Rudal Korea Utara Melintasi Wilayah Udara Jepang

Pekan ini, Korea Utara meluncurkan sebuah rudal yang dirancang untuk membawa apa yang telah digambarkannya sebagai "hulu ledak nuklir besar berukuran besar" di atas Jepang. Setelah peluncuran tersebut, Korea Utara menjelaskan bahwa ia berniat untuk melakukan percobaan selanjutnya. Kim Jong Un meminta "latihan peluncur roket yang lebih balistik dengan Pasifik sebagai target," menurut sebuah kutipan dari media negara Korea Utara. Itu adalah yang pertama yang penting, dan mewakili uji coba rudal balistik tunggal Korea Utara yang paling provokatif sejak mulai menguji Scuds generasi pertama-nya pada tahun 1980an.

rudal korea utara melintasi jepang



Bagi pengamat program rudal balistik Korea Utara, serentetan uji coba sistem rudal jarak jauh selama 30 bulan terakhir tidak mengherankan. Jika ada kejutan, ini adalah tingkat di mana Pyongyang telah melintasi berbagai tonggak teknis. Selama beberapa bulan, Korea Utara telah menunjukkan rudal berkinerja tinggi baru yang pada akhirnya akan membentuk inti dari kekuatan nuklirnya yang sedang berkembang - polis asuransi utama Kim Jong Un melawan nasib Saddam Hussein dan Muammar Qaddafi.

Setiap tes rudal balistik Korea Utara bersifat provokatif dan ilegal. Melintas di atas teritori negara lain (overflight) sudah pasti merupakan kedua-duanya, tapi untuk Korea Utara, ini lebih dari sekadar provokasi teatrikal. Overflight yang dilakukan baru-baru ini pada Jepang bukanlah yang pertama oleh Korea Utara: Pada tahun 1998, 2009, 2012, dan 2016, Korea Utara melakukannya dengan proyektil. Tidak ada yang dirancang sebagai sistem pengiriman nuklir strategis; semuanya merupakan kendaraan peluncuran satelit, yang dirancang untuk mengirimkan muatan ke orbit bumi rendah dan tidak masuk kembali ke atmosfer.

Beberapa analis telah lama khawatir bahwa teknologi yang mendasari kendaraan ini pada akhirnya akan membentuk basis ICBM, namun desain besar dan teknologi yang dipamerkan Pyongyang memiliki kekurangan besar. Tidak satu pun dari desain tersebut yang memungkinkan jenis mobilitas yang dimiliki oleh sistem KN17 dan KN20 dari Korea Utara yang jauh lebih kecil (Tanpa mobilitas, rudal akan rentan dalam fixed launch sites selama masa perang - sebuah undangan untuk preemption oleh Amerika Serikat.)

Meskipun demikian, peluncuran pertama pada tahun 1998 dianggap sebagai provokasi yang luar biasa, yang memberi Jepang sekilas fakta bahwa rudal rudal Korea Utara telah overflight. Peluncuran tersebut memicu ketertarikan Jepang terhadap pertahanan rudal balistik, mendorong investasi pencegat berbasis laut seperti pencegat rudal Standard Missile-3 Aegis dan sistem Patriot Advanced Capability-3 sebagai perlindungan di masa depan. (Hanya yang pertama yang memiliki kemampuan untuk mencegat rudal seperti yang dilakukan Korea Utara di atas Jepang, namun hanya dalam kondisi tertentu.)

Sampai minggu ini, masa depan Jepang yang diduga mengerikan itu telah bergabung dengan masa kini yang memanas. Bahkan saat Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang terlihat cemas terhadap peluncuran Korea Utara pada hari Selasa pagi, dia mengatakan bahwa negaranya akan mengambil "semua tindakan yang mungkin dilakukan" untuk menjamin keamanan rakyatnya, dia sendiri pasti tahu apa yang bisa terjadi kedepannya di Jepang.

Awal tahun ini, Jepang memulai latihan evakuasi serangan balistik-rudal untuk warganya yang tinggal di dekat wilayah sasaran Korea Utara. Pemerintah Jepang juga mencari dana yang diperuntukkan dalam permintaan anggaran 2018 untuk sistem pertahanan rudal balistik baru. Tokyo juga ingin memperoleh Terminal High Altitude Area Defense system - sistem pertahanan yang telah menjadi pusat kontroversi domestik dan internasional di Korea Selatan - meskipun hal ini banyak memakan biaya. Akhirnya, ancaman Korea Utara yang tak terhindarkan ke Jepang mungkin akan mempercepat rencana pada Partai Demokrat Liberal, sayap kanan Abe untuk merevisi konstitusi pasifis negara tersebut, yang mengizinkan Tokyo untuk secara formal menggunakan precision-strike weapons terhadap Korea Utara.

Korea Utara mengatakan penembakan rudalnya melintasi wilayah udara Jepang adalah "langkah pertama" operasi militer di Pasifik, menandakan rencana peluncuran lebih banyak lagi.

Rudal yang diluncurkan pada hari Selasa melintasi pulau Hokkaido utara Jepang, memicu peringatan publik untuk berlindung, sebelum mendarat di laut. Dewan Keamanan PBB telah dengan suara keras mengecam Korea Utara atas tindakannya. Pertemuan Selasa malam di New York, dewan tersebut menyebut peluncuran tersebut "keterlaluan", menuntut Korea Utara menghentikan semua pengujian rudal. Meskipun pernyataan tersebut mengatakan bahwa tindakan rezim tersebut merupakan ancaman bagi semua negara anggota PBB, tapi mereka tidak mengeluarkan tindakan dan sanksi baru terhadap Pyongyang.

Rusia dan China mengatakan bahwa aktivitas militer AS di kawasan tersebut merupakan penyebab meningkatnya ketegangan. Setelah tiba dalam berkunjungnya di Jepang, Perdana Menteri Inggris Theresa May pada hari Rabu meminta China untuk memberi tekanan lebih besar pada Korea Utara, dengan mengatakan bahwa Beijing sebenarnya memiliki peran kunci dalam respon internasional terhadap "provokasi ceroboh" Pyongyang.

No comments:

Post a Comment