Sunday, February 17, 2008

Fakta Tentang Eric Schmidt - Pengembang Google

siapakah eric schmidt
Eric Schmidt adalah seorang software engineer yang lebih dikenal sebagai CEO Google dari 2001 sampai 2011. Selain itu dia juga mantan anggota dewan direktur Apple Inc. Dalam masa sepuluh tahun, Schmidt berhasil membuat Google menjadi raksasa internet global seperti sekarang ini.

Dia adalah salah satu dari tiga anak-anak Eleanor, yang memiliki gelar master di bidang psikologi, dan Wilson Emerson Schmidt, seorang profesor ekonomi internasional di Virginia Tech dan Universitas Johns Hopkins, yang bekerja di Departemen Keuangan AS selama pemerintahan Nixon. Ia dibesarkan di Blacksburg, Virginia, dan Falls Church, Virginia.

Bisnisman yang lahir di Washington D.C tanggal 27 April 1955 ini adalah lulusan dari SMA Yorktown, Virginia dan merupakan seorang pembuat pendamping perangkat lunak penganalisis leksikal lex untuk Unix.

Pria yang diperkirakan mempunyai kekayaan sekitar US$ 9 milyar ini juga menjabat sebagai anggota Dewan Kepercayaan Universitas Carnegie Mellon dan Universitas Princeton.

Pria lulusan Universitas Princeton dan mendapat gelar B.S dalam bidang teknik elektro (1976) ini juga masuk ke dalam daftar orang-orang terkaya di dunia (peringkat ke 138 menurut Forbes).

Pada tahun 2014, ia ikut menulis buku yang berjudul How Google Works (Bagaimana Cara Google Bekerja).

Dia bertemu calon istrinya Wendy Boyl di Universitas California, menikah dengannya di tahun 1980 dan memiliki dua orang anak perempuan Sophie dan Allison. Sayangnya, dia berpisah dengan istrinya tahun 2011 dan berkencan dengan beberap wanita.

Pada tahun 1983, Schmidt bergabung dengan Sun Microsystem sebagai seorang manajer perangkat lunak. Dari tahun 1997 hingga 2001, ia seorang CEO Novell. Dari tahun 2001 hingga 2011, ia menjabat sebagai CEO Google.

Sergey Brin dan Larry Page terkesan dengannya dalam Google Interview di tahun 2001. Pengalaman Eric Schmidt selama 20 tahun di jagad maya membuat pendiri Google Larry dan Brin percaya dia mampu membesarkan Google.

pengembang google eric schmidt


Eric, bersama 2 pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin, kompak memerintah Google. Kekompakan ketiga orang ini sering dipanggil dengan julukan Triumvirat Google. Eric adalah salah satu dari sedikit orang yang berhasil menjadi miliuner dari stock option (opsi saham) bagi kariawan di perusahaan, walaupun dia bukanlah pendiri maupun sanak keluarga pendiri perusahaan.

Selain itu, pria yang digaji $250,000 sebulan ini juga menjadi salah satu Direktur di perusahaan Apple tetapi harus mengundurkan diri pada 3 agustus 2009 karena konflik kompetisi yang semakin ketat antara Apple dan Google.

Pada 10 agustus 2015, Google mengumumkan bahwa terdapat restrukturisasi perusahaan, yaitu terbentuknya sebuah perusahaan induk yang diberi nama Alphabet dan penamaan CEO baru untuk inti bisnis Google. Perusahaan induk inilah yang nantinya akan menjadi holding company untuk berbagai unit usaha miliknya, seperti Google Inc, Youtube, dan Android. Schmidt akan menjadi ketua eksekutif Alphabet.

Setelah meraih kesuksesannya dengan Google, Schmidt juga menjadi salah satu penasehat informal kepresidenan Barack Obama dan pendiri Innovation Endeavors. Tak hanya itu, dia juga menjadi pemimpin di New American Foundation.

No comments:

Post a Comment