5 Detonasi Percobaan Nuklir Yang Berakhir Menjadi Bencana



00:00
Meskipun merupakan senjata paling berbahaya yang pernah dibuat manusia, senjata nuklir masih tidak ditakuti oleh beberapa orang. Berikut ini lima detonasi nuklir yang meleset dari yang direncanakan.

00:09
Nomor lima: Starfish Prime. Starfish Prime adalah tes nuklir di ketinggian yang tinggi yang dilakukan oleh Amerika Serikat pada malam bulan Juli 1962. Roket Thor yang membawa hulu ledak W 49 termonuklir diluncurkan dari pulau Johnson di Samudra Pasifik. Sembilan detik setelah pukul 11pm waktu Honolulu, percobaan Starfish Prime ini berhasil diledakkan di ketinggian 400 kilometer. Ini menyebabkan pulse elektromagnetik yang jauh lebih besar dari perkiraan. Sakin besarnya, hal itu mengakibatkan kerusakan pada sebagian besar instrumentasi. Pulse tersebut menyebabkan kerusakan listrik di Hawaii sekitar 1.445 kilometer dari peledakan, merobohkan sekitar 300 lampu jalan, menyalakan banyak alarm yang disetting di sana dan merusak hubungan telepon perusahaan microwave. Kerusakan pada penghubung microwave mematikan penggilan telepon dari Kepulauan Hawaii. Cahaya ledakan yang diciptakan oleh ledakan itu bisa dilihat dari jarak 1.500 kilometer.

01:05
Ini adalah foto ledakan yang dilihat melalui awan dari Honolulu, Hawaii. Diperkirakan ledakan tersebut menghasilkan setara dengan 1,4 megaton TNT. Di sini Anda bisa melihat rekamannya.

01:31
Nomor empat: Berdiri di bawah ledakan nuklir. Pada tanggal 19 Juli 1957, enam pria termasuk juru kamera berdiri di Ground Zero dari sebuah uji coba nuklir di Nevada Test Site. Ledakan itu terjadi lebih dari 3.000 meter di atas tanah dan setara dengan 2 kiloton TNT. 5 relawan dan juru kamera yang tidak termasuk dari anggota sukarelawan berdiri di bawah ledakan tanpa peralatan pengaman. Meski juru kamera meminta alat perlindungan, tapi tidak mendapatkannya. Tujuan tes ini adalah untuk menunjukkan kepada warga AS bahwa mereka tidak perlu takut dengan nuklir. Bom tersebut akhirnya meledak, menciptakan cahaya terang dan gelombang suara yang kuat yang membuat enam pria ketakutan.

02:08
Semuanya terlihat baik-baik saja sampai mereka semua terkena kanker. Padahal kebanyakan dari mereka menjalani hidup sampai usia 80an. Ini agak mengecewakan karena tidak satupun dari mereka mendapat kekuatan super dan berubah menjadi Hulks.

02:22
Kami merasakan pulse yang panas, cahaya yang sangat terang, bola api yang berwarna merah. Langit tampak hitam di atasnya. Semuanya mendidih di atas kita. Dan terasa seperti segalanya kehilangan warna ... Ada gelombang tanah. dan melalui orang-orang. bukitpun bergetar ...

02:37
Nomor 3: Danau Chagan. Pada tahun 1965 Soviet memiliki ide brilian untuk membuat danau dengan menggunakan nuke. Uji coba nuklir yang terjadi di lokasi uji coba Semipalatinsk di Kazakhstan Chagan menghasilkan setara dengan 140 kiloton TNT dan sengaja diledakkan untuk menciptakan kawah berbentuk kerucut yang cocok untuk sebuah danau. Danau yang dihasilkan memiliki diameter 408 meter dan kedalaman 100 meter. Setelah itu Soviet menggali kanal antara sungai dan kawah dan membiarkan gravitasi melakukan fungsinya. Sayangnya mereka lupa hal mendasar: radiasi. Sebenarnya bahkan saat ini, Danau Chagan masih radioaktif. Saya menduga bahwa di situlah mereka mendapatkan ikan mereka untuk film sci-fi.

03:26
Nomor 2: Storax Sedan. Sedan adalah tes nuklir bawah tanah yang dangkal yang dilakukan di lokasi uji Nevada pada tanggal 16 Juli 1962 bagian dari Operasi Ploughhare. Ini adalah sebuah program untuk menyelidiki penggunaan senjata nuklir untuk pertambangan, kawah dan keperluan sipil lainnya. Alat peledak itu diturunkan ke dalam poros yang dibor ke padang gurun sepanjang 194 meter. Ledakan fusi-fisi memiliki hasil setara dengan 104 kiloton TNT dan mengangkat kubah bumi 90 meter di atas lantai gurun. Ledakan tersebut mengungsikan lebih dari 11 juta ton tanah. Ledakan sedan tersebut menghasilkan awan radioaktif yang sangat besar yang terpisahkan menjadi dua plum, mengapung 3 kilometer dan 4,9 kilometer. Awan terbang sejauh 1.000 kilometer jauhnya menyebarkan debu radioaktif di Iowa Nebraska Illinois dan South Dakota.

04:21
Ledakan satu ini menyumbang tujuh persen dari keseluruhan debu radioaktif berbahaya nuklir yang pernah melanda Amerika Serikat. Kawah Sedan adalah kawah buatan manusia terbesar di Amerika Serikat dan terdaftar di National Register of Historic Places.

04:51
Nomor 1: Nuklir yang hampir meledak di atas North Carolina. Pada tahun 1961, sebuah pesawat B-52 Bomber terbang dan jatuh di atas North Carolina sambil membawa dua nuklir dengan kekuatan 3 sampai 4 megaton, masing-masing 260 kali lebih kuat dari yang dijatuhkan di Hiroshima. Pilot melemparkan kedua bom tersebut sebelum menabrak tanah pertanian, meskipun salah satu nuklir itu dipersenjatai. Ketika bom tersebut dijatuhkan, tiga dari empat arming mekanisme telah aktif menyebabkannya melakukan banyak langkah yang diperlukan untuk arming bom tersebut seperti mengisi kapasitor penembakan dan dengan untungnya membuka parasut berdiameter 104 yang memungkinkan bom menabrak tanah dengan sedikit kerusakan. Di sini Anda bisa melihat salah satu senjata nuklir di Goldsbrough, yang sebagian besar utuh dengan parasutnya masih menempel. Bom tersebut cukup besar untuk memiliki 100% killzone 23 kilometer.

No comments:

Post a Comment