Fakta Tentang Instrumen Musik Gitar, Piano, Drum, Suling dll

Fakta Tentang Gitar

 Gitar dibuat dari kayu sedangkan string atau senarnya terbuat dari nilon atau logam (steel).

Gitar adalah salah satu instrumen yang paling banyak dimainkan, selain Piano.

Kebanyakan gitar memiliki 6 senar, namun beberapa memiliki jumlah yang berbeda termasuk versi string 4 dan 12 yang juga banyak digunakan dan yang lebih langka yaitu dengan jumlah 7, 8, 9, dan 10 senar.

Kata gitar dalam bahasa Inggris 'guitar', Jerman 'gitarre', dan Prancis 'guitare' diadopsi dari bahasa Spanuyol, yaitu 'gitaris'.

Gitar listrik diperkenalkan pada tahun 1930an.

Gitar listrik mengandalkan amplifier yang bisa memanipulasi nada secara elektronik.

Pabrik Fender memproduksi sekitar 90.000 senar per hari. Ini lebih dari 20.000 mil per tahun, cukup untuk mengelilingi dunia.

Gitar terkecil di dunia berukuran 10 mikrometer panjangnya, tebalnya setara dengan 1/20 rambut manusia, dengan senar 50 nanometer (100 atom) lebarnya. Gitar yang dibuat dari blok silikon ini dibuat pada tahun 1997 hanya dalam waktu dua puluh menit oleh para ilmuwan di Cornell University, New York, AS. Gitar terpanjang di dunia? lebih dari 13 meter.

gitar terbesar di dunia

Gitar telah digunakan selama ribuan tahun - yang pertama dapat dilacak secara arkeologis sampai 3.000 - 4.000 tahun yang lalu. Dan mereka juga digunakan di seluruh belahan dunia, bukan hanya satu wilayah atau negara tertentu. Setiap orang selalu menyukai gitar. Selain itu, gitar dulunya tidak begitu populer ini dikarenakan tanpa alat modern, membuat gitar yang bagus benar-benar sulit, oleh karena itu, harganya sangat mahal. Hanya beberapa orang saja yang bisa memiliki gitar, seperti raja, pedagang kaya, dll.

fakta tentang gitar sejarah

Salah satu gitaris tercepat di dunia: 27 notes per detik pada gitar (Sergiy Putyatov) Guinness Record 2012.


Fakta Tentang Piano.

Ada 7500 komponen yang bekerja dalam setiap piano. Ini merupakan jumlah yang besar atas komponen kecil yang sama-sama bekerja untuk menghasilkan suara yang diinginkan.

Sampai sekarang masih diperdebatkan apakah piano harusnya masuk ke dalam kategori instrumen musik dari keluarga perkusi atau keluarga string karena suaranya dihasilkan saat string (tali/ senar) dipukul palu.


senar dalam piano
Senar dalam piano

Piano sebenarnya adalah instrumen yang relatif baru. Piano pertama kali dibuat pada tahun 1698 oleh Bartolomeo Cristofori di Italia. Itu mungkin terdengar tua, tapi instrumen lain seperti suling telah ada selama ribuan tahun - piano hanya berumur 316 tahun!

Ada 230 senar yang dibutuhkan dalam piano untuk membuat suaranya secara 'full range'. Ada tekanan luar biasa pada senar ini juga - lebih dari 30 ton tekanan dihasilkan pada konser besar.
Piano dikenal sebagai "King of the Instruments" karena jangkauannya berkisar dari nada terendah yang bisa Anda mainkan di bassoon ganda sampai nada tertinggi yang bisa Anda mainkan di piccolo. Instrumen satu ini mencakup rangkaian orkestra lengkap.

Meskipun piano key disebut sebagai "ivories", namun mereka sudah tidak terbuat dari gading sejak tahun 1940-an untuk melindungi sumber daya yang terancam punah. Sekarang mereka sudah dibuat dari plastik.

Piano biasanya memiliki sekitar 220-230 senar yang terbuat dari logam baja dan diikat sangat kencang agar bisa menghasilkan suara saat dipukul oleh palu. Setiap senar biasanya menahan sekitar 168 pon tekanan, membuat total tekanan dalam piano standar sekitar 18-20 ton. Namun, beberapa piano grand terbesar memiliki tekanan hingga 30 ton. Ini benar-benar luar biasa dan persis apa yang membuat tuning piano seperti spesialis, pekerjaan rumit yang hanya bisa dilakukan oleh seorang profesional.

Karena senar piano direntangkan atau diikat di bawah tekanan yang sangat besar, sekalipun piano tidak dimainkan, senar-senar ini akan meregang sehingga seiring dengan berjalannya waktu, suara piano itu pun akan berubah.

