Cara Memperlebar Sidebar di Blogger

Bagaimana cara memperlebar sidebar di Blogger cukup mudah tetapi perlu berhati-hati. Biasanya jika hendak merubah lebar sidebar pada blog maka ukuran lebar halaman konten dan ukuran lebar halaman blog juga akan diubah untuk menyesuaikan keseimbangan tampilan blog. Baiklah, langkah pertama masuk dulu ke akun Blogger anda, lalu setelah tiba di dashboard klik “Layout” sesudah itu klik “Edit HTML” maka halaman kode HTML blogger anda akan muncul.

memperlebar blog
Sebelum melanjutkan langkah berikutnya disarankan agar anda membuat back-up dulu template anda (cara back-upnya bisa dengan meng-klik "Download Full Template" yang ada diatas kolom HTML), jadi jika anda salah hapus atau salah merubah kode anda bisa mengembalikannya seperti semula.

Download back-up copy template
Nah.. jika sudah back-up template sekarang anda cari kode script seperti berikut ini;

#sidebar-wrapper {

Untuk mempermudah pencarian anda bisa menggunakan Ctrl + F, masukkan kode scriptnya di kolom yang tersediakan dan enter, lalu browsernya akan membawa anda ke tempat tujuan. Setelah itu rubah bagian width (lebar) dengan jumlah angka sesuka anda. Sebagai contoh dibawah, angka yang berwarna merahlah yang anda harus rubah untuk memperlebar atau memperkecil sidebar anda, ganti dengan jumlah angka yang anda inginkan.

width: 25%;

Setelah mengganti ukuran yang anda inginkan, anda bisa melihat sejenak contoh tampilan yang akan muncul sebelum anda memutuskan untuk benar benar mengubahnya, caranya dengan meng-klik "PREVIEW" yang terletak dibawah kolom.
Setelah selesai jangan lupa klik “SAVE TEMPLATE”.

cara memperlebar sidebar blog

4 comments: