Insiden Melempar Sepatu ke Presiden Amerika Bush




Dalam sebuah konferensi pers Irak pada 14 Desember 2008, wartawan Irak Muntadhar al-Zaidi melemparkan kedua sepatunya pada Presiden Amerika Serikat saat itu, George W. Bush. Bush menunduk, menghindari tiap sepatu yang dilemparinya. Sepatu kedua kena Bendera AS & Al-Zaidi kemudian disambar, ditendang, dan dikeluarkan dari ruangan oleh penjaga.




1:40
Jadi Anda adalah seorang jurnalis, Anda sedang duduk dalam konferensi pers dengan Presiden Bush, apa yang terlintas dalam pikiran Anda sebelum Anda memutuskan untuk melempar sepatunya.

1:51
Ketika saya memutuskan untuk melempari Bush dengan sepatu itu, itu adalah reaksi alami terhadap pembunuhan satu juta manusia, 5 juta anak-anak yang telah menjadi anak yatim piatu, satu juta wanita yang telah kehilangan suaminya, mengakibatkan puluhan ribu orang cacat, puluhan ribu tahanan di penjara milik Amerika di Irak, dan skandal sehari-hari yang disebabkan oleh American occupation: pemerkosaan, penjara Abu Ghraib, menjatuhkan atap di kepala orang-orang dengan helikopter Apache, dan pesawat F16.

2:24
Terlepas dari semua ini, Bush mengatakan bahwa rakyat Irak bahagia, dan Amerika membebaskan rakyat Irak, dan rakyat Irak menyambut orang Amerika dengan bunga.

2:34
Saya ingin menetapkan sebuah peristiwa bersejarah, untuk mengajarkan pelajaran kepada Bush dari rakyat Irak, mengatakan kepadanya bahwa Anda berbohong, kami tidak menyambut Anda dengan bunga, dan sebaliknya kami mengucapkan selamat tinggal kepada Anda dengan sepatu kami.

2:48
Itu adalah keputusan yang sulit karena saya mengira akan dibunuh pada saat melempar sepatu ke Bush, menurut rumor bahwa kita telah mendengar tentang keamanan presiden, dan tindakan pencegahan yang diambil oleh CIA, semua pihak yang melindungi presiden tersebut dipersenjatai dan tersebar di sekitar aula, yang semuanya terlihat oleh saya. Namun, bagian dari martabat saya ada di tangan saya, sebuah pilihan antara kematian dan kembalinya bagian martabat dan untuk mengatakan kepada dunia bahwa orang-orang Irak menentang kehadiran Bush dan tentaranya di Irak. Warga Irak tidak menyambut Bush dengan bunga, juga tidak menyambut tentaranya dengan bunga, orang-orang Irak dibunuh setiap hari oleh peluru orang Amerika atau oleh peluru milisi yang bersekutu dengan orang Amerika atau kelompok pendukung Amerika.

3:46
Apakah Anda pergi ke sana merencanakan ini atau sesuatu yang Anda putuskan saat itu?

3:51
Ketika pasukan Amerika memasuki Irak, semua orang bertanya-tanya bagaimana mempertahankan negara kita, dan saya tidak berpendapat bahwa jika tentara Amerika memasuki Kanada, kebanyakan orang tidak akan mengharapkan orang Amerika untuk meninggalkan suatu hari nanti, sebaliknya saya pikir orang-orang Kanada akan melawan mereka. Di seluruh dunia saat orang-orang dijajah, mereka akan menolak. Saat Perancis dijajah oleh Jerman, Prancis menolak. Ketika China dijajah oleh Jepang, mereka melawan. Ketika Aljazair dijajah oleh Prancis, Aljazair menolak, ini sama saja di mana pun di seluruh dunia ini, mengapa mengejutkan saat Irak melawan?

4:28
Tapi ketika Anda pergi ke konferensi pers hari itu, apakah Anda sudah berencana untuk melempar sepatu atau..

4:35
Tidak, untuk beberapa saat saya memutuskan bagaimana menanggapi Bush, bagaimana menunjukkan bahwa dia adalah seorang pria tanpa prinsip, ada beberapa pemikiran berbeda yang melintas di benak saya. Saya adalah orang yang damai, bukan orang perang, saya sedang mengungkap pekerjaan dengan pena saya, namun saya pikir pena saya tidak sampai ke dunia ini, saya rasa dunia tidak membaca tulisan saya, atau melihat apa yang sedang terjadi di Irak. Tapi ketika saya melempar sepatu ke Bush, dunia menjadi sadar akan apa yang sedang terjadi di Irak, bertanya-tanya apa alasan mengapa jurnalis muda ini yang seharusnya berpegang pada pena dan beritanya, malah memutuskan untuk melempar sepatunya ke Bush.

5:15
Tindakan ini direncanakan. Saya juga meninggalkan rekaman video, dan menulis surat wasiat saya, karena saya khawatir sebuah kelompok atau partai politik akan mengklaim tindakan tersebut setelah saya terbunuh, bahwa "Muntadhar Al Zaidi adalah milik kami", maka saya meninggalkan sebuah rekaman singkat yang berisi 5 menit dari rekaman yang mengatakan bahwa tindakan ini adalah untuk martabat dan pengorbanan umat manusia untuk anak laki-laki di negara saya dan bahwa saya tidak termasuk dalam partai politik atau kelompok tertentu, saya telah menyiapkan rekaman ini tiga tahun sebelum Bush tiba di Irak. Saya meninggalkan surat wasiat untuk membagikan setengah dari aset saya kepada keluarga saya dan setengah lainnya untuk proyek amal.

6:00
Lalu aku menunggu kedatangan Bush. Saya siap untuk bertindak ini setiap saat, yang menghalangi saya untuk membuat adalah komitmen masa depan seperti menikah. Jadi ketika saya sampai di aula, keputusannya sangat sulit. Dia yang berpikir menghadapi kematian itu mudah tidak memahami rasa kematian. Saya menghadapi dan merasakan bahwa kematian sudah dekat saat saya menghadiri konferensi pers. Saya terjebak di antara kehidupan yang nyaman yang saya jalani: memiliki sebuah mobil, menjadi kepala departemen saya, rumah saya, teman-teman dan orang yg saya cintai, dan memutuskan untuk pergi menghadap orang ini dan melakukan apa yang telah saya putuskan terhadap Bush, ku lakukan demi para janda, anak yatim, ku rela mati. jadi itulah rencanaku.

No comments:

Post a Comment