Batu Opal / Kalimaya (Batu Kelahiran Oktober).

Batu Opal (Kalimaya)
Batu opal mempunyai nilai keras 5.5-6.5 berdasarkan daftar keras Mohs, mereka menempati di urutan ke delapan. Komposisinya pun agak sederhana yaitu kiezelzuur dan air dan bermacam-macam logam yang menyebabkan batu opal memantulkan beraneka ragam warna. Dari segala macam variasi warna, batu opal yang berwarna merah dan hitam adalah yang paling langka dan warna putih dan hijau adalah yang paling umum. Batu opal yang mempunyai dasar background hitam lebih berharga daripada yang putih. Tapi dari semua itu batu opal yang memantulkan beraneka ragam warna adalah yang paling tinggi nilainya. Karena salah satu komposisi dari batu opal itu adalah air (3-10% bahkan ada yang sampai 20%) maka hati-hati jangan biarkan batu ini menjadi terlalu kering karena akan mudah retak, juga jangan terbentur terlalu keras oleh karena itu. Batu opal juga merupakan batu nasional dari negara Australia. Batu opal juga banyak disukai oleh para raja dan bangsawan.

Permainan warna pada permata opal disebabkan oleh butiran-butiran halus silica yang tersusun sangat rapi dan berfungsi membelokkan cahaya serta memancarkannya, sehingga menyebabkan warna-warna pelangi bermunculan saat dilihat dari sudut berbeda.
Terdapat beberapa jenis opal yang dikenal masyarakat umum seperti:
Opal biasa (common opal): Opal yang tidak menunjukkan permainan warna sama sekali.
Opal putih (white opal): opal berwarna putih, abu-abu, putih susu, hanya memiliki sedikit permainan warna atau tidak ada sama sekali.
Opal hitam (black opal): opal berwarna agak gelap kehitaman atau kecokelatan dengan permainan warna, sehingga membuatnya lebih kontras.
Boulder opal: opal yang masih menempel pada batuan.
Matrix opal: opal yang masih menempel pada batuan sebagai garis atau bercak-bercak warna.
Fire opal: opal tembus pandang atau sedikit tembus pandang berwarna merah, oranye, kuning atau kecoklatan dengan sedikit permainan warna atau tidak ada sama sekali.

Kegunaan atau manfaat
Mungkin batu opal adalah salah satu batu yang dipercayai mempunyai pengaruh buruk dan pengaruh baik buat si pemakai, selain batu intan seperti The Hope atau Koh-i-noor. Kepercayaan yang berlawanan ini sering membuat orang bingung manakah yang benar. Salah satu kepercayaan sebagian orang yaitu batu opal tidak baik dan hanya menimbulkan nafsu birahi saja buat si pemilik, membuat pikiran kacau, menggoncangkan urat syaraf. Perempuan yang alim jika memakai batu ini dalam beberapa bulan bisa menjadi perempuan genit dan suka “nakal”. Orang Cina juga menganggap batu ini dapat merusak keharmonisan rumah tangga, dan memberi dampak buruk terhadap kesehatan.
Namun ada juga sebagian orang yang percaya bahwa memiliki batu opal ini dapat membahagiakan pemakai (umumnya bercahaya jika pemiliknya sedang bahagia dan tidak bersinar jika pemiliknya sedang murung), menyembuhkan penyakit mata, lemah zakar atau impotensi, dan meningkatkan daya ingatan. Opal berwarna hitam katanya tidak boleh sembarang orang memilikinya, jika tidak cocok maka batu opal itu akan membawa bencana dan jika cocok maka akan membawa kebahagiaan buat si pemiliknya.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan
Batu opal dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk batu kelahiran bulan October (sama halnya dengan bunga calendula) dan pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 14. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu opal dihubungkan dengan zodiac Libra dan Scorpio.


Jenis batu-batuan lainnya antara lain:
Batu Garnet (Batu Biduri Delima) Batu Amethyst (Batu Kecubung Kasihan) Batu Aquamarine (Batu Biru Laut) Batu Intan (Berlian) Batu Zamrud Batu Mutiara Batu Mirah (Ruby) Batu Peridot Batu Safir Batu Opal (Batu Kalimaya) Batu Topaz (Batu Ratna Cempaka) Batu Pirus (Turquoise) Batu Giok Batu Darah Batu Biduri Bulan (Moonstone) Batu Chrysoberyl Batu Yakut (Zircon) Batu Tourmaline Batu Amber (Barnsteen) Batu Spinel Batu Jenis lain-lainnya.

17 comments:

  1. Replies
    1. salam saudarakau semua semoga selalu dilimpahkan kepadamu kesehatan Jangan Lupa Kunjungi Koleksi Batu Cincin
      dan salam dahsyat untuk pecinta di seluruh batu nusantara segera kunjungi juga Batu Black Opal

      Delete
  2. agar warnanya lebih terlihat gimana caranya ya?

    ReplyDelete
  3. Di rendem sama air hujan, butuh waktu berapa lama ?

    ReplyDelete
  4. kalo kira2 d bawa k kamar mandi bleh gak ya maz???

    ReplyDelete
  5. kira2 klo d bawak ke kamar mandi bleh gak ya mas batu kalimaya nya?????

    ReplyDelete
  6. Bgaimana cara untuk menimbulkan kembangnya?

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  8. Btu kalimaya yg bgus daerah mana y?

    ReplyDelete
  9. Ingin tahu cara merawat batu akik ? dimari aja boss >>> CARA MERAWAT BATU AKIK

    ReplyDelete
  10. Saya juga punya batu kalimaya ,tapi asal nya bukan dari banten ,, tapi asal nya dari gunung raja pesisir,,,saya penasaran cara merawat nya ,, kata nya di remdam sama air hujan ,, berapa lama harus di remdam ?

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  12. Aku jaga black opal aku mudah sahaja caranya setiap semingu aku jemur bawah matahari selama sejam kemudian tiap2 pagi aku sapu dengan minyak epel jin hasilnya sangat memuaskan hati aku

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete