Saturday, September 19, 2009

Cara Menghentikan atau Mematikan (Disable) Fitur Commenting pada Blogger

Kebanyakan blogger suka menerima komen, ataupun berkomen, apalagi komen tersebut bermanfaat dan menguntungkan pada post nya. Namun apa yg terjadi jika halaman post anda dibanjiri dengan komen2 tidak berkualitas dan merugikan alias spam. Menghapus komen komen tersebut satu per satu dalam tiap post sudah tentu amat melelahkan, tapi berikut ini adalah cara untuk menghentikan masuknya komen pada suatu post terutama jika komen sebuah postingan anda sudah terlalu banyak, karena jika komen yg sudah terlalu banyak bisa membuat loading suatu halaman bertambah lama alias lemot.


Secara default (settingan original), fitur commenting Blogger sudah teraktifkan dan anda perlu mematikan fungsi tersebut secara manual.


  • Login ke akun blogger anda, dan pada halaman lobby klik ‘Posts’ pada drop down menu.
  • Cari halaman postingan yg anda ingin matikan fitur komentingnya.
  • Klik tulisan ‘Option’ pada kanan halaman layar anda.
  • Pilih settingan yang anda inginkan disana, setelah itu klik ‘Done’.
cara mematikan fitur commenting komen pada blogger

Selain men-disable fitur komen pada suatu halaman, anda juga bisa mematikan fitur commenting pada satu blog, hal ini berguna terutama jika anda tidak menginginkan komen apapun dari siapa saja.

Note: settingan dibawah ini akan mempengaruhi seluruh halaman postingan pada blog anda, maka dari itu pengunjung tidak akan menemukan lagi kotak komen pada halaman post anda. Berikut caranya:

  • Login ke akun Blogger anda.
  • Navigasi ke bagian Settings, setelah itu klik ‘Posts and Comments’ yg terletak di bagian kiri layar anda.
  • Pada submenu Comment Location, pilih ‘Hide’ untuk mengumpetkan kotak komen di semua postingan pada blog (perlu diketahui settingan ini tidak menghapus komen yg sudah ada).
  • Untuk mengaktifkannya kembali anda tinggal mengulang prosedur diatas dan pada submenu Comment Locatin tinggal pilih Embedded, Full page atau Popup window.
cara menghentikan atau disable fitur commenting komen di blogger

No comments:

Post a Comment