Harga Malu - Monica Lewinsky


Anda sedang melihat seorang wanita yang pernah diam di depan umum selama satu dekade. Jelas, itu sudah berubah, tapi baru belakangan ini.


00:22
Beberapa bulan yang lalu saya memberikan ceramah utama saya yang pertama di pertemuan Forbes 30 Under 30: 1.500 orang brilian, semuanya berusia di bawah 30 tahun. Itu berarti pada tahun 1998, yang tertua di antara kelompok tersebut hanya berumur 14, dan yang termuda, hanyalah berumur 4 tahun. Saya bercanda dengan mereka bahwa beberapa mungkin hanya pernah mendengar mengenai saya dari lagu rap. Ya, saya ada di lagu rap. Hampir 40 lagu rap. (Tawa)

Tapi malam pidato saya, hal yang mengejutkan terjadi. Pada usia 41, saya disukai oleh seorang pria berusia 27 tahun. Saya tau? Dia menawan dan sayapun dirayu, namun saya menolaknya. Anda tahu hal apa yang buat dia tidak berhasil? Dia membuatku merasa berusia 22 tahun kembali. (Tertawa) (Tepuk tangan) Saya sadar malam itu juga, mungkin saya satu-satunya orang yang berusia di atas 40 tahun yang tidak ingin menjadi 22 lagi. (Tertawa) (Tepuk tangan)

01:47
Pada usia 22, saya jatuh cinta pada atasan saya, dan pada usia 24 tahun, saya mempelajari konsekuensi yang menghancurkan.

Dapatkah saya melihat anda angkat tangan siapa pun di sini yang tidak melakukan kesalahan atau melakukan sesuatu yang mereka sesali pada usia 22? Ya. Itulah yang saya pikir. Jadi seperti saya, pada usia 22, beberapa dari Anda mungkin juga pernah melakukan langkah yang salah dan jatuh cinta pada orang yang salah, bahkan mungkin atasan Anda. Tidak seperti saya, bos Anda mungkin bukan presiden Amerika Serikat. Tentu saja, hidup ini penuh dengan kejutan.

02:35
Tidak satu hari pun berlalu tanpa teringat akan kesalahan saya, dan saya menyesali kesalahan itu dengan mendalam.

Pada tahun 1998, setelah terbawa ke dalam roman yang tidak mungkin, saya kemudian tersapu ke dalam perhatian utama di mata politik, hukum dan media seperti yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Ingat, beberapa tahun yang lalu, berita hanya dikonsumsi dari tiga tempat: membaca koran atau majalah, mendengarkan radio, atau menonton televisi. Itu saja. Tapi itu bukan takdirku. Namun, skandal ini dibawa kepada Anda oleh revolusi digital. Itu berarti kita bisa mengakses semua informasi yang kita inginkan, kapan pun kita menginginkannya, kapan saja, di mana saja, dan ketika ceritanya bocor pada bulan Januari 1998, bocor secara online. Ini adalah pertama kalinya kabar tradisional dirampas oleh Internet untuk sebuah berita besar, sebuah klik yang bergema di seluruh dunia.

03:52
Apa yang dimaksudkan untuk saya secara pribadi adalah bahwa pada semalaman saat itu saya berubah dari sosok yang benar-benar tertutup ke seorang yang dipermalukan di seluruh dunia. Kesabaran saya karena kehilangan reputasi pribadi dalam skala global hampir seketika.

Ini terburu-buru menghakimi, yang dimungkinkan oleh teknologi, menyebabkan massa pelempar batu maya. Memang, itu sebelum media sosial, tapi orang masih bisa berkomentar secara online, mencerita via email, dan tentu saja mengirim email dengan lelucon yang kejam. Sumber berita memplot foto saya ke seluruh penjuru dunia untuk menjual koran, iklan banner online, dan agar orang-orang melihat TV. Apakah Anda ingat gambaran tertentu tentang saya, katakanlah, mengenakan baret?

04:53
Sekarang, saya akui saya membuat kesalahan, apalagi memakai baret itu. Tapi perhatian dan penilaian yang saya terima, bukan ceritanya, tapi yang saya terima secara pribadi, belum pernah terjadi sebelumnya. Saya dicap sebagai pelacur, murahan, pelacur, gadis nakal, bimbo, dan, tentu saja, wanita itu. Saya terlihat oleh banyak orang namun sebenarnya hanya sedikit diketahui. Dan saya mengerti: mudah untuk melupakan bahwa wanita itu dimensi, memiliki jiwa, dan awalnya tidaklah hancur.

Ketika ini terjadi pada saya 17 tahun yang lalu, tidak ada nama untuk itu. Sekarang kita menyebutnya cyberbullying dan pelecehan online. Hari ini, saya ingin membagikan sebagian pengalaman saya dengan Anda, membicarakan bagaimana pengalaman itu telah membantu membentuk pandangan kultural saya, dan betapa saya berharap pengalaman masa lalu saya dapat menyebabkan perubahan yang bisa membuat kurangnya penderitaan bagi orang lain.

06:10
Pada tahun 1998, saya kehilangan reputasi dan martabat saya. Aku kehilangan hampir segalanya, dan aku hampir kehilangan nyawaku.

Biarkan aku melukis gambar untukmu. Ini adalah bulan September 1998. Saya duduk di ruang kantor tanpa jendela di dalam Kantor Penasihat Independen di bawah lampu neon yang berdengung. Saya mendengarkan suara suaraku, suaraku yang secara diam-diam direkam melalui telepon yang dibuat teman yang seharusnya dibuat setahun sebelumnya. Saya di sini karena saya telah secara hukum diminta untuk mengotentikasi secara pribadi semua 20 jam rekaman percakapan. Selama delapan bulan terakhir, isi misterius dari kaset ini telah digantung seperti Pedang Damocles di atas kepalaku. Maksudku, siapa yang bisa mengingat apa yang mereka katakan setahun yang lalu? Takut dan malu, aku mendengarkan, mendengarkan saat aku mengomel tentang kapar dan jetsam hari itu; Dengarkan saat aku mengakui cintaku kepada presiden, dan, tentu saja, patah hati; Dengarkan aku kadang tajam, terkadang kasar, terkadang konyol diri kejam, tak kenal ampun, kasar; Dengarkan, sangat, sangat malu, sampai versi terburuk diriku, diriku yang bahkan tidak ku kenal.

07:56
Beberapa hari kemudian, Laporan Starr dilepaskan ke Kongres, dan semua rekaman dan transkrip tersebut, kata-kata yang dicuri itu, merupakan bagian darinya. Orang-orang bisa membaca transkripnya saja sudah cukup mengerikan, tapi beberapa minggu kemudian, kaset audio ditayangkan di TV, dan porsi yang signifikan tersedia secara online. Penghinaan publik sangat menyiksa. Hidup hampir tak tertahankan.

Ini bukan sesuatu yang terjadi dengan biasanya pada saat itu pada tahun 1998, dan oleh ini, maksud saya mencuri kata-kata pribadi, tindakan, percakapan atau foto pribadi, dan kemudian menjadikannya publik - publik tanpa persetujuan, publik tanpa konteks, dan publik tanpa Belas kasih.

08:57
Maju cepat 12 tahun sampai 2010, dan sekarang social media telah lahir. Sayangnya, pemandangannya banyak dipadati dengan isi-isi dengan kejadian seperti saya, entah seseorang benar-benar membuat kesalahan, dan sekarang ini untuk orang-orang publik dan swasta. Konsekuensi untuk beberapa telah menjadi mengerikan, sangat mengerikan.

Saya sedang menelepon ibu saya pada bulan September 2010, dan kami sedang membicarakan berita tentang seorang mahasiswa baru dari Rutgers University yang bernama Tyler Clementi. Tyler yang manis, sensitif, kreatif, secara diam-diam webcammed oleh teman sekamarnya saat sedang berhubungan intim dengan pria lain. Ketika dunia online mengetahui kejadian ini, ejekan dan cyberbullying makin membara. Beberapa hari kemudian, Tyler melompat dari Jembatan George Washington sampai kematiannya. Umurnya 18 tahun.

10:07
Ibuku berada di samping dirinya sendiri tentang apa yang terjadi pada Tyler dan keluarganya, dan dia mengalami patah, rasa sakit dengan cara yang tidak bisa saya mengerti, dan akhirnya saya menyadari bahwa dia sedang mengingat kembali tahun 1998, mengingat kembali saat dia duduk di dekat saya. Tidur setiap malam, mengingat kembali saat dia menyuruhku mandi dengan pintu kamar mandi terbuka, dan mengingat kembali saat kedua orangtuaku takut bahwa aku akan dipermalukan sampai mati, secara harfiah.

Saat ini, terlalu banyak orang tua yang tidak memiliki kesempatan untuk masuk dan menyelamatkan orang yang mereka cintai. Terlalu banyak yang telah belajar tentang penderitaan dan penghinaan anak mereka namun sudah terlambat. Kematian Tyler yg tragis dan tidak masuk akal adalah titik balik bagi saya. Ini berfungsi untuk rekontekstual kembali pengalaman saya, dan kemudian saya mulai melihat dunia penghinaan dan intimidasi di sekitar saya dan melihat sesuatu yang berbeda. Pada tahun 1998, kami tidak tahu di mana teknologi baru yang berani yang disebut Internet ini membawa kita. Sejak saat itu, internet telah menghubungkan orang-orang dengan cara yang tak terbayangkan, mempertemukan dengan saudara kandung yang hilang, menyelamatkan nyawa, meluncurkan revolusi, namun sisi kegelapan seperti penindasan maya, dan pelecehan yang pernah saya alami juga telah menjamur. Setiap hari secara online, orang-orang, terutama kaum muda yang tidak dilengkapi dengan perkembangan mental untuk menangani hal ini, sangat disalahgunakan dan dipermalukan sehingga mereka tidak dapat membayangkan untuk hidup di hari berikutnya, dan beberapa, tragisnya, tidak, dan tidak ada yang virtual tentang hal itu. ChildLine, sebuah lembaga nirlaba di Inggris yang berfokus untuk membantu kaum muda dalam berbagai isu, merilis statistik mengejutkan pada akhir tahun lalu: Dari tahun 2012 sampai 2013, terjadi peningkatan dalam hal penindasan di dunia maya via panggilan dan email sebesar 87 persen. Sebuah meta-analisis yang dilakukan di luar Belanda menunjukkan bahwa untuk pertama kalinya, penindasan maya mengarah pada ide bunuh diri lebih signifikan daripada intimidasi secara offline. Dan Anda tahu apa yang mengejutkan saya, walaupun seharusnya tidak, adalah penelitian lain tahun lalu yang menentukan penghinaan adalah perasaan yang lebih intens daripada kebahagiaan atau bahkan kemarahan.

12:56
Kekejaman terhadap orang lain bukanlah hal yang baru, namun secara online, kecaman yang dilakukan secara teknologi diperkuat, tidak terkendali, dan dapat diakses secara permanen. Gema malu dulunya hanya meluas sejauh keluarga, desa, sekolah atau komunitas Anda, tapi sekarang juga termasuk komunitas online. Jutaan orang, seringkali secara anonim, dapat menusuk Anda dengan kata-kata mereka, dan itu sangat menyakitkan, dan tidak ada batasan berapa banyak orang dapat mengamati Anda secara terbuka dan memasukkan Anda ke dalam stok publik. Ada harga yang sangat pribadi untuk penghinaan publik, dan pertumbuhan Internet telah mendongkrak harga itu.

13:51
Selama hampir dua dekade sekarang, perlahan-lahan kami menabur benih rasa malu dan penghinaan publik di tanah budaya kita, baik secara online maupun offline. Situs gosip, paparazzi, pemrograman realitas, politik, gerai berita dan terkadang hacker semua memperdagangkan rasa malu. Hal ini menyebabkan desensitisasi dan lingkungan online yang permisif yang memungkinkan melakukan troll, menjajah privasi, dan penindasan maya. Pergeseran ini telah menciptakan apa yang Profesor Nicolaus Mills sebut sebagai budaya penghinaan. Pertimbangkan beberapa contoh penting hanya dari enam bulan terakhir saja. Snapchat, layanan yang digunakan terutama oleh generasi muda dan mengklaim bahwa isi chatnya hanya memiliki jangka waktu beberapa detik. Anda bisa membayangkan berbagai konten yang didapatnya. Aplikasi pihak ketiga yang digunakan Snapchatters untuk mempertahankan jangka waktu pesan telah diretas, dan 100.000 percakapan pribadi, foto, dan video telah bocor secara online hingga kini memiliki masa pakai selamanya. Jennifer Lawrence dan beberapa aktor lainnya membiarkan akun iCloud mereka diretas, dan foto pribadi, intim, telanjang terpampang di Internet tanpa seizin mereka. Satu situs gosip memiliki lebih dari lima juta hit untuk cerita yang satu ini. Dan bagaimana dengan Sony Pictures cyberhacking? Dokumen yang mendapat perhatian paling banyak adalah email pribadi yang memiliki nilai rasa malu yang maksimal untuk publik.

15:39
Tapi dalam budaya penghinaan ini, ada price tag jenis lain melekat pada kemaluan publik. Harga tidak mengukur biaya untuk korban, yang Tyler dan terlalu banyak lainnya, terutama perempuan, minoritas, dan anggota komunitas LGBTQ telah merasakan , namun harga tersebut mengukur keuntungan orang-orang yang memangsa mereka. Invasi pada orang lain ini adalah bahan baku, efisien dan tanpa rasa ampun ditambang, dikemas dan dijual dengan keuntungan. Sebuah pasar telah muncul dimana penghinaan publik adalah komoditas dan rasa malu adalah sebuah industri. Bagaimana uang itu dibuat? Klik. Semakin malu, semakin banyak klik. Semakin banyak klik, semakin banyak iklan dollar. Kita berada dalam siklus yang berbahaya. Semakin kita klik pada jenis gosip ini, semakin kita mati rasa pada kehidupan manusia di belakangnya, dan semakin kita mati rasa, semakin kita klik. Sementara itu, seseorang menghasilkan banyak uang dari penderitaan orang lain. Dengan setiap klik, kita membuat pilihan. Semakin kita membentuk budaya kita dengan mempermalukan orang di publik, lama-lama hal itu akan semakin diterima, semakin kita akan sering melihat perilaku seperti cyberbullying, trolling, beberapa bentuk hacking, dan pelecehan online. Mengapa? Karena mereka semua memiliki penghinaan di inti mereka. Perilaku ini merupakan gejala dari budaya yang telah kita ciptakan. Pikirkan saja.

17:31
Mengubah perilaku dimulai dengan keyakinan yang dikembangkan. Kita telah melihat banyak kenyataan seperti rasisme, homofobia, dan banyak bias lainnya, hari ini dan di masa lalu. Karena kita telah mengubah keyakinan tentang pernikahan sesama jenis, lebih banyak orang telah ditawarkan dengan kebebasan yang sama. Ketika kita mulai menilai keberlanjutan, semakin banyak orang mulai mendaur ulang. Jadi sejauh budaya praktek penghinaan kita berjalan, yang kita butuhkan adalah sebuah revolusi kebudayaan. Publik yang dipermalukan dan dijadikan sebagai olahraga harus berhenti, dan inilah saatnya untuk melakukan intervensi di Internet dan budaya kita.

 Pergeseran dimulai dengan sesuatu yang sederhana, tapi itu tidak mudah. Kita perlu kembali ke nilai kasih sayang yang telah lama dijunjung tinggi - kasih sayang dan empati. Online, kita mengalami defisit kasih sayang, sebuah krisis empati.

18:28
Peneliti Brené Brown berkata, dan sayapun mengutip, "Malu tidak bisa bertahan empati." Rasa malu tidak bisa bertahan empati. Saya telah melewati beberapa hari yang sangat gelap dalam hidup saya, dan dari kasih sayang dan empati dari keluarga, teman, orang-orang profesional, dan kadang-kadang bahkan orang asing lah yang telah menyelamatkan saya. Bahkan empati dari satu orang pun bisa membuat perbedaan. Teori pengaruh minoritas, yang diajukan oleh psikolog sosial Serge Moscovici, mengatakan bahwa bahkan dalam jumlah kecil, ketika ada konsistensi dari waktu ke waktu, perubahan dapat terjadi. Di dunia online, kita bisa memupuk pengaruh minoritas dengan menjadi pembela. Untuk menjadi sarana pembela berarti bukan orang yang suka berpandangan, kita dapat mengirim komentar positif untuk seseorang atau melaporkan situasi intimidasi. Percayalah, komentar penuh kasih membantu meredakan kenegatifan. Kami juga dapat menangkal budaya dengan mendukung organisasi yang menangani masalah semacam ini, seperti Yayasan Tyler Clementi di A.S., Di Inggris, ada Anti-Bullying Pro, dan di Australia, ada Project Rockit.

19:52
Kita banyak membicarakan hak kebebasan berekspresi, tapi kita perlu membicarakan lebih banyak tentang tanggung jawab kita terhadap kebebasan berekspresi. Kita semua ingin didengar, tapi mari kita mengakui perbedaan antara berbicara dengan niat dan berbicara untuk mendapat perhatian. Internet adalah jalan raya untuk id, tapi secara online, menunjukkan empati kepada orang lain menguntungkan kita semua dan membantu menciptakan dunia yang lebih aman dan lebih baik. Kita perlu berkomunikasi secara online dengan penuh kasih sayang, mengonsumsi berita dengan kasih sayang, dan klik dengan penuh kasih sayang. Bayangkan berjalan satu mil di headline orang lain. Saya ingin mengakhiri dengan sebuah catatan pribadi. Dalam sembilan bulan terakhir, pertanyaan yang paling banyak ditanyakan adalah mengapa. Kenapa sekarang? Mengapa saya menancapkan kepalaku di atas tembok pembatas? Anda bisa memahami jawabannya dari pertanyaan-pertanyaan itu, dan jawabannya tidak ada hubungannya dengan politik. Jawaban top note adalah karena sudah waktunya: waktu untuk menghentikan tip-toeing sekitar masa laluku; Waktu untuk berhenti menjalani kehidupan yang penuh nista; Dan waktu untuk mengambil kembali narasi saya.

21:18
Ini juga bukan hanya tentang menyelamatkan diri. Siapa pun yang menderita rasa malu dan penghinaan publik perlu mengetahui satu hal: Anda bisa bertahan. Aku tahu itu sulit. Mungkin tidak akan tidak menyakitkan, cepat atau mudah, tapi Anda bisa bersikeras untuk sebuah akhir yang berbeda dari cerita Anda. Kasihanilah dirimu sendiri Kita semua pantas mendapatkan kasih sayang, dan hidup baik secara online atau offline di dunia yang lebih welas asih.

Terima kasih untuk mendengarkan.

(Tepuk tangan)

No comments:

Post a Comment