Sunday, February 17, 2008

Fakta Tentang Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook

Mark Zuckerberg, pendiri media sosial raksasa Facebook, adalah salah satu orang terkaya dan paling terkenal di dunia.

fakta tentang facebook


Lahir di New York, Zuckerberg memiliki tiga saudara perempuan, Randi, Donna dan Arielle. Ayahnya adalah seorang dokter gigi dan ibunya seorang psikiater.

Mark Zuckerberg mulai melakukan pemrograman pada usia muda - ketika ia berusia 12 ia menciptakan program messaging yang digunakan ayahnya di kantor untuk memungkinkan resepsionis memberitahu dia tentang pasien baru tanpa harus berteriak di kantor.

Zuckerberg mengambil kelas lulusan komputer di dekat Mercy College saat masih SMA.

Orang tuanya bahkan menyewa seorang tutor komputer untuk bekerja dengan Zuckerberg sewaktu muda, dan tutornya mengakui bahwa Zuckerberg memiliki bakat yang luar biasa.

keluarga-ayah-ibu-Mark-Zuckerberg


Ia didatangi oleh beberapa perusahaan dengan tawaran pekerjaan (termasuk AOL dan Microsoft) bahkan sebelum ia lulus SMA, tapi Zuckerberg menolaknya semua.

Situs populer pertamanya melanggar keamanan dan melanggar privasi;
Sewaktu belajar di Harvard, Zuckerberg membuat sebuah situs tentang "hot atau tidak" yang diberi nama Facemash, di situs tersebut para penggunanya dapat memilih foto-foto teman kuliahnya dan memutuskan mana yang lebih hot atau keren dan mana yang tidak. Akhirnya, Zuckerberg dilarang akses ke internet Harvard dan dituduh melanggar keamanan dan privasi individu.

situs sekolah Mark Zuckerberg harvard


Zuckerberg pertama kali meluncurkan Facebook dari asramanya di Harvard University.

Ia drop out dari Harvard University setelah tahun kedua untuk terus bekerja di Facebook.

Zuckerberg adalah teman dekat dengan Sean Parker, pendiri Napster, yang juga menjadi presiden pendiri Facebook.

Warna utama Facebook adalah biru, ini karena Mark Zuckerberg buta warna dan warna terbaik yang bisa ia lihat adalah warna biru.

mark zuckerberg buta warna


Zuckerberg, menurut lansiran Business Insider, tidak punya televisi.

Dia memakai T-shirt abu-abu Facebook yang sama hampir setiap hari karena dia sibuk dan ingin menghemat waktu di pagi hari. Ini bukan berarti billionaire muda ini hanya memiliki satu kaos, tapi ada banyak kaos dengan warna yang sama.

Dia adalah seorang vegetarian dan pernah berkata ia hanya akan makan daging jika ia sendiri yang telah membunuh binatangnya.

Mark Zukerberg belajar bahasa Mandarin pada tahun 2010 agar bisa berkomunikasi dengan keluarga pacarnya.

Mark Zuckerberg dan istrinya


Dia bertemu istrinya, Priscilla Chan, sewaktu mengantri ke kamar mandi di sebuah pesta Harvard pada tahun 2003. Priscilla Chan menjadi salah satu orang yang bergabung di Facebook pada tahun 2004. Mereka berdua menikah di tahun 2012 setelah Chan lulus dari sekolah kedokterannya.

Priscilla Chan diberikan cincin nikah ruby merah yang harganya diperkirakan oleh para perhiasan senilai $25,000, walaupun suaminya 'senilai' $19billion pada saat itu.

cincin nikah ruby priscilla chan


Zuckerberg pernah terjerat masalah hukum.
Ia pernah dituduh melakukan pencurian hak intelektual, penghujatan (blasphemy), dan dianggap wanprestasi terhadap kontrak yang ia tandatangani. Kasus hukum terlama yang ia pernah jalani sewaktu melawan Cameron dan Tyler Winklevoss, dua orang yang mengklaim bahwa Zuckerberg telah mencuri ide mereka atas Facebook. Zuckerberg menggungat balik sampai pada akhirnya kasus mereka rampung di tahun 2009.

Zuckerberg juga bukan penggemar ‘The Social Network’ (sebuah film yang dibuat berdasarkan kisah hidupnya), dengan alasan bahwa banyak rincian film tersebut tidak akurat.

Pada tahun 2010 Zuckerberg, bersama dengan Bill Gates dan Warren Buffet menandatangani The Giving Pledge, yang merupakan sebuah janji untuk menyumbangkan setidaknya setengah dari kekayaan mereka untuk amal. Sekarang ada sekitar 122 miliarder yang telah menandatangani janji tersebut.

Pada tahun 2014, Zuckerberg menyumbangkan $ 25 juta untuk memerangi epidemi virus ebola di Afrika Barat.

No comments:

Post a Comment