Thursday, February 14, 2008

Penyanyi Musik Tur Konser Dengan Penonton Terbanyak

Begitu banyak para penyanyi berbakat di dunia yang mampu menarik begitu banyak penggemar dan fans yang datang ke konser mereka. Berikut sejumlah tour musik konser yang memiliki paling banyak penonton dari konser-konser besar lainnya;

Tina Turner

konser panggung penyanyi terbanyak
Dari April 1996 sampai Agustus 1997, Tina Turner mengadakan tur musik yang diberi nama The Wildest Dreams Tour. Kehadiran Tina Turner di atas panggung telah terbukti membuat orang banyak terkagum-kagum pada dirinya. Tiap konser yang diluncurkan tiketnya habis terjual dengan cepat ke banyak orang dari berbagai negara seperti USA, dan ke berbagai tempat di Eropa seperti Perancis, Belgia, Jerman, Swedia, Norwegia, Inggris, dan banyak lagi. Ribuan penggemar berdatangan untuk mendengarkan dan menonton konser menarik dari Tina Turner. Selama delapan bulan tur lamanya, terdapat lebih dari 250 pertunjukkan dimana 152 dari itu diadakan di Eropa. Dengan pertunjukkan-pertunjukkan ini, Turner mampu menarik $ 130 juta dan dapat bernyanyi dan menari untuk sekitar 3.000.000 orang.

Pada Juni 2002 sampai April 2005, Cher mengadakan musik tur yang spektakuler yang diberi nama The Farewell Tour, tapi sayangnya tur tersebut adalah tur terakhirnya. Sampai saat ini The Farewell Tour telah menjadi tur yang paling sukses yang pernah dimilikinya. Dalam tur ini, Cher tampil di 350 pertunjukkan dan sakin suksesnya konser-konser tersebut, tur ini juga merupakan salah satu tur yang paling sukses di dunia, mampu menarik penonton sebanyak 3,200,000 orang dan menghasilkan sebanyak $250 juta.

Dalam perjalanan turnya, bencana tsunami Asia yang mematikan terjadi. Walaupun Cher mengadakan konser di Sacramento, California dan jauh dari kejadian tersebut tetapi penyanyi Amerika ini memutuskan untuk menyumbang sebagian keuntungan dari hasil turnya kepada korban korban bencana tsunami tersebut.

Madonna

konser penyanyi ratu musik madonna
Tidak asing lagi jika mendengar nama Madonna, wanita seksi penyanyi asal Amerika ini adalah salah satu wanita yang paling populer di berbagai negara termasuk Indonesia tentunya. Untuk mempromosikan albumnya yang ke 11, pada bulan Agustus 2008 – September 2009, Madonna mengadakan tur ke berbagai negara termasuk Polandia, Denmark, Swiss, Chili, dan berbagai lokasi lainnya. Tur ini diberi nama The Sticky & Sweet Tour dan terbukti sangat sukses karena dapat mendatangkan penonton sebanyak 3,500,000 orang dan menghasilkan 408 juta dolar. Tur ini sebenarnya juga dijadwalkan untuk mencakupi Australia, tapi dikarenakan masalah keuangan hal tersebut tidak dapat dilaksanakan.

Selama pertunjukkan, Madonna memutuskan untuk mengubah beberapa bagian dari konser nya dalam rangka untuk memperingati kematian sang legenda raja POP Michael Jackson. Dalam pembuatan tur Sticky & Sweet ini juga memakan 2 korban yang meninggal akibat tertimpanya runtuhan atap pada konsernya.

Michael Jackson

konser musik dengan penonton terbanyak
Siapa yang tidak kenal yang satu ini? Dijuluki dengan nama Raja POP, Michael Jackson mampu menarik penonton sebanyak 4,400,000 orang dari berbagai belahan dunia pada tur pertamanya (yang diberi nama The World Bad Tour) sebagai penyanyi solo. Tidak lama setelah itu, sang megasuperstar ini kembali memecahkan rekornya sendiri dengan menarik sebanyak 4,500,000 penonton pada tur berikutnya yang diberi nama HIStory Tour di tahun 1996. HIStory Tour ini mampu menghasilkan sebanyak 165 juta dolar sedangkan tur sebelumnya hanya 125 juta dolar.

Setelah meraih kesuksesan yang besar pada HIStory Tour nya, Michael Jackson merencanakan tur berikutnya yang diberi nama This Is It dan dijadwalkan untuk tahun 2009 tapi sayangnya hal ini tidak dapat terjadi dikarenakan kematian sang mega superstar yang mendadak.

U2

panggung konser musik paling ramai
Vertigo Tour yang diluncurkan oleh band terkenal asal Irlandia,U2 termasuk dalam daftar Top Three musik tur yang memiliki penonton terbanyak karena dapat menarik penggemar sebanyak 4,619,021 orang dari berbagai negara termasuk Norwegia, Belanda, Portugal, Kanada, dll. Dari semua 131 pertunjukkan, 110 terjual habis dengan cepat dan total pendapatan keseluruhan dari tur ini adalah $389 juta. Vertigo Tour berlangsung dari 28 Maret 2005 sampai dengan tanggal 9 Desember 2006 dan penggemar disini tidak hanya bisa menonton U2, tapi mereka juga mendapat kesempatan untuk menikmati Pearl Jam, Interpol, Snow Patrol, dan banyak band lainnya.

Bagian yang paling mengesankan dari tur ini mungkin adalah tirai LED yang besar yang menutupi panggung. Dengan berbagai warna, tirai ini sering menampilkan gambar abstrak dan kadang-kadang bahkan teks. Tirai ini dibuat dengan 189 rangkaian bola LED. Tur U2 sebelumnya dengan nama 360° Tour (yg memiliki penonton sebanyak 3.071.290 dan penghasilan sebesar $ 750 juta) dan PopMart Tour (yg memiliki lebih dari 3,9 juta penonton dan penghasilan total sebesar $ 171 juta) juga merupakan salah satu konser konser tur yang memiliki jumlah penonton tertinggi.

The Rolling Stones

konser panggung musik paling laku menguntungkan
Jika dilihat dari jumlah penonton, dari sekian banyak konser tur yang ada mungkin The Bigger Bang Tour yang dibuat oleh band terkenal The Rolling Stones adalah tur yang paling sukses karena dapat menarik penonton sebanyak 4,680,000 orang dari 147 pertunjukkan. Sampai hari ini tur ini bukan hanya tur yang memiliki jumlah penonton terbanyak tapi juga merupakan tur yang menghasilkan paling banyak uang, yaitu sebanyak 558 juta dolar.

Seperti banyak konser Rolling Stones sebelumnya, ada banyak band lain yang bisa dinikmati oleh penonton seperti Motley Crue, Metallica, Nickleback, John Mayer dan banyak lagi.

No comments:

Post a Comment