Batu Biduri Delima /Garnet (Batu Kelahiran Januari).

Batu Biduri Delima (Garnet)
Semua batu biduri delima (garnet) mengandung campuran keizelzuur, sedangkan komposisi batu biduri delima sama sulitnya dengan batu tourmaline. Batu garnet mempunyai nilai keras 6-7.5 berdasarkan daftar keras Mohs. Batu garnet relatif keras dan sangat reflektif, meskipun beberapa varietas garnet lebih rapuh dibandingkan dengan yang lainnya.

Pada umumnya batu garnet sangat mengkilau warnanya dan tembus cahaya. Hampir semua batu garnet mempunyai warna yang dalam dan bermacam-macam warnanya kecuali biru (langka). Di Indonesia batu garnet ini diberi nama bermacam-macam seperti manilam anggur, biduri delima, biduri anggur, dan mirah anggur. Biasanya warna batu garnet yang paling disukai adalah warna merah gelap dan kadang-kadang hitam, batu macam itu dinamakan pyrope.

Pembentukan

Pembentukan garnet selalu terjadi dalam batuan metamorf. Batu metamorf merupakan batuan yg terbentuk dari lava atau batuan sedimen, yang telah metamorphosized atau berubah karena suatu kekuatan alam. Kekuatan yang paling umum adalah tekanan, panas atau kombinasi keduanya. Kondisi tertentu bisa membentuk garnet di dalam batu metamorf seiring berubahnya batuan tersebut. Sebagai hasilnya, batu ini umumnya ditemukan di batu seperti gneiss dan sekis. Semua garnet mengkristal dalam sistem kristal isometrik (berarti bahwa kesetaraan dalam dimensi, seperti kubus, segi delapan atau dedocahedron).

batu garnet biduri delima
Banyak orang termasuk para ahli sering keliru melihat garnet sebagai batu ruby karena mereka sangat mirip padahal kedua batu tersebut merupakan dua jenis batu yang berbeda. Warna garnet bermacam-macam termasuk merah, ungu, coklat, hijau, biru, oranye, kuning, tidak berwarna, dan bahkan hitam.

Semua garnet adalah variasi pada silika. Magnesium, besi, kalsium, kromium dan aluminium terdapat pada berbagai komposisi kimia dalam kelompok garnet. Batu ini dapat ditemukan di Skotlandia, Swiss, Tanzania, Argentina, Australia, Brazil, Afrika Selatan, Myanmar (Burma) dan Amerika Serikat (Arizona). 

Formasi batuan yang metamorf atau batuan beku merupakan dimana garnet ini dapat membentuk dengan endapan aluvial yg menghasilkan batu mulia dengan kualitas yg tinggi sebagai sebuah aturan.

Mungkin karena warna batu garnet itu merah jadi batu ini sering dijadikan batu yang dipercayai mempunyai sifat-sifat ksatria dan keperkasaan. Seringkali dahulu para petarung menghiasi senjata-senjata mereka dengan batu garnet dan berharap batu tersebut bisa membawa mereka keberuntungan dan memenangkan medan perang. Batu ini pernah dijadikan sebagai peluru dengan maksud agar meningkatkan rasa sakit yang amat di dalam luka.

Kegunaan atau manfaat
Batu garnet dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain menenteramkan pikiran, meningkatkan kecerdasan, memperingatkan adanya ancaman bahaya (batu itu akan berubah warnanya), membangkitkan rasa adil dan jujur, menarik rasa simpati dari orang lain, tahan dalam menghadapi kesengsaraan dan mengusir hal-hal negative atau ilmu hitam.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan
Batu garnet dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk kelahiran bulan January (sama halnya dengan bunga anyelir atau bunga carnation) dan pemberian di hari peringatan anniversary perkawinan yang ke 2. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu garnet dihubungkan dengan zodiac Aquarius.


Jenis batu-batuan lainnya antara lain:
Batu Garnet (Batu Biduri Delima) Batu Amethyst (Batu Kecubung Kasihan) Batu Aquamarine (Batu Biru Laut) Batu Intan (Berlian) Batu Zamrud Batu Mutiara Batu Mirah (Ruby) Batu Peridot Batu Safir Batu Opal (Batu Kalimaya) Batu Topaz (Batu Ratna Cempaka) Batu Pirus (Turquoise) Batu Giok Batu Darah Batu Biduri Bulan (Moonstone) Batu Chrysoberyl Batu Yakut (Zircon) Batu Tourmaline Batu Amber (Barnsteen) Batu Spinel Batu Jenis lain-lainnya.

11 comments:

  1. makasih min, nama batunya jadi sandi buat ospek eheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. Bro gua baru beli garnet nah ada kaya gelembung kecil kecil banget nah gua takutnya itu palsu tapi pas gua bakar gaada perubahan warna atau lecet namun mengeluarkan minyak abis di lap langsung bersih lagi itu gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Test pertama...tempelkan batu tsb ke pipi...kalau terasa dingin ada kemungkinan ini batu alami (Cari batu pembanding, batu alam atau batu hias biasa akan terasa dingin bila ditempel ke pipi)

      Teteskan air pada batu tsb..cukup 1 tetes air...

      Jika air tsb langsung menyebar menutupi seluruh permukaan batu tsb...batu itu sudah pasti imitasi..jika menggumpal dan lama2 terserap..brarti batu itu alami..

      Test ke 3 klo masih penasaran...

      Goreskan batu itu ke kaca...jika kaca anda baret dan batu anda utuh... Batu itu alami..

      Tp jika batu anda rusak...dijamin batu anda imitasi..

      Selamat mencoba...

      Nb. Jgn membohongi hati...saat batu itu tidak terasa dingin atau dinginnya hanya sedikit dingin saat ditempel di pipi...batu itu adalah initasi..

      Delete
    2. Mungkin KW Super itu bro...

      Delete
  3. wah palsu batumu bro

    ReplyDelete
  4. kl mau beli bahannya dmn en brp gan

    ReplyDelete
  5. Terima kasih gan, informasi yang sangat bermanfaat.
    Dibalik corak fisiknya yang indah, batu kelahiran ternyata memiliki banyak manfaat.
    Dapatkan Batu Kelahiran dengan energi Istimewa >>> Batu Kelahiran

    ReplyDelete
  6. cukup bermanfaat . . kira2 harganya brapa ya

    ReplyDelete