Fakta Tentang Yingluck Shinawatra - Perdana Menteri Cantik Thailand

perdana menteri wanita cantik termuda
Sejak pemilihan umum 2001, partai politik yang didukung dan dipimpin oleh keluarga Shinawatra telah mendominasi politik Thailand. Namun keluarga Shinawatra dituduh melakukan nepotisme dan korupsi oleh perusahaan yang berbasis di Bangkok yang membenci Thaksin.

Wanita cantik yang memiliki nama panggilan Pu ini menjadi perdana menteri Thailand yang ke 28 di usianya yang hanya 44 tahun, menjadikannya perdana menteri wanita pertama dan termuda di Thailand dalam 60 tahun terakhir. Wanita kelahiran Juni 1967 ini menjadi PM atas dukungan Partai Phue Thai.

Lahir di Provinsi Chiang Mai menjadi keluarga kaya keturunan Tionghoa Hakka, Yingluck Shinawatra memperoleh gelar sarjana dari Universitas Chiang Mai dan gelar master dari Kentucky State University, keduanya dalam administrasi publik.

Adik bungsu Thaksin Shinawatra (mantan perdana menteri) dulunya dikenal sebagai pebisnis, Yingluck merupakan mantan Presiden Advanced Info Service (AIS), operator telepon seluler paling besar di negera tersebut sebelum akhirnya dijual ke Temasek Holdings.

Setelah kekuasaan kakaknya digulungkan dan kabur ke luar negeri, pada Mei 2011, Partai Pheu Thai, yang mempertahankan hubungan dekatnya dengan Thaksin, mencalonkan Yingluck sebagai calon Perdana Menteri mereka dalam pemilu 2011. Dia berkampanye atas platform rekonsiliasi nasional, pengentasan kemiskinan, dan pengurangan pajak penghasilan badan dan memenangkan kemenangan telak.
perdana menteri perempuan thailand

Sejak November 2013, protes kaum oposisi menggempur Yingluck untuk mundur karena berupaya meloloskan RUU Amnesti yang dinilai dapat membuat status buronan kakaknya Thaksin terbebas dari hukuman. Oleh sebab itu pihak oposisi bersikeras agar Yingluck lengser.

Pada awal Mei, persidangan atas kasus penyalahgunaan kekuasaan digelar terhadap Yingluck. Keputusannya pada 2011 untuk memecat Thawil Pliensri dari kursi Dewan Keamanan Nasional Thailand dianggap menguntungkan bagi partainya, Puea Thai.

Akhirnya pada 7 Mei, Yingluck diperintahkan untuk mundur dari jabatannya oleh MK Thailand atas penyalahgunaan kekuasaan. Nasibnya berakhir sama seperti kakaknya yang diberhentikan dari jabatan perdana menteri, bedanya adalah kakaknya Thaksin digulingkan militer sedangkan Yingluck dimakzulkan MK.

Thaksin mantan pemilik Manchester City dinilai menyalahgunakan kekuasaan karena telah menjual saham perusahaan Shin Corp (aset bangsa) kepada Temasek Holdings saat menjabat PM Thailand. Selain itu dia juga dituduh menyelewengkan anggaran negara.

Pada bulan September, secara in absentia, Yingluck dihukum lima tahun penjara karena salah mengatur skema beras. Mantan menteri perdagangannya telah dipenjara karena kasus serupa selama 42 tahun.

perdana menteri cewek tercantik

Yingluck Shinawatra terakhir kali terdeteksi berada di Inggris menurut Don Pramudwinai, menteri luar negeri Thailand. Komentarnya dilontarkan setelah dua foto yang dikabari adalah Yingluck tersebar luas di sosial media.

Sebelumnya, sumber di Partai Puea Thai menjelaskan bahwa Yingluck kabur ke Dubai melalui Singapura dimana Thaksin Shinawatra (mantan perdana menteri) mempunyai rumah disana. Thaksin sendiri tinggal di pengasingan demi menghindari hukuman penjaranya karena korupsi.

No comments:

Post a Comment