Saturday, May 24, 2008

Cara Mengetahui Kartu Kredit Palsu - Arti Nomor Kode Credit Card

validasi kartu kredit
Jika anda perhatikan pada kartu kredit anda, disana terdapat 16 nomor digit yang berada di depan kartu, tapi taukah anda kalau angka angka tersebut tidak dibuat secara asal. Tiap susunan dan angka angka tersebut memiliki artinya tersendiri seperti siapa yang menerbitkannya, tipe akun, dsb. Jika dibandingkan dengan strip magnetik yg terdapat di belakang kartu, informasi ini tidak terlalu banyak, namun tetap masih berguna.

Bentuk font nomor kartu kredit tidak ditemukan di berbagai aplikasi Windows seperti MS Office (Calibri, Times, Arial, Franklin Gothic, Agency, dsb) - setidaknya untuk saat ini. Ini bertujuan agar kartu kredit tidak mudah ditiru sehingga dipersalahgunakan.

Berikut adalah cara untuk mengartikan kode nomor pada kartu kredit:

Angka pertama pada nomor kartu kredit menunjukkan jenis sistem yang digunakan:

     3 - kartu travel/entertainment (seperti American Express dan Diners Club)
     4 - Visa
     5 - MasterCard
     6 - Discover Card

rahasia arti kode nomor kartu kredit
Struktur nomor kartu bervariasi oleh sistem. Sebagai contoh, nomor kartu American Express mulai dengan angka 37, sedangkan Carte Blanche dan Diners Club diawali dengan 38. Mastercard selalu diawali dengan angka 5, dan angka kedua selalu antara 1 sampai 5. Ini mengapa situs tertentu tidak menanyakan kartu jenis apakah yang anda miliki karena dengan nomor yang anda masukkan saja mereka sudah bisa mengetahuinya.

American Express - Digit ketiga dan keempat adalah jenis dan mata uang, angka kelima sampai 11 adalah nomor rekening, angka 12 sampai 14 adalah nomor kartu dalam account dan angka 15 adalah check digit. (American Express hanya memiliki 15 digit nomor kartu saja).

Visa - Digit kedua sampai keenam adalah nomor bank, angka ketujuh sampai 12 atau tujuh hingga 15 adalah nomor rekening dan angka ke13 atau 16 adalah check digit.

MasterCard - Digit kedua dan ketiga, dua sampai empat, dua sampai lima atau dua sampai enam adalah nomor Bank (tergantung apakah digit kedua adalah angka 1, 2, 3 atau lainnya). Angka setelah nomor bank sampai digit ke 15 adalah nomor rekening, dan angka ke16 adalah cek digit.

Satu digit terakhir pada nomor kartu kredit merupakan check digit, yang berfungsi untuk validasi pengecekan nomor kartu kredit tersebut. Digit tunggal Ini adalah salah satu yang paling penting pada kartu. Sama seperti angka terakhir pada barcode, tujuan nomor ini adalah untuk memungkinkan validasi dari sisa nomor nomor pada kartu tersebut. Dengan kata lain, ada hubungan matematis antara angka-angka pada kartu kredit, sehingga jika nomor yang dimasukkan salah, sistem kartu validator dapat menditek bahwa nomor kartu yang anda masukkan itu salah.

Sebenarnya Anda juga dapat memvalidasi nomor kartu Anda sendiri. Berikut caranya:

cara mengecek kartu kredit asli atau palsu

No comments:

Post a Comment