Saturday, October 31, 2009

Tips mengoptimalkan FeedBurner

Berikut adalah tip tip atau cara untuk meng-optimalkan fasilitas yang diberikan pada FeedBurner:

[Analyze tab]

Export: anda bisa ekspor Feedburner statistik anda pada Microsoft Excel atau CSV format.

[Optimize tab]

Untuk melihat sekilas bagaimana penampilan feed anda di Feedburner anda bisa melihatnya pada menu “Your Feed”, dari sana anda juga bisa melihat sumber XML nya dengan meng-klik “XML Source

Browser Friendly > Appearance Options > Theme:
Ganti tampilan browser-friendly landing page Feedburner anda ke tampilan yang lebih bisa dimengerti (dalam segi bahasa) terhadap pelanggan anda, fasilitas ini berguna khususnya untuk para pelanggan yang kebanyakan berasal dari negara tertentu.

Browser Friendly > Appearance Options > More Subscription Options:
Pilihan ini akan memunculkan banyak news reader yang lebih lengkap yang bisa digunakan oleh pengunjung situs anda untuk berlangganan feed.

tips mengoptimalkan FeedBurner
Di tab yang sama, anda juga bisa memilih apakah anda ingin meletakkan pesan yang ikut ditampilkan bersama feed anda, seperti ucapan rasa terima kasih untuk yang telah bergabung atau yang lainnya.

Aktifkan SmartFeed anda (yang ini penting), fasilitas ini akan secara otomatis merubah feed anda ke versi dan protokol yang berbeda saat diperlukan, jadi feed anda tidak bentrok dan tetap bisa dibaca oleh news reader manapun (Atom dan RSS). Fasilitas ini juga membuat anda tidak usah khawatir program apa yang digunakan oleh si pembaca untuk membaca feed anda.

Aktifkan FeedFlare, fasilitas ini juga tidak kalah menarik dan penting karena dengan menggunakannya maka feed anda akan dipasang berbagai link dibawahnya supaya membuat sang pembaca lebih muda untuk tag, email, bookmark dan berbagi konten yang anda publikasikan. Jika Flare yang anda pilih sudah terpasang, anda bisa mengatur posisi peletakkannya dengan drag and drop.
apa itu FeedFlare
Aktifkan Feed Image Burner, pilihan ini juga banyak dipakai para pemilik Feedburner. Anda bisa meletakkan gambar pada feed anda, hal ini berguna untuk mempermudah sang pembaca mana feed anda dan mana feed yang bukan dari anda. Pastikan sebelumnya kalau gambar yang anda sisipkan tidak lebih dari 144 pixel (panjang dan lebarnya).

Title/Description Burner, dengan menu yang satu ini anda dapat membuat deskripsi pada feed anda, banyak feed yang ditemukan tidak memiiki judul dan deskripsi. Tapi perlu diketahui jika menu ini diaktifkan, deskripsi yang berasal dari blognya itu sendiri akan di non-aktifkan.

Anda bisa membatasi jumlah kata yang akan ditampilkan pada feed anda, sisanya sang pelanggan harus membacanya langsung pada situs anda. Gunakan “Summary Burner” untuk hal ini.

[Publicize tab]

Aktifkan “Headline Animator”, sebuah banner menarik yang menampilkan dan mempromosikan beberapa post terbaru anda. Banner ini dapat diletakkan di blog, website, situs sosial media atau email signature.
All About

Klik dan buat juga “BuzzBoost” untuk menampilkan blog (konten terbaru dalam format HTML) pada situs lain. Fasilitas ini berguna terutama untuk situs yang tidak memiliki fasilitas RSS widget. BuzzBoost ini dapat membantu mempromosikan konten anda pada situs lain.

Aktifkan Email Subscriptions, yang satu ini bisa dibilang adalah senjata andalan para webmaster, salah satu fasilitas yang diharapkan mereka untuk bisa menggunakannya demi meningkatkan SEO. Pilihan ini akan mengirimkan email notifikasi pada semua pelanggan jika terdapat postingan baru. Anda akan banyak menemui tawaran tawaran untuk berlangganan melalui Email Subscriptions pada blog atau situs yang sedang anda kunjungi.

Aktifkan PingShot servis pada Publicize tab juga, hal ini tidak kalah penting dengan fasilitas penting lainnya. Ping Shot ini akan memberitahu para aggregator dan mesin pencari tentang post terbaru yang anda buat.

Jika anda memiliki banyak pelanggan, anda bisa memamerkannya dengan menggunakan static dan animated FeedCount. Sebuah grafik dinamis yang menampilkan sirkulasi feed atau jumlah pembaca anda. Klik FeedCount untuk mulai menggunakannya.

Anda bisa menggunakan menu “Creative Commons License” untuk memberikan sebuah “copyright” pada artikel anda.

Ada juga fasilitas “Password Protector” dengan tujuan untuk memberikan konten anda pada orang orang atau group tertentu saja.

Blokir para “splog” untuk akses ke feed dan mencuri konten anda dengan meng-klik “No Index” dan menutup akses melalui Yahoo Pipes.

[Troubleshootize tab]

Jika FeedBurner anda sangat pelan dan lama untuk meng-update feed anda, cobalah menggunakan fasilitas resync dengan meng-klik tombol “Resync Now” dari Tips dan Tools tab. Anda disarankan tidak menggunakan tombol ini jika feed anda belum terlambat satu jam lebih.

6 comments:

  1. Terimakasih atas infonya...sobat...akan saya coba menfaatkan feedburner...

    ReplyDelete
  2. oh begitu yah,memakai feedburner,thaks saya akan coba.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete