Thursday, February 14, 2008

Fakta Tentang Luis Fonsi

Luis Alfonso Rodríguez López-Cepero (lahir 15 April 1978), dikenal dengan nama panggung Luis Fonsi, adalah penyanyi, penulis lagu dan aktor Puerto Rico, yang terkenal dengan lagu hit "Despacito", dan telah masuk dan keluar dari Industri musik sepanjang hidupnya.

penyanyi top Puerto Rico

Fonsi lahir pada tanggal 15 April 1978 di San Juan, Puerto Riko, anak tertua Alfonso Rodríguez dan Delia "Tata" López-Cepero. Dia memiliki tiga adik: Jean Rodríguez, yang juga adalah seorang penyanyi, Tatiana Rodríguez dan Ramon do Salotti.

Semenjak tumbuh dewasa, Fonsi menunjukkan bakat-bakat dalam hal musik - saat masih kecil, dia meniru bintang dari kelompok populer Menudo, dan bergabung dengan Paduan Suara Anak-anak San Juan.

Setelah tinggal di daratan Amerika Serikat selama sebulan, Fonsi berbicara bahasa Inggris tanpa sedikit pun aksen. Dia masuk ke Sekolah Tinggi Dr. Phillips, dan berpartisipasi dalam sebuah kelompok yang disebut "Big Guys". Mereka bernyanyi di pesta sekolah dan festival lokal. Salah satu anggota kelompok tersebut, Joey Fatone, kemudian bergabung dengan NSYNC.

Pada tahun 1995, Fonsi mendaftarkan diri di Florida State University untuk belajar musik. Dia juga bergabung dengan paduan suara sekolah dan bernyanyi bersama City of Birmingham Symphony Orchestra.

Karena musik adalah bagian penting dalam hidupnya, Fonsi bersekolah di Florida State University School of Music dengan beasiswa penuh, jurusan Vocal Performance. Dia juga bergabung dengan paduan suara universitas, yang telah memberikannya melakukan perjalanan dan tampil di seluruh dunia, dan merekam rekaman demo di Miami. Segera setelah itu, ia ditawari kontrak rekaman oleh Universal Music Latin.

Karir

Pada tahun 1998, Fonsi merekam album debutnya, Comenzaré (I Will Begin). Rekor tersebut memuncak di nomor 11 di tangga lagu Billboard's Top Latin Albums dan memuat single "Si Tú Quisieras," "Perdóname," "Dime Como," dan "Me Iré". Comenzaré menjadi hit instan di Puerto Riko dan di seluruh Amerika Latin, dengan Fonsi menaklukkan pasar seperti Kolombia, Republik Dominika, El Salvador, Meksiko, dan Venezuela.

Tindak lanjutnya pada tahun 2000, Eterno, bahkan lebih berhasil. Sekitar waktu ini, Fonsi juga merekam duet dengan Christina Aguilera untuk album Spanyol berbahasa Spanyolnya, Mi Reflejo. Pada tanggal 1 Mei 2000, Fonsi tampil di Konser Great Jubilee untuk Debt-Free World, sebuah konser outdoor di Roma, yang dihadiri oleh Paus Yohanes Paulus II. Pada tahun yang sama, Ednita Nazario memenangkan Grammy Award Latin untuk sebuah lagu yang disusun oleh Fonsi. Dia juga tampil, bersama artis lain, di Gedung Putih untuk menghormati korban serangan 11 September.

Pada tahun 2002, Fonsi adalah pembuka untuk Tour Britney Spears Dream Within a Dream di AS dan Meksiko.

CD kelima, Abrazar la vida, terjual dengan sangat baik, yang membuka pasar baru di Eropa. "¿Quién Te Dijo Eso?" Mencapai nomor satu di tangga lagu Latin Billboard. Selama berada di studio untuk album berikutnya, Fonsi merekam "Amazing", sebuah duet dengan Spice Girl Emma Bunton untuk album 2004 Free Me. CD keenamnya, Paso a Paso, memulai debutnya di nomor satu dan meluncurkannya ke pasar internasional. "Nada Es Para Siempre" juga mencapai nomor satu di tangga musik, dan merupakan nominasi untuk Grammy Awards Latin. Pada tahun 2006, dia berkontribusi pada El Piruli, sebuah album penghargaan yang menghormati Víctor Yturbe, menyanyikan bolero klasik, "Historia de un Amor."

CD ketujuh, Palabras del Silencio, memulai debutnya dan menetap di posisi nomor satu selama beberapa minggu. Luis Fonsi memecahkan Billboard Hot 100 AS untuk pertama kalinya pada bulan September 2008 dengan lagunya "No Me Doy por Vencido", memulai debutnya di nomor 98 dan memuncak di nomor 92. Lagu ini mencapai nomor satu di tangga lagu Billboard Hot Latin Tracks, salah satu dari Hit terbesarnya sampai saat ini. "No Me Doy por Vencido" menjadi "Latin Pop Song of the Decade" Billboard, dan menghabiskan 21 minggu di nomor satu di tangga lagu Hot Latin Songs.

Pada bulan November 2009, Luis Fonsi dianugerahi Grammy Award Latin untuk "Song of the Year" untuk komposisinya "Aquí Estoy Yo".

Pada tanggal 11 Desember 2009, Fonsi tampil di Konser Nobel Peace Prize di Oslo, menghormati penerimanya Presiden Barack Obama.

Pada tahun 2011, Fonsi merilis album Tierra Firme, dan melanjutkan tur untuk mempromosikannya di seluruh Amerika Latin.

Pada tanggal 9 Juli 2011, Billboard menyebut Fonsi "Pemimpin Generasi Baru Musik Latin".

Pada tahun 2014, Fonsi merilis album 8, referensi ke album kedelapannya. Dia kemudian melakukan tur bernama "Somos Uno" pada 2014-15. Dia juga menyebutkan bahwa akting akan berada di jalur karirnya dan bahwa dia tidak akan keberatan berakting dengan aktor dan aktris Meksiko.

Pada bulan Januari 2017, "Despacito" yang menampilkan Daddy Yankee dipromosikan dan dirilis. Video musik telah mencapai dua miliar view di YouTube, dengan lagunya menjadi nomor satu di hampir setiap chart Billboard Latin. Pada bulan April 2017, lagu tersebut dibuat remix bahasa Inggris yang menampilkan penyanyi Kanada Justin Bieber. Remix yang menampilkan Bieber ini mencapai nomor satu di Billboard Hot 100 AS untuk seminggu yang berakhir pada 27 Mei 2017, menjadi nomor satu pertama oleh Fonsi dan Yankee di chart, dan yang kelima kali oleh Bieber. Bieber mempromosikan remix ini di salah satu pertunjukkannya di Puerto Riko, mengundang Fonsi ke panggung untuk melakukan duet dengannya.

Karir Akting

Pada tahun 2004, Fonsi melakukan debut aktingnya di telenovela Meksiko bernama Corazones al límite di mana dia bermain sebagai Roy. Ia juga tampil pada tahun 2001 di serial televisi Nickelodeon Taina.

Kehidupan pribadi

Pada tahun 2003, Fonsi mulai tertarik secara romantis pada aktris Adamari López, yang, sebagai seniman Univision dan sesama Puerto Riko, selalu menemukan dirinya berada di dekat Fonsi. Pada tahun yang sama, Fonsi merilis lagu "Abrazar la vida" ("Untuk Merangkul Hidup"), dari album eponymous tersebut. Lagu tersebut menjadi salah satu favorit López.

Selama tahun 2005, Fonsi berada di tengah tur internasional yang tiba-tiba dibatalkan saat López didiagnosis menderita kanker. Fonsi berjanji untuk tinggal di sisinya, dan pergi bersamanya ke Meksiko, Miami, dan Puerto Riko untuk berbagai perawatan dan perjalanan terkait pekerjaan. Dia telah di remisi sejak 2006.

Pada tanggal 3 Juni 2006, Fonsi dan Adamari López menikah dalam sebuah upacara keagamaan di Guaynabo, Puerto Riko yang dihadiri oleh banyak selebriti termasuk Joey Fatone, Charytín Goyco, Ednita Nazario, dan Carlos Ponce, serta saudaranya, Jean Rodríguez, Secara profesional dikenal sebagai "Jan". Pada tanggal 8 November 2010, mereka resmi bercerai.

luis fonsi dan istri

Fonsi dan model Spanyol Águeda López memiliki anak pertama mereka, anak perempuan, pada bulan Desember 2011 di Miami. Mereka menikah pada 10 September 2014, setelah tiga tahun tinggal bersama.

No comments:

Post a Comment