Monday, October 12, 2009

Cara Melakukan Sync (Sinkronisasi) & Mengatur New Tab Pada Firefox

gimana cara sinkronisasi browser firefox
Sync memungkinkan Anda berbagi atau menyamakan data dan preferensi (seperti bookmark, history, password, open tab, Reading List dan add-ons yang terinstal) di semua perangkat Anda maupun di komputer yang berbeda. Anda bisa memilih bagian mana dari Firefox Anda yang ingin disinkronkan dan di mana Anda ingin menyelaraskannya. Dengan fitur ini, Anda dapat terus menikmati halaman-halaman web kesukaan Anda atau melanjutkan perkerjaan kantor/ rumah yang belum terselesaikan.

Perlu diingat bahwa sync itu bukan backup data. Pengguna harus terus melakukan backup secara teratur dari profil Firefox untuk mencegah kehilangan data.

Sebelum melakukan sync Anda harus membuat account di perangkat utama Anda, kemudian masuk ke akun Anda ini menggunakan perangkat lain.

Untuk membuat akun cukup mudah, yaitu klik tombol menu di atas kanan browser, lalu klik Sign in to Sync. Setelah itu tinggal diikuti instruksinya, Anda perlu email untuk membuat akun karena Firefox akan mengirim surat verifikasi ke email Anda untuk mengaktifkannya.

sync browser ke perangkat lain


Untuk melakukan sinkronisasi di perangkat lain, Anda tinggal mengklik tombol menu lalu klik Sign in to Sync. Pilih Sign In kemudian isi dengan email Anda yang Anda pakai untuk melakukan registrasi dan password, setelah itu Firefox akan melakukan sinkronisasi secara otomatis.

Untuk menghapus hasil Sync dari perangkat Anda:
klik tombol menu, klik Sync account name (biasanya adalah nama email Anda) untuk membuka halaman Preferensi Sync, lalu klik Disconnect. Perangkat Anda akan melakukan penghapusan hasil sync.

Dengan fitur Sync Anda juga bisa secara mudah mengakses tab-tab yang sedang aktif di desktop, laptop dan perangkat mobile yang menggunakan Firefox. Tombol synced tab ini memungkinkan Anda melanjutkan halaman-halaman web tersebut hanya pada sekali klik.

Caranya tinggal menklik tombol menu, setelah itu klik Customize lalu klik synced tab.

cara melakukan synced new tab


Tentang Thumbnail atau Kotak-Kotak Gambar Yang Muncul di New Tab.

Firefox menampilkan link situs sebagai thumbnail (gambar miniatur) atau logo pada halaman Tab Baru. Bila Anda menggunakan Firefox untuk pertama kalinya, Anda akan melihat thumbnail-thumbnail ini ngelink ke situs Mozilla. Situs-situs tersebut akhirnya akan digantikan dengan situs-situs yang sering Anda kunjungi.

mengatur mengubah new tab firefox


Anda dapat merubah dan mengatur halaman New Tab (Tab Baru) seperti menampilkan link situs yang paling sering Anda kunjungi atau tidak mau menampilinya sama sekali. Untuk mengakses kontrol ini, klik ikon cogwheel di sudut kanan atas tab baru.

Selain itu Anda juga bias melakukan pin pada thumbnail tertentu, pin pada thumbnail sehingga kotak gambar link tersebut terkunci pada posisinya. Untuk menghapus thumbnail bisa anda klik tanda silang di atas kanan thumbnail yang anda inginkan.

merubah memindahkan link thumbnail firefox


Anda juga bisa menyeret thumbnail yang Anda inginkan ke posisi manapun dan otomatis Firefox akan nge-pin thumbnail tersebut pada posisinya. Jika terdapat thumbnail yang kosong, Anda bisa menyeret link dari Bookmarks Library ke thumbnail yang kosong tersebut.

No comments:

Post a Comment