Friday, February 29, 2008

Pemain Pemain Top Biliar Dunia Yg Hebat & Terbaik

Efren Reyes

pemain biliar terbaik di dunia
Efren Manalang Reyes, OLD, PLH (lahir 26 Agustus 1954), yang dikenal sebagai Efren "Bata" Reyes dan dijuluki 'The Magician', adalah pemain biliar profesional asal Filipina. Pemenang lebih dari 70 gelar internasional, Reyes adalah orang pertama dalam sejarah yang memenangkan Kejuaraan Dunia dalam dua discipline yang berbeda dalam biliar.

Di antara banyak gelarnya, Reyes adalah juara bola delapan dunia empat kali, juara Nine-ball Dunia 1999, juara AS Terbuka tiga kali, juara dua kali World Pool League dan juara Derby City Classic 14 kali - Termasuk lima mahkota "Master of the Table" yang belum pernah ada sebelumnya. Dengan mengalahkan Earl Strickland dalam acara Color of Money perdana pada tahun 1996, Reyes membawa pulang event purse tunggal terbesar di sejarah biliard. Banyak analis, penggemar, dan mantan pemain saat ini menganggap Reyes sebagai pemain biliar terhebat sepanjang masa.

Reyes lahir di Pampanga di Filipina pada tahun 1954. Dia pindah ke Manila bersama keluarganya pada usia 5 tahun. Di Manila, dia bekerja sebagai biliar attendan di aula biliar pamannya, di mana dia mulai mempelajari berbagai cue sport. Dia pernah bermimpi bermain biliar pada malam hari dan meja biliar adalah tempat tidurnya.

Reyes sering disebut sebagai "Bata," yang merupakan bahasa Tagalog untuk "Kid", karena ada pemain biliar lain yang lebih tua bernama Efren saat ia masih muda. Untuk membedakan keduanya, ia disebut sebagai Efren Bata. Dia juga disebut Efrey oleh rekan-rekannya (Ef dari Efren dan rey dari Reyes).

Earl Strickland

pemain biliar dunia paling hebat
Earl "The Pearl" Strickland (lahir 8 Juni 1961 di Roseboro, North Carolina) adalah pemain biliar profesional Amerika yang dianggap salah satu pemain bola sembilan terbaik sepanjang masa. Dia telah memenangkan banyak gelar juara dan, pada tahun 2006, dilantik ke dalam Billiard Congress of America's Hall of Fame. Dia juga dikenal sebagai salah satu pemain olahraga yang paling kontroversial karena pandangannya yang blak-blakan dan perilaku buruknya saat di turnamen.

Strickland mulai bermain biliar pada usia 9. Setelah berlatih intensif, ia memasuki turnamen profesional pertamanya berusia 15. Strickland naik menjadi terkenal secara nasional di tahun 1983 dengan kemenangannya di Lake Tahoe. Ini diikuti pada tahun 1984 oleh Caesars Palace Pro Billiard Classic di Las Vegas. Strickland dinobatkan sebagai National Billiard News Player of the Year di Tahun 1984. Dia juga memenangkan kejuaraan Dunia Terbuka 1988.

Sebuah jam waktu 45 detik digunakan untuk memantau setiap pukulan karena turnamen tersebut direkam untuk siaran selama tujuh minggu. Pada kesimpulannya, Sigel berkomentar bahwa dia bisa merasakan tekanan karena diberikan hitungan waktu. Strickland, di sisi lain, mengatakan bahwa mereka "bisa membuatnya hanya 30 detik di antara tembakan, dan itu tidak masalah."

Strickland pernah menjadi beberapa kali pemenang dalam Player of the Year Award, dan karirnya yang disorot antara lain lima kemenangan di Kejuaraan Bola Sembilan Amerika Serikat Terbuka (lebih banyak daripada pemain biliar profesional lainnya di seluruh dunia), dan kejuaraan WPA World Nine- Ball. Strickland adalah satu-satunya WPA World Nine-ball Champion yang pernah memenangkan event tersebut dalam beberapa tahun berturut-turut. Dia juga merupakan pemain yang selalu hadir untuk tim Amerika dalam turnamen Piala Mosconi tahunan, dari pelantikannya pada tahun 1994, sampai 2009.

Mika Immonen

pemain biliar paling jago
Mika Immonen (lahir 17 Desember 1972) adalah seorang pemain biliar profesional asal Finlandia, yang dijuluki "Manusia Es".

Dia memenangkan WPA World Nine-ball Championship di Cardiff, Wales pada tahun 2001. Pada tahun yang sama, dia adalah runner-up untuk Corey Deuel di Kejuaraan Nine-ball AS Terbuka. Pada tahun 2002 ia memenangkan UPA International Ten-ball Championship. Dia telah mewakili Tim Eropa pada tiga belas kesempatan di Piala Mosconi, baru-baru ini di tahun 2013. Pada awal 2009, Mika dianugerahi gelar Pemain Terbaik Tahun Ini. Selanjutnya, ia juga mengklaim gelar tersebut untuk season 2009 dan dianugerahi awal 2010.

Mika lahir di London, Inggris, dan juga pemain snooker yang sangat hebat. Mika adalah dua kali pemegang gelar US Open Nine-ball Championship di Divisi laki-laki di mana pemain biliar profesional top dunia berkompetisi di Chesapeake, Virginia. Pada tahun 2009 Mika memenangkan 14 pertandingan langsung, diakhiri dengan kemenangan 13-10 atas Ralf Souquet di final. Pada tanggal 26 Oktober 2008, Mika meraih kemenangan 13-7 dan mengantongi hadiah pertama sebesar US $ 40.000 melawan runner-up Filipina Ronato Alcano, yang settled untuk $ 20.000.

Immonen hampir memenangkan gelar juara dunia keduanya di 2009 World Straight Pool Championship, namun dikalahkan di final oleh Stephan Cohen dari Perancis. Juga pada tahun 2009, Immonen mengalahkan Darren Appleton untuk memenangkan International Challenge of Champions. Pada akhir November 2009, Mika akhirnya memenangkan gelar juara keduanya di Manila di kejuaraan WPA World Ten-ball Championships. Dia mendominasikan harapan Filipina Lee Van Corteza di final 11-6. Pada bulan September 2016, di Astoria (New York), ia memenangkan untuk pertama kalinya gelar Turnamen Dunia 14.1, mengalahkan di final Earl Strickland 300-270.

Dennis Orcollo

top pemain biliar pria profesional
Dennis Orcollo (lahir 28 Januari 1979), kadang-kadang disebut Dennis Orcullo, adalah pemain biliar profesional asal Filipina, yang dijuluki "Surigao" (sebuah provinsi di Filipina) dan "RoboCop". Dia disebut "the Philippines 'Money-game King".

Orcollo adalah anak kedua dari empat bersaudara. Ayahnya terbunuh dalam kecelakaan berperahu yang disebabkan oleh angin ribut saat dia masih muda. Dia mulai berlatih biliar pada usia 8 tahun melalui meja kakeknya. Karena masalah keuangan, ia tidak melanjutkan sekolahnya dan fokus pada olahraga. Orcollo mulai berkompetisi di luar Filipina pada tahun 2002. Tahun itu, ia berkompetisi di Kejuaraan WPA World Nine-ball dimana ia berada di urutan ke-17.

Pada tahun 2006, Orcollo memulai kampanyenya di A.S . Di sana, ia memenangkan sejumlah turnamen, termasuk Reno Open, Hard Times Nine-ball Tournament dan dua acara meja bar. Karena rekan senegaranya telah memasuki acara yang kurang bergengsi di Asia, Orcollo adalah satu-satunya pemain dari Filipina untuk bersaing di World Straight Pool Championship. Juga di tahun 2006, Orcollo memenangkan edisi terakhir turnamen World Pool League melawan Niels Feijen.

Pada tahun 2007, Orcollo mencapai final Kejuaraan Bola Delapan Dunia WPA, hanya dikalahkan oleh rekan senegaranya Ronato Alcano. Dia kembali mencapai final pada event yang sama di tahun 2011 namun untuk menang, kali ini melawan Niels Feijen. Pada tahun 2016, Orcollo mengalahkan Shane Van Boening, 200-121 untuk memenangkan U.S. Open Straight Pool Championship, sebuah turnamen yang belum pernah diadakan sebelumnya selama enam belas tahun.

Darren Appleton

juara dunia pemain biliar
Darren "Dynamite" Appleton (lahir 8 Februari 1976) adalah pemain biliar asal Inggris. Dia memenangkan Kejuaraan WPA World Ten-ball pertama di tahun 2008 melawan Wu Jia-qing, mantan juara dunia di bola sembilan dan bola delapan dari Taiwan. Dengan kemenangan tersebut, ia menjadi pemain pria kedua dari Inggris yang memenangkan kejuaraan dunia setelah Daryl Peach yang memenangi gelar bola sembilan dunia setahun sebelumnya.

Appleton, yang mulai bermain biliar pada usia 12, dulunya adalah peringkat dunia no. 1 pemain biliar bola delapan British-style. Dia dua kali menjadi runner-up di Kejuaraan Dunia Bola Delapan WEPF. Pada tahun 2006, ia mengikuti kompetisi International Pool Tour's standardised eight-ball. Tahun itu, ia juga memenangkan Straight Pool Challenge di Derby City Classic.

Pada tanggal 5 Oktober 2008, Appleton mengklaim kemenangannya yang mengejutkan di Kejuaraan WPA World Ten-ball perdana atas Wu Jia-qing, 13-11, memenangkan hadiah utama sebesar US $ 100.000: "Saya telah menunggu 16 tahun untuk ini dan harus menikmati moemen ini. Saya mengalami perasaan campur aduk dan saya melihat kembali kekecewaan saya di masa lalu.Saya menempati peringkat pertama (awal dekade ini) di dunia ini tapi saya belum pernah memenangkan kejuaraan dunia ... Itu adalah mimpi yang menjadi kenyataan bagi saya. Dan saya senang bisa memenangkan gelar di sini di Filipina.

Alex Pagulayan

juara biliar dunia internasional
Alejandro "Alex" Salvador Pagulayan (lahir 25 Juni 1976) adalah pemain biliar profesional berwarga negara Filipin-Kanada  dan pemain snooker. Julukannya adalah "the Lion" dan "the Killer Pixie". Julukan terakhir ini diberikan oleh Cliff "the Grinder" Thorburn, mantan juara Snooker Dunia dan Kanada. Alex memiliki julukan ketiga "julukan" Mungo (hidangan favorit Filipina) yang diberikan kepadanya oleh Rick McCallum, mantan instruktur Pocket Billiard Wayne State University. Alex lahir di Cabagan, Isabela, Filipina dan dibesarkan di Toronto, Ontario, Kanada. Pada tahun 2004, Pagulayan kembali ke Filipina, dan merupakan warga ganda Kanada dan Filipina.

Alex Pagulayan pernah menjadi juara dunia 9 Ball World Pool Championship 1 kali pada tahun 2004. Setahun sebelumnya (2003) ia pun melaju sampai ke babak final, namun berakhir sebagai Runner up. Dia dikenal dengan sikap santai saat kompetisi, dan merupakan favorit penonton, sangat disukai karena interaksi humorisnya dengan penonton. Kesannya terhadap pemain biliar lainnya sangat menghibur.

Orang tua Pagulayan beremigrasi ke Kanada saat ia berusia 13 tahun. Ayahnya mengelola aula biliar, jadi Pagulayan diperkenalkan pada permainan ini pada usia dini. Meskipun dia juga tertarik pada olahraga lain, dia pikir fisiknya mungkin tidak sesuai untuk mereka. Dia mengatakan, "Saya suka banyak olahraga, tapi dengan olah raga biliar, Anda tidak harus tangguh secara fisik." Tempat latihan utamanya adalah aula biliar di Loma

No comments:

Post a Comment