Sunday, February 17, 2008

Fakta Tentang Bill Gates - Pendiri Microsoft

kekayaan boss microsoft windows
Kebanyakan orang tau 3 hal mengenai Bill Gates:
  1. Orang terkaya di dunia.
  2. Ia mendirikan salah satu perusahaan teknologi yang paling sukses sepanjang masa: Microsoft.
  3. Dia dikenal sebagai seorang filantropis yang banyak memberikan uangnya untuk menolong orang melalui Bill & Melinda Gates Foundation.
Memiliki nama asli William Henry Bill Gates, ia lahir pada hari Jumat, 28 Oktober, 1955 di Seattle Washington.

Kekayaan Bill Gates terakhir diperkirakan senilai UDS 80,1 miliar atau Rp 1,051 triliun! – berdasarkan perhitungan dari majalah Forbes tanggal 10 Mei 2015. Menurut Forbes, ia masih memegang rekor sebagai orang terkaya dengan menduduki posisi tersebut sebanyak 16 kali dalam 21 tahun terakhir.

Bill Gates berasal dari keluarga kaya. Ayahnya, William Henry Gates Sr, adalah seorang pengacara yang berpengaruh. Ibunya Mary Maxwell Gates adalah anggota dari Universitas of Washington's Board of Governors selama hampir 18 tahun, universitas yang sama ketika ia menyelesaikan pendidikannya. keluarga Bill Gates secara aktif terlibat dalam bisnis, pelayanan sosial dan politik.

Bill Gates bercita-cita untuk menjadi jutawan pada usia 30. Namun, ia malah menjadi miliarder di usia ke 31. Dia juga merupakan miliuner termuda saat itu dengan kekayaan USD 1,25 miliar.

pemilik microsoft bill gates saat muda


Setelah sekolahnya menemukan kemampuan coding Bill Gates, mereka membiarkan dia menulis program komputer sekolah untuk menjadwalkan siswa di kelas. Gates secara licik mengubah kode-kodenya sehingga ia bisa ditempatkan di kelas dengan "jumlah yang tidak proporsional dari gadis-gadis yang menarik."

Bill Gates, bersama teman-temannya Paul Allen, Ric Weiland dan Kent Evans pernah di ban untuk menggunakan komputer di Computer Center Corporation (CCC), setelah mereka ditemukan melakukan hacking ke sistem dan mengakibatkan terjadinya crashing, hanya demi kesenangan. Namun, larangan tersebut dicabut kembali dan Bill Gates dan teman-temannya kembali dapat menggunakan komputer tersebut dengan syarat bahwa mereka mau membantu CCC menemukan kelemahan dalam sistem mereka.

Selama masa remajanya, Gates membaca seluruh series "World Book Encyclopedia".

Pada tahun 1998, Bill Gates memperoleh $ 1 juta per jam (dan hampir $ 300 per detik).

Seperti banyak pengusaha teknologi sukses lainnya, Gates adalah seorang pelajar yang dropout dari sekolah. Dia meninggalkan Harvard University pada tahun 1975 untuk sepenuhnya mengabdikan dirinya untuk Microsoft.

Meskipun Microsoft saat ini berkantor pusat di Redmond, Washington, perusahaan ini sebenarnya didirikan di New Mexico pada April 1975. Setelah sampai 1986 barulah perusahaan itu pindah ke Redmond.

Hardware pertama yang dikeluarkan oleh Microsoft adalah Mouse Microsoft pada tahun 1983.

mouse pertama microsoft alat komputer

Banyak negara-negara di seluruh dunia berjuang untuk kekuasaan ekonomi, namun fakta menariknya bahwa hanya 10% dari negara-negara tersebut lebih kaya dari Bill Gates.

Sampai tahun 2013, Bill Gates sudah mendonasikan cukup banyak, sekitar USD 28 miliar ke yayasan yang banyak membantu masyarakat miskin di Afrika dan Asia tersebut. Jika dikonversikan ke dalam Rupiah, maka nilainya sebesar Rp 381 triliun

Selain pesawatnya, salah satu keborosan terbesar Bill Gates adalah Codex Leicester, yaitu koleksi tulisan Leonardo da Vinci yang dia peroleh dari lelang di tahun 1994 seharga $ 30.800.000.

kisah hidup bill gates

Bill Gates menikah dengan mantan manajer proyek Microsoft untuk Expedia, Microsoft Bob dan Microsoft Encarta, Melinda French. Mereka menikah di Hawaii dalam sebuah upacara yang dihadiri hanya oleh teman-teman dekat dan keluarga, sehingga tidak menjadikannya sebagai pernikahan yang sangat mewah. Setelah pernikahan mereka, istri Melinda meninggalkan Microsoft dan fokus pada keluarga barunya.

istri bill gates

Rumah Bill Gates, juga dikenal sebagai Xanadu, adalah salah satu rumah yang pasti diidamkan oleh setiap orang di dunia. Lokasinya terletak di Madinah, Washington. Apa yang istimewa dari rumahnya? Nah, rumah itu dibangun lebih dari 7 tahun lamanya dengan biaya $ 63.000.000. Pada tahun 2009, tanah dan nilai rumahnya dihitung menjadi $ 147.500.000, dan setiap tahun $ 1.630.000 dibayarkan sebagai pajak properti. Rumah ini luasnya 66.000 kaki persegi, dan dilengkapi dengan teknologi terbaru termasuk di antaranya earth-sheltered, memiliki dinding akuarium, kolam renang, sistem musik bawah air, gym, ruang makan yang besar, lantai yang bisa dipanaskan dan banyak kemewahan lainnya.

rumah bill gates orang terkaya

Meskipun di cap sebagai orang terkaya, Gates mengatakan bahwa anak-anaknya akan mewarisi hanya $ 10 juta masing-masing, tentunya ini hanya sebagian kecil dari $ 81100000000 kekayaan bersih yang dimilikinya. Gates percaya bahwa anak-anaknya harus mampu menciptakan hidupnya mereka sendiri, dengan dibekali pendidikan.

Gates mengatakan bahwa ia membaca 50 buku setahun. Gates mengatakan bahwa "membaca masih merupakan cara utama yang saya lakukan untuk belajar mengenai hal-hal baru dan menguji pemahaman saya."

Gates tidak lagi menjadi pemegang saham perorangan terbesar di Microsoft - ia melepaskan gelar itu pada tahun 2014.

Semua tiga anak Bill Gates, 2 putri dan 1 putra - Phoebe, Jennifer dan Rory, tidak memiliki produk Apple.

Saingan berat Bill Gates adalah Carlos Slim Helu, konglomerat asal Meksiko yang pernah menggeser posisi Gates sebanyak 4 kali berurutan, namun pada tahun 2014, Gates kembali berhasil mengalahkan Carlos

Pada tahun 2010, Gates dan teman-temannya Mark Zuckerberg dan Warren Buffett menandatangani "Gates Giving Pledge," menjanjikan untuk memberikan setengah dari kekayaan mereka untuk amal.

Hubungan antara Steve Jobs dan Bill Gates telah mendapat perhatian besar selama bertahun-tahun. Hubungan mereka disebut sebagai "frenemies" dikarenakan bisnis kompetitif mereka. Mereka pernah bekerja sama dengan baik dan selalu menjalankan gaya khas bisnis pribadi mereka masing-masing.

Namun, hubungan antara dua frenemies tersebut sempat menjadi intens pada saat hari-hari terakhir Steve Jobs. Jobs ternyata menyimpan surat yang dikirim kepadanya oleh Bill Gates di samping tempat tidurnya selama hari-hari terakhirnya. Walaupun tidak menjelaskan secara rinci, dalam isi surat itu Gates menceritakan bahwa bagaimana Steve Jobs harus bangga dengan apa yang telah ia lakukan terhadap perusahaan yang ia bangun. Gates juga menulis tentang anak-anaknya Steve Jobs, dengan sebatas pengetahuan dia.

Walaupun menjadi orang terkaya saat ini, Bill Gates bukanlah orang terkaya dalam sejarah – titel bergengsi tersebut sampai hari ini masih dipegang oleh John D. Rockefeller, miliarder asal Amerika Serikat yang merupakan founder sekaligus pemegang saham terbesar dari Standard Oil. Sebelum meninggal di tahun 1937, miliarder tersebut meninggalkan kekayaan sebesar USD 253 miliar – jumlah ini hampir 3 kali total kekayaan Bill Gates yang pada saat dihitungkan sebesar USD 79,5 miliar.

No comments:

Post a Comment