Fakta Tentang Aung San Suu Kyi

pemimpin de facto myanmar burma
Pada tahun 1988 Aung San Suu Kyi (lahir 1945) menjadi pemimpin terkemuka di Burma (sekarang Myanmar) dari gerakan menuju pembentukan kembali demokrasi di negara itu. Pada tahun 1991, ketika berada di bawah tahanan rumah, ia dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian.

Aung San Suu Kyi secara internasional diakui sebagai simbol perlawanan yang aktif terhadap kekuasaan otoriter. Pada 20 Juli 1989, ia ditempatkan di bawah tahanan rumah oleh para pemimpin kudeta militer, yang disebut State Law and Order Restoration Council (SLORC), yang berkuasa di Myanmar pada 18 September 1988. Nama bangsa telah diubah dari Burma ke Myanmar pada tahun 1980.

Aung San Suu Kyi berasal dari keluarga Burma yang terpandang. Ayahnya, Bogyoke (Generalissimo) Aung San, dikenal sebagai pendiri Burma independen pada tahun 1948 dan secara luas dihormati di negara tersebut. Dia merundingkan kemerdekaan dari Inggris dan mampu mengelas kelompok etnis yang berbeda bersama-sama melalui kekuatan kepribadiannya dan kepercayaan yang ditimbulkannya di antara semua kelompok.

Dia dibunuh, bersama dengan sebagian besar kabinetnya, oleh politisi Burma yang tidak puas, U (Mr.) Saw, pada 22 Juli 1947, sebelum kemerdekaan pada tanggal 4 Januari 1948. Hari itu tetap menjadi hari libur nasional di Myanmar. Kehilangannya memperlambat realisasi kesatuan negara.

aung suu kyi ketika muda

Aung San Suu Kyi lahir di Burma pada 19 Juni 1945. Dia menghabiskan masa mudanya di Burma dan kemudian bergabung dengan ibunya, Daw Khin Kyi (semua nama di Burma adalah individu; tidak ada nama keluarga), yang ditunjuk sebagai duta besar Burma ke India pada tahun 1960. Dia sebagian dididik di sekolah menengah di India dan kemudian menghadiri Kolese St. Hugh, Universitas Oxford, di mana dia menerima gelar sarjana dan masternya dalam bidang politik, ekonomi, dan filsafat.

Selama dua tahun dia bekerja di Sekretariat Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York. Pada tahun 1972 ia menikah dengan Michael Vaillancourt Aris, seorang sarjana terkenal di Asia Tengah, Tibet, dan Bhutan. Mereka memiliki dua putra, Alexander (lahir pada tahun 1973 dan juga dikenal dengan nama Burma-nya, Myint San Aung) dan Kim (lahir pada tahun 1977 dan juga disebut Htein Lin).

Selama 1985 dan 1986, Aung San Suu Kyi adalah seorang sarjana tamu di Pusat Studi Asia Tenggara, Universitas Kyoto, dan pada tahun 1987 dia adalah seorang rekan di Institut Studi Lanjut India di Simla.

Daw Khin Kyi, ibunya, mengalami stroke pada tahun 1988, dan Aung San Suu Kyi kembali ke Rangoon, Myanmar, untuk membantu merawatnya. Sementara di sana, peristiwa-peristiwa penuh gejolak pada 1988 yang mengguncang negara itu terjadi.

Kebangkitan rakyat terhadap rezim sosialis sebelumnya yang terkait dengan rezim Partai Sosialis Burma yang dipimpin militer adalah pemberontakan massal terhadap pemerintahan yang otoriter dan gagal secara ekonomi.

Pada 26 Agustus 1988, Aung San Suu Kyi memperoleh pengakuan nasional sebagai pemimpin efektif dari oposisi National League for Democracy (NLD), kemudian menentang SLORC yang dipimpin militer. Aung San Suu Kyi menjadi sekretaris jenderal National League for Democracy (NLD) dan menjadi pembicara yang karismatik dan efektif yang mendukung demokrasi di seluruh negeri. Dia akhirnya ditempatkan ke dalam tahanan rumah oleh SLORC karena mencoba memecah tentara, tuduhan yang secara konsisten ditolaknya.

ketua pemimpin partai oposisi myanmar


Meskipun ia tidak diizinkan mencalonkan diri dalam pemilu pada 27 Mei 1990, pemilihan umum, partainya, NLD, yang sangat mengejutkan dan kecewa terhadap militer, memenangkan 80 persen kursi legislatif. Mereka tidak pernah diizinkan untuk berkuasa.

Selama bertahun-tahun dari awal tahanan rumahnya, Aung San Suu Kyi tidak diizinkan memiliki pengunjung, tetapi kemudian keluarga dekatnya diizinkan untuk bertemu dengannya sesekali ke Myanmar. Pada bulan Januari 1994, pengunjung pertama yang bukan dari keluarganya, anggota Kongres AS Bill Richardson, seorang Demokrat dari New Mexico, diizinkan untuk bertemu dengannya.

Dia dikenal sebagai "a prisoner of conscience" oleh Amnesty International. Perserikatan Bangsa-Bangsa dan sejumlah besar kelompok nasional dan internasional lainnya menyerukan pembebasannya tanpa syarat. Dia memenangkan banyak penghargaan untuk demokrasi dan hak asasi manusia, termasuk Sakharov Prize for Freedom of Thought (European Parliament, 1991), Hadiah Nobel Perdamaian (1991), dan Penghargaan Simon Bolivar Internasional (UNESCO, 1992).

Aung San Suu Kyi tetap di bawah pengawasan militer dan tahanan rumah sampai Juli 1995. Pemerintah terus membatasi pergerakannya di seluruh negeri dan luar negeri. Selama tahun pertama kebebasan Suu Kyi, ia hanya diizinkan bepergian singkat di dalam dan di sekitar kota kelahirannya, Rangoon, dan tidak diizinkan bepergian ke luar Myanmar. Dia bagaimanapun, tetap melanjutkan perjuangannya untuk melayani sebagai pemimpin vokal NLD demi mendorong demokrasi.

No comments:

Post a Comment