Wednesday, October 7, 2009

Apa itu Dummy Blog dan kegunaannya

Apa itu dummy blog? Di internet marketing, dummy blog (sebagian menyebutnya SEO blogs) adalah blog- blog yang khusus dibuat untuk search engine dan bukan manusia, dummy blog ini memberi outbound link atau nge-link ke blog atau website utama (website prioritas anda), jadi website utama ini menerima banyak inbound link/ backlink/ voting atau yang disebut juga dengan “Off Page Optimization” dari situs- situs dummy blog dan hal ini dilakukan demi kepentingan SEO. Karena salah satu hal yang terpenting dalam mengoptimalkan website terdapat pada banyaknya backlink, maka dummy blog ini berperan untuk menipu Google dan mesin pencari lainnya akan banyaknya voting (backlink) atau inbound link pada suatu website.
Jumlah halaman konten pada sebuah dummy blog biasanya hanya beberapa postingan saja dan jarang diupdate, namun postingan tersebut panjang dan topiknya berhubungan atau sama dengan topik blog atau situs utama. Jumlah dummy blog yang dituju ke website utama bisa mencapai puluhan, bahkan ada yang ratusan dan yang menjadi target untuk dijadikan dummy blog tentunya adalah blog hosting gratisan dan pada blog hosting yang berlainan (tidak sama) seperti Wordpress.com, Multiply.com, blog.com, Blogger.com, dagdigdug.com, blogdetik.com dan lainnya.

Namun membuat banyak dummy blog bisa merupakan tindakan yang beresiko karena tidak semua blog hosting memperbolehkan keberadaan dummy blog dan blog- blog jenis lainnya seperti scraper blogs (blog hasil copy-paste dari konten orang lain), warez blogs (blog yang mempromosi dan menjual bajakan ebook milik orang lain), automated blogs (blog yang dioperasi oleh robot, boot dan sejenisnya) dan blog-blog tersebut akan dihapus tanpa peringatan. Di internet juga terdapat banyak situs- situs yang bisa memberi atau menyediakan backlink tanpa harus membuat dummy blog, tetapi anda harus membayar tentunya. Kalau anda tidak ada waktu untuk membuat dummy blog dan belum siap untuk membayar demi sebuah backlink atau inbound link, masih banyak cara lagi yang dapat ditempuh untuk memperoleh backlink yaitu dengan melakukan: directory dan RSS Feed submission, articles submission, blog commenting, forum posting, press release, social bookmarking (tag & ping), social media sites dan lainnya.

4 comments:

  1. sangat menarik dan menambah ilmu bermanfaat dari sodara makaih yahh

    ReplyDelete
  2. Makasih pelajarannya Gan.. Ane ga bisa balas kecuali nyumbang lewat …. (faham sendiri lah) dan do’a “Moga makin sehat dan sukses”

    ReplyDelete
  3. terimakasih banyak sob buat info dan artikelnya yang sangat membantu...

    ReplyDelete