Fakta Tentang Saddam Hussein

kisah hidup saddam hussein
Saddam Hussein merupakan presiden kelima Irak. Dia lahir sebagai Saddam Hussein Abd al-Majid al-Tikriti pada tanggal 28 April 1937, kepada Subha Tulfah al Mussallat, dan Hussein Abd al-Majid. Sesaat setelah kelahirannya, Saddam dikirim untuk tinggal bersama paman ibunya karena ayahnya telah menghilang enam bulan sebelum kelahirannya.

Kakaknya meninggal karena kanker tidak lama setelah kelahirannya. Saat ibunya menikah kembali saat berusia tiga tahun, dia kembali tinggal bersamanya. Ketika berusia sepuluh tahun dia melarikan diri dari ayah tiri yang kejam dan kembali ke pamannya. Dia kemudian menjadi anggota terkemuka Partai Sosialis Arab Ba-ath dan kemudian Partai Ba'ath Irak, sebelum menjadi Presiden pada tahun 1979.


Setelah percobaan pembunuhan yang gagal terhadap presiden Irak Abd al-Karim Qasim, Saddam melarikan diri ke Suriah, lalu Mesir, di mana dia kemudian belajar hukum. Ketika Qasim digulingkan pada tahun 1963, Saddam, seorang pengacara yang telah terdidik kembali ke Irak dan bergabung ke partai Ba'ath.

saddam hussein istri keluarga anak

Saddam Hussein menikah dengan tiga wanita saat dia dieksekusi pada tahun 2006. Istri-istrinya adalah Khairallah Talfah (tahun 1963), Samira al Shahbandar (m. 1986), dan Nidal al-Hamdani (1990). Saddam Hussein memiliki beberapa anak termasuk seorang putra dengan Samira, dua putra dengan Sajida, dan tiga anak perempuan bersama Sajida juga. Sajida, istri pertama Saddam, adalah sepupu dan puteri pertama pamannya yang telah membantu membesarkannya.

Saddam Hussein lulus dari Universitas Baghdad College of Law pada tahun 1968.

Agama Saddam Hussein adalah Muslim Sunni.

Banyak rezim Saddam Hussein juga merupakan anggota keluarganya, termasuk Menteri Pertahanan Brigadir. Jenderal Adnan Khairallah (ipar laki-laki), ketua Komite Olimpiade Irak (anaknya Uday), kepala Pasukan Keamanan Internal (anaknya Qusay), dan Wakil Menteri Kehakiman (saudara tirinya Busho Ibrahim).

Kudeta yang membuat partai Saddam Hussein berkuasa pada tahun 1968 tidak bertumpah berdarah. Pada saat itu Saddam adalah sekretaris dan bertindak sebagai wakil ketua Dewan Komando Revolusioner. Dia dipromosikan menjadi letnan jenderal pada tahun 1973.

Pada tahun 1976 Saddam diangkat menjadi jenderal.

pemimpin irak presiden kelima
Pada tahun 1979 Saddam Hussein menjadi presiden kelima Irak.

Pada tahun 1980 Irak menyerang Iran melalui udara, dalam sebuah perang yang akan menghasilkan satu juta orang mati pada tahun 1988.

Pada tahun 1990 Irak menginvasi Kuwait dan Perang Teluk Persia dimulai. A.S. dan negara-negara lain meluncurkan Operasi Desert Storm dan membebaskan Kuwait dan mengakhiri invasi tersebut.

Pada tahun 1995 Saddam terpilih kembali sebagai Presiden Irak.

Pada tahun 1998, setelah Saddam menolak mengizinkan pengawas senjata ke Irak, AS dan Inggris meluncurkan Operasi Desert Fox, yang melibatkan serangan udara. Pada tahun 2002 Saddam akhirnya setuju untuk mengizinkan inspektur ke negara tersebut, untuk menghindari konsekuensi militer yang serius.

Pada tahun 2003 Perang Teluk dimulai.

pengadilan hukuman mati saddam hussein
Pada tahun 2003 Saddam Hussein ditangkap, dan pada tahun 2004 dia tampil di pengadilan untuk pertama kalinya.

Saddam Hussein dinyatakan bersalah melakukan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan. Pada tanggal 30 Desember 2006, Saddam Hussein digantung di Baghdad. Dia dimakamkan di dekat Tikrit keesokan harinya.

Senjata pemusnah massal yang membuat terjadinya invasi A.S. terhadap Irak tidak pernah ditemukan.

Saddam diberi penghargaan berupa kunci kota Detroit. Hanya 8 orang yang diberi penghargaan serupa ini, dua di antaranya adalah Father Chrismass dan boneka Elmo dari Sesame Street. Penghargaan ini diberikan setelah Saddam menyumbangkan sejumlah uang yang besar ke gereja di kota Detroit. Hussein kemudian memberi gereja itu $ 200.000 lagi.

quran ditulis dengan darah irak
Meskipun menulis teks suci dengan menggunakan darah merupakan tindakan tidak sopan dan dianggap haram. Sebuah Quran yang ditulis dengan darahnya sendiri telah dibuat atas perintah sang diktator. Proses ini menghabiskan 27 liter darah dan lebih dari 2 tahun. Jika Anda seorang ahli darah yang mempertanyakan apakah mungkin memberi banyak darah selama dua tahun, Anda tidak sendiri. Seorang ahli donor darah pernah memperkirakan bahwa akan memakan waktu setidaknya sembilan tahun untuk menyumbangkan darah sebanyak itu. Dan hal semacam itu juga tidak menghentikan niat Saddam Hussein. Sampai hari ini, kitab tersebut masih tersimpan di pemerintahan Iraq.

John Nixon, seorang pejabat tinggi CIA yang duluan menginterogasi Saddam tidak lama setelah ia ditangkap, menjelaskan bahwa yang diketahui CIA menjelang invasi tersebut sebenarnya banyak yang salah. Menurut buku yang John Nixon terbitkan mengenai Saddam Hussein bahwa senjata pemusnah massal tidak dimiliki oleh pemimpin Irak tersebut, bahkan ia juga mengecam al-Qaida serta kelompok-kelompok Islam yg terilhami oleh ajaran ajaran Wahhabi dari Arab Saudi. John Nixon sempat mengatakan dalam wawancaranya dengan stasiun radio dan tv Democracy Now bahwa pemimpin Irak tersebut bahkan telah menyerahkan sebagian besar kekuasaan pemerintahannya kepada para pembantu seniornya sebelum Presiden Bush melakukan serangannya.

Dia menawarkan untuk berdebat dengan George W. Bush di TV live. Dalam upaya untuk mencegah invasi Amerika ke Irak pada tahun 2003, diktator tersebut menawarkan untuk berdebat langsung dengan Presiden A. George Bush pada siaran langsung TV. Dalam sebuah wawancara tiga jam dengan CBS News, dia menawarkan sebuah tautan satelit untuk memperdebatkan hal ini ke Presiden A.S.

"Saya siap untuk melakukan dialog langsung - sebuah debat - dengan presiden Anda," CBS mengutip Saddam. "Saya akan mengatakan apa yang saya inginkan dan dia akan mengatakan apa yang dia inginkan."

Gedung Putih mengatakan tawaran itu tidak terlalu serius, namun Hussein menegaskan kembali pendiriannya.

"Ini adalah sesuatu yang diajukan dengan sungguh-sungguh dari rasa hormat saya terhadap rakyat Amerika Serikat dan rakyat Irak dan rakyat dunia. Saya memanggil ini karena perang bukanlah sebuah lelucon. "

No comments:

Post a Comment