Tuning berkala  (setel ulang senar piano)

Piano termahal dirancang oleh manufakturer Kanada, Heintzman Piano, instrumen cantik ini dimainkan untuk pertama kalinya di hadapan penonton di Olimpiade Beijing 2008 oleh seorang pianis China, Lang Lang. Piano ini memiliki desain transparan yang cantik dan disebut Crystal Piano yang kemudian dijual di sebuah lelang seharga $ 3,22 juta, menjadikannya piano termahal di dunia.

piano termahal di dunia
Piano termahal di dunia

Rekor piano terbesar yang pernah dibuat dipegang oleh Adrian Mann, tuner piano asal Selandia Baru. Butuh waktu 4 tahun untuk membangun piano dan instrumen megah ini, memiliki berat 1,4 ton dan panjangnya 5,7 meter - pencapaian yang luar biasa untuk pria yang baru berusia 25 tahun saat dia selesai mengerjakan pianonya.



piano terbesar di dunia
Piano terbesar di dunia

Karena beratnya dan komponennya yang sensitif, pemindah piano harus berpengalaman.
Pianis terkenal termasuk Mozart, Beethoven, Schubert, Billy Joel, Liberace, Jerry Lee Lewis, Elton John, Martha Argerich, Chopin, dan Myra Hess.

Fakta Tentang Drum

Drum adalah salah satu instrumen tertua di dunia. Karena digolongkan sebagai membran (getaran yang disebabkan oleh permukaan yang diregangkan), ia telah membawa bentuk tradisional yang sama selama ribuan tahun.

Viola Smith adalah salah satu drumer wanita paling terkenal di dunia. Dia berusia 101 tahun dan mengklaim bahwa bermain drum memberi kontribusi pada umur panjangnya. Dia juga merupakan endorser terpanjang Zildjian

Drumming membakar lebih banyak kalori dalam sesi setengah jam daripada bersepeda, angkat besi dan hiking.

Drum paling keras yang pernah tercatat berbahaya bagi kesehatan.
Drum paling keras yang pernah dicatat adalah oleh stickman asal Australia Col Hatchman. Dia mencapai setinggi 137,2 desibel dalam sebuah pertunjukan dengan bandnya Dirty Skanks pada bulan Agustus 2006. Itu merupakan 2,8 desibel di bawah ambang rasa sakit yang diakui dimana perlindungan sangat penting!

Fakta Tentang Biola

Keluarga biola terdiri dari 4 instrumen, yaitu violin (atau biasa disebut dengan biola), viola, cello, dan bass (atau double bass). Suara yang dihasilkan oleh tiap instrumen ini diakibatkan oleh dipetiknya senar dengan jari atau menggunakan busur rambut kuda yang digesek.

Biola sangat kompleks. Lebih dari 70 potongan kayu yang berbeda disatukan untuk membentuk biola modern.

Busur biola biasanya mengandung 150 sampai 200 rambut. Mereka bisa terdiri dari berbagai bahan termasuk nilon dan rambut kuda.

Tali violin pertama kali dibuat dari usus domba (umumnya dikenal sebagai catgut), yang diregangkan, dikeringkan, dan dipelintir. Bahan biola lainnya bisa terbuat dari: baja padat, stranded steel, atau berbagai bahan sintetis yang dilapisi dengan berbagai logam, dan terkadang dilapisi dengan perak.

Rekor dunia sebagai pemain biola tercepat masih dipegang oleh Ben Lee. Dia adalah pemain biola elektrik asal Sussex, juga merupakan komposer dan produser. Pada tahun 2010 ia mengalahkan pemegang rekor dunia sebelumnya yang dipegang oleh David Garrett, yang mencetak rekor pada tahun 2008 dengan bermain 'Bumblebee' dalam 1 menit 6,56 detik atau 13 notes per detik. Ben Lee mengalahkan rekor David dengan memainkan musik yang sama dengan 58,515 detik rata-rata 15 notes per detik. Anda bisa melihat performa Ben di bawah ini. Apa menurutmu kau bisa mengalahkannya?


Biola terbesar di dunia dikonstruksi oleh 15 orang dari Markneukirchen, Jerman. Tingginya 4,27 meter dan lebar 5,22 meter dan suaranya 3 kali lebih rendah dari biola konvensional.

Viola adalah alat musik yang mirip dengan biola dan cello. Viola suaranya lebih rendah dari biola namun lebih tinggi dari cello. Viola memiliki empat senar, yang disebut senar C, G, D, dan A. String tertinggi adalah A.

bermacam tipe biola keluarga string

Saat orang melihat viola, terkadang mereka mengira itu adalah biola. Ini karena viola hanya sedikit lebih besar dari biola, dan seperti biola, viola ini juga disenderkan di bahu kiri pemain. Hal ini juga karena suara viola hanya lima nada lebih rendah dari suara biola. Perbedaan terbesar antara viola dan biola adalah suara yang berbeda. String terendah viola adalah string "C" dan string tertingginya adalah string "A". Jadi, untuk melihat apakah instrumen yang mirip dengan biola ini adalah viola atau biola, orang perlu memetik senar paling tipis tersebut. String terendah biola adalah string "G" dan string tertingginya adalah string "E". Meski biola dan viola bisa memainkan banyak nada yang sama, masing-masing memiliki kualitas suara khusus.

'Cello' sebenarnya hanyalah julukan. Ini adalah singkatan dari nama lengkap violoncello, yang, dalam bahasa Italia, berarti 'small large viol'. Nama aneh ini menunjukkan sejarah perubahan ukurannya yang rumit.

