Tuesday, November 10, 2009

Apa itu Auto-Text dan Cara Menggunakan

Pernah menulis artikel, formulir, informasi, dokumen, atau semacamnya tapi jenuh/lelah menulis ulang suatu kalimat yang sama, contohnya seperti alamat, peribahasa, rumus, istilah, title, kepanjangan dari singkatan, kode/ simbol rumit, nama orang/ produk yang susah diingat dan lain lain? Atau mungkin sering chatting dengan teman, sahabat, pelanggan, atau customer melalui internet tapi cape menjelaskan atau menjawab sesuatu yang sama berulang-ulang?

Jika anda merupakan salah satu yang sering mengalaminya dan mencoba untuk mencari solusi, then salah satu jawabannya mungkin ada pada software yang saya temukan ini – auto text. Apa itu autotext? Autotext merupakan software yang diciptakan untuk membantu mengetik suatu kalimat yang kita inginkan secara otomatis.

Nahh, uda paham kan sekarang? Autotext di internet banyak juga loh jenisnya dan cara menggunakannya juga beda beda. Ga semua autotext yang disediakan di internet saya cobain satu persatu karena basically mereka semua sama. Yang saya coba hanya beberapa saja dan yang sementara saya gunakan sekarang adalah PhraseExpress (http://www.phraseexpress.com/). Software ini dapat mengatur kata-kata yang sering kita gunakan, menyelesaikan kepanjangan sebuah singkatan, auto-complete sebuah kalimat, mengkoreksi ejaan yang salah dan lain2.

cara menggunakan autotext
Ketika Anda pertama kali menginstal PhraseExpress, akan muncul ikon logo software ini pada taskbar Anda. Klik kanan icon tersebut dan pilih "Edit phrases" untuk membuka menu utama. Pada window ini, Anda akan menemukan segala sesuatu yang disertakan dalam aplikasi PhraseExpress seperti mengganti teks, auto-koreksi dan mengeluarkan perintah pada komputer Anda hanya dengan mengetikkan kata-kata atau frasa tertentu. Masing-masing folder disusun untuk mengatur berbagai fitur yg ada.

cara menggunakan phraseexpress autotext
 Kolom "Phrase content" disediakan untuk mengisi kata-kata atau kalimat yang ingin kita keluarkan secara otomatis jika kita mengetik kata yang terdapat di kolom "Autotext".

Yang lebih menariknya lagi, tiap kata autotext yang kita tanam pada suatu folder bisa di back-up dan di restore kembali seandainya terjadi kerusakan pada komputer atau ingin pindah komputer. Dengan demikian, kita tidak perlu cape-cape lagi membuat ulang autotext yang kita perlukan.

Banyak yang awalnya menggunakan program ini hanya untuk pengoreksi kata salah eja. Untuk fitur tersebut, software ini menyimpan daftar-daftar kata-kata salah eja yang umum dilakukan para pengetik. Anda juga bisa menambahkannya lagi jika anda mau. Letakkan kata yang semestinya pada kolom "Phrase Content" dan kata-kata salah eja pada kolom "Autotext", tiap kata dipisahkan dengan tanda "|".

apa itu auto text dan cara menggunakannya

Auto-Koreksi Tambahan

Disamping mengoreksi ejaan, PhraseExpress juga mengoreksi kesalahan pengetikan umum lainnya, yaitu penggunaan kata (atau kata-kata) yang dobel. Daftar kata umum yang sering di-dobelin ini disimpan dalam folder "doublettes". Settingnya juga sama seperti yang pada bagian salah eja kata. Kata yang benar diletakkan pada kolom "Description" dan kata salahnya diisi pada kolom "Autotext".

cara menggunakan text expander

Masukkan Tanggal dan Jam

Anda juga bisa memasukkan tanggal dan jam pada suatu kalimat atau dimana pun dengan cepat tanpa harus berpikir2 atau melihat tanggal dan jam dolo. Caranya yaitu dengan memasukkan kode "#" dan "date" (tanggal) dan "time" (untuk waktu/jam). Contoh “#date” nanti programnya akan langsung mengubahnya seperti "25/05/2012".

No comments:

Post a Comment