Wednesday, February 13, 2008

Fakta Tentang Jet Li

Jet Li adalah seorang juara seniman bela diri Wushu dan aktor film. Lahir di Beijing, Cina pada tanggal 26 April 1963, ia memenangkan kejuaraan Wushu nasional pertamanya pada usia 11.

jet lee pertandingan wushu


Setelah ia berusia 17 tahun, Jet Li pensiun dari kegiatan olahraga tersebut dan membuat debut filmnya Shaolin Temple, sehingga menjadikannya terkenal.

Jet Li (lahir dengan nama Li Lian Jie) adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Dia kehilangan ayahnya saat ia berusia 2 tahun. Jet Li mulai mempelajari Wushu pada usia 8.

Jet Li travel ke Amerika Serikat pada tahun 1974 dan memberikan demonstrasi seni bela diri untuk presiden AS Richard M. Nixon. Pada tahun itu, ia juga menjadi All-Around Nasional Wushu Champion, gelar yang dipegangnya selama lima tahun berturut-turut.

jet li presiden amerika richard nixon


Jet Li berperan sebagai Wong Fei-hung di film Once Upon a Time in China (1991), seorang pahlawan legendaris yang berjuang melawan penjajah asing di abad ke-19.

kisah jet lee wong fei hong
 Jet Lee tampil di film Amerikanya yang pertama sebagai seorang penjahat dan bermain bersama aktor Amerika terkenal Mel Gibson dan Danny Glover (Lethal Weapon 4, 1998), sebelum mengambil peran utama dalam hit Romeo Must Die (2000).

jet li biografi cerita mel gibson
Pada tahun 2000, ia bekerja sama dengan rapper DMX dan penyanyi Aaliyah untuk film 'Romeo Must Die', yang merupakan sukses komersial besar.

Jet Li menolak peran dalam Crouching Tiger, Hidden Dragon karena kehamilan istrinya. Ia menikah dengan Miss Asia Pacific 1986, Nina Li Chi.

Jet Li menikahi istrinya yang sekarang, Nina, pada tahun 1999 dan mereka memiliki dua anak perempuan. Sebelumnya menikah dengan Qiuyan Hwang dari 1987 - 1990, dan memiliki dua anak perempuan dari pernikahan pertama; Si dan Taimi.

Jet Li adalah seorang praktisi Buddhisme Tibet. Gurunya adalah Lho Kunsang.

jet li agama buddha
Dia juga pendiri Jet Li One Foundation Project, sebuah organisasi amal yang menyediakan bantuan kepada korban bencana alam dan orang-orang yang mengalami masalah mental.

Pada tanggal 28 Juli 2009, ketua One Foundation mengumumkan bahwa Jet Li sudah menjadi warga negara Singapura. Jet Li dikatakan memilih Singapura untuk anak perempuannya karena sistem pendidikannya.

Li berada di Maladewa ketika tsunami 2004 terjadi. Dia menderita cedera kaki ringan sewaktu membimbing putrinya untuk keselamatan.

Menurut Li, pernah sekali ketika ia pergi untuk melakukan demonstrasi untuk presiden AS Richard Nixon di Amerika, ia diminta oleh presiden untuk menjadi pengawal pribadinya. Jet Li menjawab bahwa ia tidak ingin melindungi secara individu. Aktor ini mengatakan bahwa ketika ia tumbuh dewasa nanti, ia ingin melindungi satu miliar penduduk negaranya ".

Film The Forbidden Kingdom merupakan film pertama yang menggabungkan aktor Jet Li dan Jackie Chan – Jet Li sebagai silent monk, dan Jackie Chan sebagai Drunken Master Lu Yan.

jet li dan jackie chan interview

Di film Cradle 2 the Grave, Jet Li bermain sebagai Intelijen Officer Taiwan yang bekerja sama dengan teman untuk mengambil beberapa batu mulia. Dalam perjalanan, ia bahkan bertarung dengan sekelompok fighter dari UFC.

jet li petarung ufc tito ortiz


Film 'The Expendables' yang dirilis pada tahun 2010. Jet Li bermain bersama aktor terkenal Sylvester Stallone dan Jason Statham.

No comments:

Post a Comment