Saturday, November 7, 2009

Apa Itu Apache, MySQL & Database

Apache adalah software web server yang paling banyak digunakan. Dikembangkan dan dikelola oleh Apache Software Foundation, Apache merupakan software open source yang tersedia secara gratis. Software ini dijalankan di 67% dari semua webservers di dunia. Cepat, handal, dan aman, software ini dapat disesuaikan untuk memenuhi segala kebutuhan di environment yang berbeda dengan menggunakan ekstensi dan modul. Kebanyakan WordPress hosting provider menggunakan Apache sebagai software web server mereka. Namun, WordPress dapat dijalankan di software web server lain juga.
apa itu mysql dan apache

Apache memainkan peran penting dalam pertumbuhan awal World Wide Web, dengan cepat mengalahkan NCSA HTTPd sebagai server HTTP yang dominan, dan tetap menjadi yang paling populer sejak April 1996. Pada tahun 2009, menjadi perangkat lunak web server pertama untuk melayani lebih dari 100 juta website.

Apache dikembangkan dan dikelola oleh komunitas terbuka pengembang di bawah naungan Apache Software Foundation. Yang paling umum digunakan pada sistem seperti-Unix (biasanya Linux), perangkat lunak ini tersedia untuk berbagai sistem operasi selain Unix, termasuk Microsoft Windows.

Apa Itu MySQL

Database
Sebelum aku menjelaskan apa artinya MySQL, saya ingin menjelaskan apa itu yang dimaksud dengan "database" komputer.

apa itu mysql database
Pada dasarnya, jika berbicara tentang komputer, database hanyalah sebuah kumpulan data. Software atau perangkat lunak yang khusus dibuat untuk database seperti MySQL merupakan program yang memungkinkan Anda menyimpan dan mengambil data seefisien mungkin.

Sebuah analogi kecil dapat membantu menjelaskan mengapa kita menggunakan perangkat lunak database khusus. Pikirkan tentang dokumen yang tersimpan di komputer Anda. Jika Anda menyimpan semua dokumen Anda menggunakan nama file seperti "1.doc", "2.doc", "3.doc", ... "9,999,999.doc" dan seterusnya, Anda akhirnya akan menemukan masalah jika hendak menemukan file yang Anda inginkan di kemudian hari.  Misalnya, jika Anda ingin mencari dokumen bisnis proposal yang Anda lakukan beberapa hari lalu dengan perusahaan XYZ, file mana yang harus Anda buka? Salah satu cara adalah dengan membuka filenya satu-persatu sampai ketemu. Tentunya cara demikian sangatlah melelahkan dan sangat tidak efisien.

Sebuah program database adalah jenis perangkat lunak komputer yang dirancang untuk menangani banyak data, tapi data tersebut disimpan sedemikian rupa sehingga setiap data yang ingin anda cari dapat ditemukan secara mudah.

Apa itu SQL? Apa itu MySQL? Apa itu PostgreSQL?

Banyak program komputer, termasuk program berbasis web seperti blog, galeri foto dan sistem manajemen konten perlu melakukan penyimpanan dan pengambilan data. Misalnya, perangkat lunak blog perlu menyimpan posting (yaitu, artikel) yang Anda tulis, dan mengambil atau menarik data tersebut ketika pengunjung masuk ke situs Anda. Demikian pula dengan galeri foto yang menyimpan informasi tentang foto-foto (misalnya, untuk situs tertentu yang memungkinkan pengguna untuk melakukan rating ataupun komen pada foto-foto), semua ini disimpan di database.

Untuk membuatnya mudah bagi program lain untuk mengakses data data tersebut, banyak perangkat lunak database mendukung bahasa komputer yang disebut "SQL" (sering diucapkan sebagai "sekuel"). SQL dirancang khusus untuk tujuan tersebut. Program yang ingin software database untuk menangani pekerjaan pengelolaan data dapat menggunakan bahasa tersebut untuk mengirimkan instruksinya.

Ada banyak database yang mendukung penggunaan SQL untuk mengakses data mereka, di antaranya MySQL dan PostgreSQL. Dengan kata lain, MySQL hanya merupakan salah satu merek dari software database, salah satu dari banyak lainnya. Begitu pun halnya dengan PostgreSQL. Kedua database ini sangat populer di kalangan program yang dijalankan pada situs (mungkin karena mereka gratis), ini mengapa Anda sering melihat satu atau keduanya sering diiklankan di daftar fitur dari web host, serta terdaftar sebagai salah satu "system requirements (persyaratan sistem)" untuk perangkat lunak web tertentu (seperti blog dan sistem manajemen konten).

Apakah saya Perlu Mempelajari SQL atau MySQL?

Untuk sebagian besar webmaster, Anda tidak perlu belajar SQL atau belajar bagaimana menggunakan MySQL, bahkan jika Anda sedang menyiapkan sebuah blog. Platform yang anda gunakan untuk ngeblog, baik itu Wordpress atau yang lain, akan melakukan semua pekerjaan menyimpan dan menarik data sesuai yang diperlukan. Yang perlu Anda belajar adalah cara menggunakan platform nya  (seperti WordPress, Blogger dsb).

Hal-hal seperti MySQL dan database lainnya itu seperti mesin mobil. Anda sama sekali tidak perlu belajar bagaimana mesin mobil itu bekerja atau cara membuatnya, yang anda perlu belajar adalah cara menyetir mobilnya saja.

Tentu saja, jika Anda seorang programmer, berniat untuk menulis sebuah program komputer yang perlu mengakses MySQL atau database SQL lainnya, maka Anda akan perlu belajar SQL (serta bahasa pemrograman). Tapi sekali lagi, anda juga tidak perlu menjadi programmer untuk menjadi webmaster (pembuat web). Membuat website, walaupun jika anda ingin secara manual melakukan coding pada HTML, itu bukanlah programming, sehingga tidak perlu khawatir

No comments:

Post a Comment