninggal ketika dia masih kecil. Sebagai putri bungsu dari keluarga, ia mulai tampil pada usia 5, menyanyi opera Cina dan lagu pop di theater. Anita pernah berkata bahwa dia tidak pernah bertemu dengan ayahnya, ini berarti dia harus membantu kakak kakaknya pada usia yang masih sangat muda. Dia putus sekolah pada umur 13 tahun. Setelah itu, ia bernyanyi di bar dan klub malam selama beberapa tahun.

Ibunya memiliki bar untuk mendukung keluarga pada waktu itu. Tapi setelah barnya hancur akibat kebakaran, Anita harus bekerja lebih keras untuk membayar utang keluarga.

Pada tahun 1982, Anita Mui berhasil mengalahkan 3,000 kontestan di New Talent Singing Competition dan memenangkan first prize.

patung konser anita mui ibu
Tapi ketenaran Anita Mui tidak membawa kebahagiaan. Dia merasa kesepian di bawah tekanan bisnis pertunjukan dan terus bekerja keras mendukung keluarganya.

Dia pernah berkata: "Banyak orang bertanya kepada saya mana yang saya pilih: Menjadi orang biasa yang bahagia atau bintang terkenal. Jika saya bisa memilih, saya akan memilih untuk menjadi orang biasa yang bahagia."

Dia pernah menggelar konser dan tiketnya terjual habis di Hammersmith, London, di mana Mui mulai dijuluki sebagai "Madonna Asia". Sejak itu julukan tersebut melekat terus bersamanya sepanjang karirnya.

Dia kemudian beralih ke akting dan menikmati kesuksesan membintangi film termasuk The Heroic Trio dan Drunken Master 2.

Dia pernah tampil di Summer Olimpics 1988 bersama Janet Jackson. Anita juga tampil bareng Jackie Chan dalam film Rumble in the Bronx.

Setelah meninggalnya sang putri, ibunya berusaha untuk memperjuangkan agar menjadi ahli waris atas kekayaan anaknya yang diperkirakan berjumlah sekitar US$16 juta, namun pengadilan menolaknya. Tidak putus dengan hal itu, Tam Mei Kam terus berjuang dan coba mengumpulkan uang untuk menghadapi pengadilan.
anita mui asmara hubungan andy lau

Ibu Anita berencana merilis buku yang membahas kisah cinta Anita. Menurut ibunya, Tam Mei Kam, dari banyaknya teman cowo anaknya, Anita paling suka dengan Andy Lau. Anita bahkan pernah menangis karena tidak terpilih menjadi kekasih Andy dalam sebuah film. Anaknya itu juga sempat bertengkar dengan Sandra Ng, lawan mainnya yang berhasil memerankan kekasih Andy Lau di film.

Ibunya juga menceritakan bahwa anaknya pernah patah hati sedih mengetahui bahwa Andy Lau sudah memiliki wanita lain. Dia bahkan nekad terbang ke Malaysia untuk mengkonfirmasi informasi ini secara langsung.

Pada tahun 2003, karir Mui berhenti ketika penyanyi Hong Kong tersebut mengumumkan bahwa ia menderita kanker serviks, dan meninggal pada usia 40.

No comments:

Post a Comment