Cara membuat kategori pada blog

Jika kita bisa membuat kategori pada email, di blog pun bisa. Jadi waktu pertama kali anda membuat akun blogger biasanya setiap postingan yang anda buat pasti akan dimasukkan ke archive sesuai dengan bulan dan tahun ketika anda post. Jadi jika anda hendak mencari postingan apa saja yang anda post di bulan tertentu anda tinggal klik bulan tersebut dan segala postingan yang ada di bulan tersebut akan dibeberkan. Nah bagaimana jika anda ingin mencari semua postingan berdasarkan topik tertentu, jelas ini juga bisa dilakukan di blogspot. Caranya amat mudah;

1. Silahkan anda lakukan postingan artikel seperti biasa di blogger.com dengan memilih menu "New Post".
2. Setelah itu perhatikan bagian bawah kotak isian artikel, dimana anda akan menemukan sebuah kotak kecil yang bertuliskan "Labels for this post:", nah.. kotak tersebut dapat anda gunakan untuk mengkategorikan artikel yang dibuat dengan menyisipkan kata kunci pada kotak Label tersebut semisal "Komputer", dan setelah itu klik tombol "PUBLISH POST".

Dengan langkah diatas maka anda telah berhasil mengkategorikan artikel yang anda posting berdasarkan kata kunci komputer, dan anda bisa melakukan kembali hal yang sama untuk artikel lainnya.

Setelah kategori anda buat, maka untuk memunculkan menu kategori tersebut di bagian halaman blog dapat dilakukan dengan cara sbb :

1. Anda coba untuk masuk ke halaman "Layout".
2. Setelah itu klik link yang bertuliskan "Add a Gadget".
3. Kemudian kliklah tanda plus (+) pada gadget yang bertuliskan "Labels".

Dengan langkah diatas maka menu "Labels" akan aktif dan akan menampilkan kata kunci yang telah anda sisipkan pada halaman postingan, dan apabila anda mengklik kata kunci pada menu "Labels" tersebut maka seluruh artikel berdasarkan label kata kunci tersebut akan muncul.


1 comment: