Apa Itu Virus Adskeeper & Ransomware

cara menghindari serangan virus komputer
Jika web browser anda secara terus menerus menampilkan iklan yang diarahkan ke http://adskeeper.co.uk maka ada kemungkinan bahwa komputer Anda terinfeksi dengan program adware.

Adskeeper.co.uk bukan malicious domain, dan hanya disalahgunakan oleh penjahat cyber untuk menghasilkan pendapatan. Kemungkinan besar anda mendapat virus spyware ini karena mendownload software-software atau program gratis dari internet, dan tidak disangka program yang anda download itu sebenarnya sudah disatu-paketkan dengan program adware adskeeper ini.

Setelah program jahat ini terinstal, tiap kali anda menelusuri internet, iklan dari adskeeper.co.uk atau sumber lain selalu muncul menggantikan iklan-iklan asli dari halaman web-page itu sendiri. Browser browser yang dibajak ini meliputi Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Internet Explorer. Iklan yang ditampilkan dapat bervariasi seperti window pop-up, kotak, iklan dalam teks, banner dengan ukuran yang berbeda dan sebagainya.

Selain itu, adware adskeeper.co.uk ini juga dapat menyebabkan koneksi Internet Anda menjadi lambat dan bahkan mengakibatkan kinerja browser anda hingga berhenti atau hang. Adware ini juga tanpa izin akan mencuri informasi pribadi Anda seperti: alamat ip, halaman web apa yang sedang anda telusuri, apa saja yang anda cari di internet, link apa yang sering anda klik, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, virus ini tentu saja harus disingkirkan secepat mungkin untuk menjaga privasi anda.

Seberapa bahayanya "virus" adskeeper ini?


cara membasmi virus adskeeper
Well, sebenarnya software ini diciptakan oleh developernya untuk memperoleh pendapatan, yaitu dengan pay-per-click melalui iklan-iklan yang ditampilkannya. Jika kita meng-klik iklan tersebut, mereka akan mendapatkan uang.

Software ini walaupun tidak berbahaya untuk komputer dan file anda namun bisa sangat mengganggu. Seringkali pembajakan browser ini dikategorikan sebagai virus, namun tidaklah sepenuhnya benar, tidak seperti virus Ransomware dan Trojan Horses yang merupakan virus yang jauh lebih membahayakan untuk komputer dan file dibandingkan dengan pembajak browser ini.

Jika sudah terinfeksi, cobalah untuk tidak mengklik iklan-iklannya, bahkan dengan mengklik tanda X nya pada iklan tersebut dengan maksud untuk menutupinya atau menyingkirkannya. Selain mendownload program program gratis yang tersedia di internet, mengklik link link misterius pada halaman web atau email juga bisa beresiko mendapatkan virus pembajak browser ini. Dalam kebanyakan kasus link tersebut menyamar sebagai spanduk besar/ tombol yang diberi label Download.

Apa Itu Ransomeware?


cara mengatasi malware adware
Anda bangun suatu hari, mengucek-ngucek mata agar segar lalu membuka laptop. Mengharapkan seperti biasanya melihat feed Twitter atau profil Facebook, malah disambut dengan gambar merah besar, mengancam bahwa jika Anda tidak membayar $300 untuk pihak yang tidak diketahui dalam 24 jam ke depan, segala data yang ada di komputer Anda akan terhapus, dan hilang selamanya.

Selamat datang di dunia "ransomware, cara terbaru para penjahat cyber untuk memperoleh uang dari para pengguna internet. Jadi apa sebenarnya ransomware ini? apakah ada sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk melindungi terhadap ancaman ini?

Cryptolocker, Cryptowall, dan baru-baru ini, TestaCrypt yang semuanya merupakan anggota member dari keluarga virus "ransomware". Versi awal ransomware yang dinamakan Cryptolocker diketahui muncul di sekitar akhir tahun 2013.

Ransomware yang sederhana mengunci sistem dengan cara yang tidak begitu rumit dan dapat dibetulkan oleh orang yang cukup berpengetahuan, namun ransomware yang lebih canggih mengenkripsi file korban, membuat data tersebut tidak dapat diakses, dan menuntut pembayaran uang tebusan untuk mendekripsi mereka. Mallware ini juga mengenkripsi komputer Master File Table (MFT) atau seluruh hard drive. Jika terkena virus ini, sangat kecil kemungkinan file anda akan terbaiki seperti semula.

Meskipun mencoba me-reset sistem, flashing BIOS, atau menginstal hard drive baru atau ketiga-tiganya, layar monitor yang akan anda dapat lihat adalah selebaran pesan dari hacker mengatakan bahwa mereka harus membayar sejumlah uang (biasanya antara $25 - $600) untuk mendapatkan akses kembali ke data komputer anda, dan berapa lama lagi sisa waktu mereka sebelum akhirnya serangan diluncurkan.

cara mengatasi ransomware

Cara Menghindari Virus Ransomware


Pengguna internet bisa kedapatan virus yang merepotkan ini melalui file instalasi yang menyamar sebagai update software resmi seperti salah satu yang paling umum adalah update untuk Adobe Acrobat, Java dan Flash Player.


mendetek serangan virus trojan malware
 Jika Anda membuka situs underground seperti situs torrent, Anda mungkin menemukan beberapa iklan yang digunakan untuk mendistribusikan malware. Biasanya, sebuah popup akan memberitahu Anda bahwa Anda perlu memperbarui Adobe Acrobat. Jangan sembarangan klik link tersebut, jika ingin mengupdate, bukalah situs resminya dan update dari sana.
Tentu saja salah satu metode terbaik untuk menghindari kerusakan fatal dari virus ini adalah dengan memback-up semua data secara berkala

No comments:

Post a Comment