Sunday, February 17, 2008

Fakta Tentang FBI dan Perbedaan Dengan Badan Intelijen Lainnya

rahasia misi fbi
Federal Bureau of Investigation (FBI) merupakan salah satu badan keamanan tingkat atas dan agen penegakan hukum - tidak hanya di AS, tetapi di dunia. Agen khusus di FBI melaksanakan tugas yang sering secara fisik menantang dan berbahaya, tetapi juga penting untuk keamanan nasional. Agen mungkin memerangi kegiatan kriminal mulai dari terorisme, kejahatan kerah putih sampai ke perampokan bank.

Berbagai Tugas

Peran seorang FBI sangat luas. Selain terorisme, kejahatan kerah putih dan perampokan bank, agen FBI juga menyelidiki kejahatan terorganisir, penyuapan, penculikan, kejahatan antarnegara, perdagangan narkoba dan berbagai pelanggaran federal. Pada hari-hari biasa, mereka mungkin menghabiskan waktu di kantor meneliti kegiatan kriminal. Hari-hari selanjutnya, mereka mungkin turun ke lapangan mengumpulkan bukti, bertemu dengan informan atau saksi, melakukan pemantauan pada tersangka kriminal atau melakukan penangkapan.

Syarat Menjadi FBI

apa itu fbi
Untuk menjadi anggota FBI tidaklah mudah, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya adalah memiliki fisik yang sehat dan berkompeten. Bahkan salah satu veteran FBI menjelaskan bahwa lari, bertarung, dan menembak lebih penting daripada otak. Umur yang diperbolehkan adalah dari umur 23 sampai umur 37 tahun.

Hal menarik lain adalah bahwa FBI lebih suka pelamar dengan keahlian di bidang akuntansi, ilmu komputer, hukum dan bahasa asing. Seseorang dengan gelar akuntansi mungkin berakhir sebagai penyelidik mengenai penipuan keuangan, sedangkan seseorang dengan gelar ilmu komputer mungkin menyelidiki kejahatan online. Selain itu tiap kandidat harus pernah bekerja secara professional di bidangnya masing-masing minimal 3 tahun.

Komitmen waktu dan tuntutan emosional sering dapat mengakibatkan tekanan bagi orang-orang yang sudah berkeluarga. Pada tahun 2014, situs FBI menyatakan lebih dari 2.000 perempuan telah menjadi agen khusus. Jumlah ini merupakan porsi sederhana dari 13.082 jumlah total agen.

Ketika bertugas, seorang agen bisa bergonta-ganti identitas untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan. Selain itu, menjadi FBI juga memiliki resiko, yaitu mendengar keluargamu disakiti, walaupun pemerintah akan tetap melindungi tetapi para anggota FBI harus menerima segala resiko yang ada.

Perbedaan Dengan Lembaga Intelijen Lainnya

perbedaan antara cia fbi nsa
Badan Keamanan Nasional (NSA), Central Intelligence Agency (CIA) dan Federal Bureau of Investigation (FBI) adalah lembaga-lembaga pemerintah Amerika yang masing-masing prihatin dengan keamanan, intelijen, dan penegakan hukum. Setiap lembaga fokus di area spesifik masing-masing, meskipun kadang-kadang mereka bekerja sama untuk sebuah kasus dengan berbagi informasi yang dapat menghasilkan terobosan. Staf masing-masing instansi merupakan spesialis yang sangat terlatih di bidangnya, dan orang-orang yang tertarik untuk mengejar karir di lembaga ini biasanya menghadiri sekolah tingkat atas.

CIA mengumpulkan informasi secara internasional yang relevan dengan keamanan Amerika. CIA juga memiliki kemampuan untuk mengevaluasi informasi dan mengambil tindakan jika diperlukan. CIA beroperasi di seluruh dunia dan menyampaikan informasi ke kantor pusat di Virginia. Agen CIA sering bekerja sama dengan badan-badan intelijen internasional lainnya, terutama sekutu perang. Jika teroris merencanakan serangan terhadap pemerintah Amerika dari luar Amerika Serikat, misalnya, penyelidikan akan ditangani oleh CIA.

NSA merupakan agensi kriptografi AS yang didirikan pada tahun 1952 oleh Presiden Harry S Truman. NSA mungkin merupakan badan intelijen pemerintah yang paling tidak diketahui orang dan yang paling kurang dipahami. NSA sebenarnya dikombinasikan dengan Central Security Service (CSS)/ Pusat Pelayanan Keamanan, dan pada dasarnya merupakan organisasi cryptological.

Karyawan NSA mendekripsi intelijen asing, membuat kunci enkripsi untuk mengamankan informasi Amerika, dan menangani pengolahan data untuk pemerintah Amerika Serikat. Misi NSA adalah "jaminan informasi." – memecahkan kode intelijen asing sementara tetap mempertahankan keamanan infomasi Amerika, yang dicapai melalui enkripsi, secured computer systems, dan control akses.

tugas fungsi nsa cia fbi
NSA menangani sebagian besar dari komputer intelijen dan deskripsi, dan juga telah memberikan kontribusi signifikan terhadap teknologi komputer di seluruh dunia. Komputer awal dikembangkan di kantor NSA, dan NSA terus berinovasi di bidang teknologi. Agen NSA pada umumnya ditemukan di kantor kepala organisasi di Maryland, meskipun mereka juga bekerja sama dengan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat untuk mengamankan informasi militer pada basis dan di medan perang .

Kegiatan NSA meliputi penyadapan dan pengamanan. Penyadapan bisa melalui telpon, komunikasi radio, kumunikasi internet, serta komunikasi lainnya yang bisa disadap. Pengamanan bisa meliputi komunikasi militer, diplomatik, dan komunikasi rahasia atau sensitif pemerintah. Sebagai organisasi yang mempekerjakan ahli matematika, NSA memilki superkomputer terbanyak di dunia.

Karena pemerintah AS sempet tidak pernah mengakui keberadaannya selama beberapa tahun, NSA sering dipelesetkan sebagai "No Such Agency" (NSA). Karena tugasnya mengumpulkan informasi, termasuk informasi yang sangat rahasia, oleh sebab itu NSA terlibat juga dalam penelitian kriptoalisis (pemecahan sandi dan kode).

No comments:

Post a Comment