Fakta Tentang Hillary Clinton

calon presiden amerika pertama hillary
Hillary Rodham awalnya tidak tertarik pada politik, dia bermimpi untuk "menjadi pemain bisbol, jurnalis, dan astronot," menurut Pusat Konstitusi Nasional.

Menurut Biography.com, Hillary Rodham lahir pada tanggal 26 Oktober 1947 di Chicago, Illinois dari pasangan Hugh dan Dorothy Rodham. Dia dibesarkan di Park Ridge, Illinois bersama dua adik laki-lakinya Hugh Jr. dan Anthony.

Hillary Clinton adalah seorang Methodis, tidak seperti suaminya Bill yang adalah seorang Southern Baptist.

Dia menikahi Bill Clinton pada tahun 1975, dan melahirkan putrinya, Chelsea, pada tahun 1980. Dia menyambut cucunya yang pertama, Charlotte Clinton Mezvinsky, pada tahun 2014.

Dia mengikuti Wellesley College dan Yale Law School, di mana dia bertemu dengan suaminya. Setelah menyelesaikan gelar sarjana hukum, dia juga mengikuti kelas pascasarjana di Yale Child Study Centre.

Menurut Biografi.com, Hillary pernah menjadi seorang Republikan, bahkan berkampanye untuk Barry Goldwater pada tahun 1964. Dia mengganti partai pada tahun 1968, dan kemudian bekerja untuk calon Demokrat George McGovern pada tahun 1972 dan Jimmy Carter pada tahun 1976.

Pada tahun 1974, Hillary menjadi anggota staf penyelidikan impeachment presiden selama skandal Watergate. Presiden Richard Nixon mengundurkan diri akhir tahun itu.

Hillary bekerja di beberapa pekerjaan yang berbeda selama musim panasnya di perguruan tinggi. Menurut FirstLadies.org, Hillary menghabiskan musim panas 1969 untuk bekerja di sebuah pabrik pengalengan di Alaska. Pada musim panas 1971, Hillary bekerja pada sebuah subkomite untuk Senator Walter Mondale di Washington, D.C.
kisah hillary clinton semasa kecil

Selain melayani sebagai ibu negara, Hillary memiliki beberapa "pertama kali" lainnya. Menurut Biografi.com, Hillary adalah istri presiden pertama yang memperoleh gelar pascasarjana dan yang pertama dipilih ke jabatan nasional. Dia juga, menurut penulis Sally Bedell Smith, istri presiden pertama yang di subpoenaed. Hillary juga merupakan calon presiden wanita pertama yang mendapat mayoritas suara dari partai terbesar Amerika. Ia mengalahkan saingannya, Bernie Sanders. Bill dan Hillary Clinton adalah pasangan pertama dan satu-satunya yang diambil sidik jarinya oleh FBI.

Hillary adalah senator dan ibu negara selama 20 hari. Dia dilantik sebagai senator A.S. pada tanggal 1 Januari 2001, dan Bill meninggalkan Gedung Putih pada tanggal 20.

Clinton telah mengajar di University of Arkansas Law School.

Dia bertugas sebagai pengacara di dewan Wal-Mart dan TCBY.

Gaji Hillary lebih tinggi dibandingkan dengan suaminya saat menjabat sebagai Gubernur Arkansas. Penghasilan Hillary pada tahun 1981 mencapai $188,000 sebagai pengacara perusahaan swasta. National Law Journal AS pernah memasukkannya sebagai 100 pengacara paling berpengaruh di Amerika.

cerita ibu negara amerika hillary
Dia menjabat sebagai menteri luar negeri AS ke-67 selama masa jabatan pertama Obama. Dia adalah menteri luar negeri wanita ketiga dalam sejarah A.S.

Karirnya di dalam dunia politik terus menanjak dan akhirnya Hillary bertemu dengan Barack Obama di Pemilu 2008. Secara aklamasi, kandidat presiden diserahkan oleh Hillary kepada rekan senatnya ini yang akhirnya memperoleh kemenangan. Sebagai gantinya, Obama kemudian mengangkat Hillary sebagai Menteri Luar Negeri.

Sebanyak 46 orang yang dekat dengan Hillary dikabarkan tewas dengan situasi aneh beberapa tahun yang lalu, namun tentunya hal ini tidak adil jika dikaitkan dengan dirinya karena dia merupakan politikus yang terkenal dan setiap hari bertemu dengan banyak orang, namun kasus yang dianggap paling menonjol mengenai hal ini adalah ketika John Ash, mantan UN Presiden Majelis Umum meninggal dikabarkan karena penyakit ayan setelah menjatuhkan halter di lehernya tepat sebelum mengungkapkan sumbangan ilegal Hillary untuk dana pemilu mereka.

Hillary mengaku kalau ia pernah berbicara dengan orang yang sudah mati, ia mengatakan bahwa ia pernah mendengar beberapa saran dari mantan ibu negara seperti "Elenore Rooselvelt" dan mendiang "Indira Gandhi".

Ketika menjadi pengacara di Arkansas, Hillary pernah membela pemerkosa anak 12 tahun yang bernama Kathly Shelton yang kemudian dihadirkan oleh Trump pada saat debat capres Amerika 2016 untuk menyerang Hillary.

No comments:

Post a Comment