Sunday, February 17, 2008

Fakta Tentang Larry Page, Pendiri Google

Larry Page, bersama dengan Sergey Brin, menciptakan mesin pencari paling populer di dunia sampai saat ini, "Google". Google diperkirakan memiliki 300 juta pengunjung setiap hari, dengan lebih dari 2 miliar pencarian yang dilakukan dalam sehari, membuat Google salah satu situs yang paling banyak dikunjungi di internet.

fakta tentang google


Lawrence E. Page (lebih dikenal sebagai Larry Page), lahir di Lansing, ibukota negara bagian Michigan, pada Senin 26 Maret, 1973.

Masa kecil Larry Page adalah penyebab di balik cintanya pada komputer dan teknologi. Berasal dari keluarga di mana kedua orang tuanya terkait dengan bidang ilmu komputer, rumah mereka dulunya dipenuhi dengan segala macam gadget, komputer dan majalah ilmu pengetahuan dan sains.

Ayah Larry Page Dr Carl Page dan ibunya Gloria Page keduanya bekerja di bidang ilmu komputer science. Carl Page adalah salah satu dari beberapa lulusan PhD pertama dari University of Michigan.

pendiri google larry page


Larry sendiri menyelesaikan Bachelors of Science degree di bidang Teknik Komputer dari universitas yang sama seperti ayahnya. Kedua orang tua Harry adalah profesor di Michigan State University. Ayahnya adalah seorang profesor Ilmu Komputer Science dan Artificial Intelligence, sedangkan ibunya mengajar kelas komputer-program di universitas.

Kakak Larry Page, Carl Victor Page Jr tidak sesukses Larry. Carl menjual eGroups yang dia dirikan kepada Yahoo. Pada tahun 2008, Carl mengalami krisis keuangan. Awalnya Carl jauh di depan saudaranya dalam hal keberhasilan. Namun, satu dekade kemudian semua itu berubah.

Pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, adalah seorang mahasiswa di Universitas Stanford. Brin dan Page bertemu pada bulan Maret 1995, ketika Brin diminta untuk menunjukkan kampus kepada mahasiswa PhD baru selama musim semi Orientasi. Larry adalah salah satu siswa baru. Namun, dalam awal-awal pertemuannya mereka berdua tidak akur dan selalu berbeda pendapat.

pemilik google larry page sergey brin


Pada tahun 1996 Page dan Brin berkolaborasi dalam sebuah proyek yang dinamakan "Backrub," yang menyelidiki bagaimana sebuah situs ngelink balik ke halaman web lainnya. Mereka menyadari bahwa membantu orang menemukan halaman web dilengkapi dengan link yang lebih banyak (terutama dari situs yang kredibel) akan menjadi hal yang lebih baik dalam melakukan pencarian di Internet.

Karena ingin menyelesaikan PHD, Brin dan Page pernah ingin menjual teknologi pencarian mereka ke perusahaan lain. Mereka sempet berbicara dengan Yahoo, Infoseek, Lycos dan AltaVista, dan mengadakan negosiasi dengan Excite, tetapi tidak berhasil.

Brin dan Page sepakat bahwa nama "Backrub" harus diganti. Setelah sempet mempertimbangkan untuk menamakan situs mereka "The Whatbox," sebuah ide baru muncul yaitu googol, sebuah kata yang artinya seratus nol namun dirubah sedikit menjadi Google karna menurut Page lebih mudah diketik dan diingat. Lahirlah Google di tahun 1997.

sejarah asal nama google


Page dan Brin akhirnya menjadi teman dan memulai sebuah proyek penelitian bersama-sama, dengan nama "The Anatomy of a Large-Scale tekstual Hyper Web Search Engine". Laporan kertas penelitian ini kemudian menjadi dasar bagi fondasi Google. Akhirnya, mereka berdua tidak menyelesaikan PhD mereka, sewaktu Google menjadi sukses.

Larry Page mempekerjakan karyawan pertama Google, bernama Susan Wojcicki. Di tempat garasi milik Susan inilah dimana awal mula perusahaan itu bermulai operasi, pada bulan September 1998.

Kesuksesan Google tidak datang dengan mudah. Untuk itu diperlukan banyak usaha dalam hal waktu dan uang. Oleh karena itu, ketika Google mendapat investasi pertamanya sejumlah $100.000 dari Andy Bechtolsheim, Larry dan Sergey berdua pergi ke Burger King untuk merayakan hal ini.

Baik sebelum dan sesudah IPO, Google memiliki banyak dana dan dorongan untuk memperluas teknologinya. Salah satu rencana atau usaha yang akan dikembangkan yaitu meluncurkan Gmail, Google Maps, digitalisasi buku, menciptakan sistem operasi mobile Android dan akuisisi YouTube. Perusahaan tersebut juga meluncurkan Google+ pada tahun 2011 (tentunya dari banyak proyek yang dijalankan pasti ada salah satu dari mereka yang lebih menguntungkan dan yang tidak). Steve Jobs pernah menegur mereka bahwa "kalian terlalu banyak menjalankan banyak hal".

produk google


Larry Page juga dikabarkan pernah memiliki hubungan yang baik dengan pendiri Apple, Steve Jobs. Tetapi hubungan mereka juga pernah retak karena masalah seputar sistem operasi android.

Larry Page menikah dengan Lucinda Southworth, adik dari aktor Carrie Southworth dan mahasiswa informatika biomedis di Stanford, di sebuah pulau Karibia pada tahun 2007. Dia lebih dikenal sebagai "Lucy Southworth", sebuah nama yang diberikan padanya oleh The New York Post. Pernikahan mereka sangat mewah.

larry page dan istrinya


600 tamu diterbangkan ke pulau dengan jet pribadi dan banyak A-listers yang menjadi bagian dari pernikahan tersebut, seperti penyanyi U2 Bono, Leonardo Dicaprio dan Johnny Depp, salah satu diantaranya. Jutaan dolar dihabiskan untuk acara pernikahan mewah ini, tidak seperti pernikahan partner Googlenya si Brin yang tergolong sederhana dan private.

Larry Page pernah berkencan dengan Marissa Mayer sebelum pernikahannya dengan Lucy Southworth. Marissa Mayer sekarang merupakan presiden dan CEO Yahoo, menjadikannya CEO termuda di antara perusahaan Fortune 500.

Larry dikabarkan sedang menderita penyakit misterius, yang membuat dia tidak bisa hadir dalam pertemuan tahunan pemegang saham baru-baru ini. Rupanya, penyakit tersebut membuatnya kehilangan suaranya, oleh sebab itu ia tidak bisa hadir. Tidak banyak yang diketahui tentang kondisinya sampai sekarang

No comments:

Post a Comment