Double bass juga sering disebut dengan string bass, bass fiddle, upright bass, bass violin, bass viol, contra bass, bull fiddle atau stand-up bass.

Double bass adalah keluarga biola yang ukurannya paling besar dalam suatu orchestra dan juga memiliki nada paling rendah dibandingkan dengan anggota keluarga biola lainnya. Bayangkan saja, ukurannya bisa setinggi manusia dewasa.

apa itu double bass

Seruling

Istilah seruling diterapkan pada sejumlah instrumen tiup angin yang menghasilkan suara dari aliran udara melintasi lubang. Seruling terbuat dari tabung dengan lubang yang bisa dilepas dengan jari atau alatnya. Sejumlah instrumen seperti piccolo, klarinet, redorder, fife, bansuri, dll umumnya dianggap sebagai jenis seruling.

Seruling dianggap sebagai salah satu alat musik tertua di dunia dan digunakan di musik barat dan timur. Seruling dapat dikategorikan ke dalam beberapa kelompok luas seperti side-blown (yang ditiup dari samping), end-blown (yang ditiup dari ujung), dan fipple flute dan non-fipple flute.

Dalam bahasa Inggris, seruling yang ditiup secara horizontal disebut dengan side blown flute atau transverse flute, sedangkan seruling yang ditiup secara vertikal disebut end-blown flute (contohnya seperti xiao, kaval, danso dan Anasazi flute).

seruling yang dimainkan secara horizontal
Transverse flute
perbedaan seruling vertikal
End-blown flute

Ada banyak ukuran seruling dalam keluarga seruling: seruling piccolo, alto, tenor, bass dan contrabass.

Seruling telah dibuat dari berbagai bahan yang berbeda sepanjang sejarah termasuk: tulang, kayu, kaca, gading, plastik, resin, kuningan, perak nikel, perak, emas dan platinum. Namun kebanyakan seruling zaman modern ini terbuat dari logam.

Banyak budaya memiliki versi suling mereka sendiri. Misalnya, salah satu seruling Jepang tradisional yang paling populer adalah Shakuhachi.

Seruling Jepang Shakuhachi

Setiap seruling memiliki suara yang unik. Apakah seruling tersebut terbuat dari kayu atau logam akan secara drastis mengubah suaranya. Ketebalan logam juga mempengaruhi suaranya.

Seruling memiliki berbagai macam suara. Piccolo bisa bermain sangat tinggi dan contrabass bisa mencapai nada terendah yang didengar oleh telinga manusia ("Flute Family").

Pemain seruling tercepat di dunia, memainkan "Flight of the Bumblebee" dalam 44:850 detik 300 bpm.


Saksofon

Saksofon adalah instrumen musik yang dikategorikan dalam keluarga woodwind, seringkali dibuat dari kuningan, dan ditemukan pada tahun 1846 oleh Adolphe Sax. Adolphe Sax telah menjadi pembuat instrumen asal Belgia yang telah mengerjakan ophicleide dan klarinet selama beberapa tahun, yang akhirnya menyebabkan pembuatan saksofon pertama. Popularitas saksofon tumbuh lebih dulu sebagai instrumen band militer, lalu sebagai instrumen konser band, instrumen musik chamber, alat musik simfoni, dan instrumen musik jazz.

Karena saksofon (atau sering disingkat sebagai "sax") terbuat dari kuningan (meskipun banyak juga yang terbuat dari sterling silver, tembaga, perunggu, plastik, akrilik, atau polikarbonat), instrumen ini sering kali dimasukkan dalam kelompok instrumen yang terbuat dari kuningan seperti terompet atau trombon. Namun, para ahli menganggap saksofon bukanlah instrumen kuningan sejati melainkan anggota keluarga instrumen woodwind karena suaranya dihasilkan dengan buluh (reed), lihat gambar di bawah. Instrumen ini dikembangkan dari klarinet, oleh karena itu memiliki banyak kesamaan dengan klarinet. Pemain meniup ke buluh yang terpasang di corong instrumennya.

buluh alang alang  saksofon
Saksofon reed

Ada delapan ukuran saksofon yang berbeda dalam keluarga saksofon. Yang bernada tinggi dikenal dengan saksofon Sopranino dan Soprano. Sax yang bernada tengah adalah Alto dan Tenor, sedangkan sax bernada paling rendah adalah Baritone Sax, Bass Sax, Contrabass Sax, dan Sub-Contrabass Sax.

Hanya empat anggota keluarga saksofon yang sering digunakan saat ini: Soprano, Alto, Tenor, dan Bass Saxophone. Yang paling populer adalah Alto dan Tenor.

Meskipun saksofon biasanya dianggap sebagai instrumen jazz, namun alat ini juga digunakan dalam musik simfoni seperti Bizet, Massenet, dan Berlioz.

Ketika saksofon pertama kali diperkenalkan pada jazz, klarinet jauh lebih populer dan disukai, oleh karena itu banyak musisi menolak saksofon pada saat itu.

No comments:

Post a Comment