Cara membuat Read More di Blogspot

Tertarik dengan cara membuat “Read More” di Blogger? suatu fasilitas yang memotong konten post anda di posisi dimana yang diinginkan dan terdapat link “Read More” (Baca selengkapnya) dan jika link tersebut di klik maka full konten atau postingan selengkapnya akan ditampilkan.

Sekarang Blogger sudah mendukung fasilitas Read More tersebut. Kabar bagusnya anda tidak usah lagi repot repot meng-copy paste kode-kode HTML ke dalam template anda yang memusingkan itu. Semenjak hari ulang tahunnya Blogger yang ke 10 Blogger telah mengeluarkan tombol baru yaitu tombol “Insert Jump Break”.
Tombol ini gunanya untuk memotong konten anda, potongan postingan yang diatas akan dimunculkan di halaman utama dan jika pembaca tertarik untuk membaca seluruh konten postingan anda, disana terdapat link “Read More” (Baca Selengkapnya) dan jika di klik maka akan menuju ke halaman full postingan tersebut.

Caranya gampang, pertama anda harus update ke new post editor anda dulu, yaitu:
  • Di dashboard anda klik Setting dan anda akan menuju ke halaman Basic Settings page.
  • Scroll kebawah sampai pada pilihan Select post editor dan pilih “Updated editor” sesudah itu klik SAVE SETTING.
  • Cara mengaktifkan new post editor
Setelah di update maka post editor anda pun berubah menjadi yang terbaru dan disana ada tombol Insert Jump Break di paling kanan toolbar.

Tombol Insert Jump Break di new post editorJika tombol itu di klik maka akan keluar garis pemisah (jump break) sebagai tanda dimana konten anda yang dipotong. Garis pemisah atau jump break tersebut bisa ditarik (drag and drop) jika kurang tepat posisinya. Untuk membuat jump break juga bisa dengan cara manual yaitu pada halaman Edit HTML anda letakkan kode berikut: <!-- more -->

Cara membuat Read More di BlogspotAnda bisa memotong post terbaru anda sebagai percobaan, setelah di publish lihatlah di halaman utama anda, postingan anda akan terpotong dan disana muncul link “Read more”. Anda bisa mengubah tulisan “read more” nya dengan cara klik Layout dari dashboard anda kemudian klik Edit pada kolom Blog post widget.

Cara merubah tulisan Read More di BlogspotKotak pop-up akan muncul dan anda bisa mengubah dan meletakkan dengan kata-kata apa yang anda inginkan pada “Post page link text” (isian di barisan kedua).

Jika anda tidak menggunakan template asli dari Blogger, tulisan “Read More” nya mungkin tidak akan tampak. Solusinya adalah anda harus menambahkan kode tags tertentu di dalam template anda. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Klik Layout dari dashboard anda dan klik Edit HTML.
  2. Centang kotak Expand Widget Templates
  3. Cari kode berikut:
    <data:post.body/>
  4. Copy kode dibawah dan paste tepat di bawah kode yang saya tunjukkan diatas:
    <b:if cond='data:post.hasJumpLink'>
    <div class='jump-link'>
    <a expr:href='data:post.url + "#more"'><data:post.jumpText/></a>
    </div>
    </b:if >
  5. Klik SAVE TEMPLATE dan selesai!


3 comments: