Fakta & Sejarah Pengembangan Bom Atom Nuklir

Pencipta Bom Atom & Uji Coba Nuklir Pertama

siapa penemu pencipta nuklir bom atom
Pada bulan Oktober 1939, tepat setelah pecahnya Perang Dunia II di Eropa, Presiden Amerika Serikat Franklin D. Roosevelt menerima sepucuk surat dari fisikawan Albert Einstein dan koleganya dari Hungaria bernama Leo Szilard, yang meminta perhatiannya bahwa terdapat prospek untuk sebuah bom yang memiliki kekuatan luar biasa yang belum ada sebelumnya. Kedua ilmuwan tersebut, yang telah melarikan diri dari Eropa untuk menghindari Nazisme, khawatir bahwa Hitler-Jerman sedang mengerjakan penemuan tersebut. Jika Jerman menjadi yang pertama mengembangkan "bom atom", maka hal ini akan hanya memberi pemimpin diktator tersebut kemampuan lebih untuk menguasai dunia dan memakan banyak korban lagi.



Untuk menghindari mimpi buruk ini, Einstein dan Szilard mendesak pemerintah Amerika Serikat untuk ikut dalam perlombaan bom atom. Roosevelt setuju, dan selama empat setengah tahun berikutnya, usaha yang sangat rahasia diluncurkan bersamaan dengan Inggris. Dengan kode bernama "The Manhattan Project," upaya tersebut akhirnya mempekerjakan lebih dari 200.000 pekerja dan beberapa ribu ilmuwan dan insinyur. Akhirnya, pada tanggal 16 Juli 1945, bom atom pertama diuji di tengah gurun Alamogordo di New Mexico. Kekuatan ledakannya mengesankan para pria dan wanita yang telah ikut membuatnya. Saat menyaksikan ledakan spektakuler tersebut, Robert Oppenheimer, fisikawan yang telah mengarahkan karya ilmiah bom tersebut, teringat sebuah kalimat dari teks religius Veda, Bhagavad-Gita: "I am become death, the shatterer of worlds."
uji coba bom atom pertama amerika

Pada saat uji coba di Alamogordo, Jerman sudah menyerah. Ini berarti bahwa potensi ancaman bom atom Nazi sudah tidak ada lagi. Namun perang di Pasifik masih berlangsung, dan Presiden Amerika Serikat Harry S. Truman memutuskan untuk menggunakan bom atom tersebut untuk memaksa pimpinan Jepang menyerah secepat mungkin. Dengan demikian, pada tanggal 6 Agustus sebuah bom atom dengan hasil peledak setara dengan 12,5 kiloton bahan peledak TNT (trinitrotoluene) dijatuhkan di kota Hiroshima di Jepang, yang membunuh sekitar 70.000 penghuninya, dan 70.000 kematian lainnya yang terdaftar pada akhir tahun 1945. Sementara itu, pada 9 Agustus, sebuah bom kedua digunakan di kota Nagasaki. Ledakan ini memiliki hasil yang lebih tinggi (setara dengan 22 kiloton TNT) namun menyebabkan lebih sedikit kematian. Namun, banyak korban selamat menderita luka bakar berat, penyakit radiasi, dll, dan jumlah korban tewas terus meningkat. Pada akhir tahun, lebih dari 70.000 warga Nagasaki telah kehilangan nyawa mereka. Lima tahun kemudian, sebanyak 340.000 orang, atau 54 persen dari populasi asli, telah meninggal akibat dua ledakan tersebut.

perang nuklir hiroshima nagasaki amerika

Pengembangan Senjata Nuklir 1945-1968

Setelah Jepang menyerah pada tanggal 15 Agustus 1945, banyak orang menyerukan pelarangan senjata nuklir untuk menghindari perlombaan senjata nuklir dan risiko bencana di masa depan seperti yang terjadi di Hiroshima dan Nagasaki. Amerika Serikat dan Uni Soviet menyatakan bahwa mereka setuju mendukung pembuatan bom atom di bawah persetujuan dan kendali internasional. Terlepas dari deklarasi ini, kedua negara besar ini sebenarnya tidak pernah bersedia untuk melepaskan program senjata nuklir mereka sendiri. Pada akhir tahun 1946, jelas bagi semua orang bahwa upaya untuk mencegah perlombaan senjata nuklir telah gagal. Uni Soviet malah meluncurkan program senjata nuklir rahasia secara gencar dalam upaya untuk mengejar ketinggalan dengan Amerika Serikat.

Pada tahun 1954, Amerika Serikat dan Uni Soviet telah berhasil menguji generasi pertama bom H mereka. Tes tersebut membuktikan bahwa bom fusi dapat dengan mudah dibuat untuk menghasilkan ledakan lebih dari 1.000 kali lebih kuat dari bom fisi yang digunakan pada Perang Dunia Kedua. Ledakan paling dahsyat terjadi di Novaya Zemlya pada tanggal 30 Oktober 1961, ketika Uni Soviet menguji sebuah "bom monster" dengan hasil setara dengan 50 megaton TNT. Diperkirakan bahwa ledakan ini sendiri melepaskan kekuatan yang lebih merusak dibandingkan dengan gabungan antara semua bom dan bahan peledak yang digunakan dalam Perang Dunia Kedua, termasuk tiga ledakan nuklir pada bulan Juli dan Agustus 1945.

lomba membuat nuklir menyimpan senjata

Pada 1961, dua negara lagi telah mengembangkan dan berhasil menguji senjata nuklir. Inggris telah memulai programnya selama Perang Dunia Kedua dalam kerjasama yang erat dengan Amerika Serikat, dan bom Inggris pertama diuji pada tanggal 3 Oktober 1952. Pada tanggal 13 Februari 1960, Prancis mengikutinya. Program Prancis mendapat sedikit dukungan teknologi dan ilmiah dari negara lain. Empat setengah tahun kemudian, pada tanggal 16 Oktober 1964, China menjadi kekuatan nuklir kelima.

Mencegah Penyebaran Senjata Nuklir

perjanjian melarang senjata nuklir
Pada awal 1960-an, banyak pakar militer dan pemimpin politik khawatir bahwa proliferasi senjata nuklir pasti akan terus berlanjut, dan bahwa dalam satu atau dua dekade, banyak sekali negara yang kemungkinan akan melewati ambang batas nuklir. Dalam upaya untuk mencegah hal ini terjadi, Amerika Serikat dan Uni Soviet memimpin dalam menegosiasikan sebuah kesepakatan internasional yang akan melarang penyebaran senjata nuklir lebih lanjut tanpa melarang penggunaan energi nuklir untuk tujuan damai. Hasilnya adalah Perjanjian Non-Proliferasi Senjata Nuklir, (Non-Proliferation Treaty, atau NPT), yang dibuka untuk ditandatangani pada tanggal 1 Juli 1968. Pada saat itu, 21 negara di Amerika Latin dan Karibia telah mendirikan zona bebas senjata nuklir pertama di dunia dengan menandatangani Perjanjian Tlatelolco.

Ketika mulai berlaku pada tanggal 5 Maret 1970, NPT memisahkan dua kategori negara: Di satu sisi, negara-negara senjata nuklir - yaitu, lima negara yang diketahui memiliki senjata nuklir pada saat Perjanjian ditandatangani (Amerika Serikat, Uni Soviet, Inggris, Perancis dan China). Di sisi lain, negara-negara senjata non-nuklir - yaitu, semua penandatangan Perjanjian lainnya. Menurut ketentuannya, negara pemiliki senjata nuklir yang menandatangani NPT setuju untuk tidak meluncurkan senjata nuklir atau dengan cara lain membantu negara lain untuk mengakuisisi atau membangun senjata nuklir. Pada saat yang sama, negara yang tidak memiliki senjata nuklir menyatakan setuju untuk tidak mengakuisisi atau mengembangkan "senjata nuklir atau alat peledak nuklir lainnya." Sebagai gantinya untuk penyangkalan diri ini, negara-negara bersenjata nuklir berjanji untuk bergerak menuju pengurangan persenjataan nuklir mereka secara bertahap dengan tujuan akhir dari perlucutan senjata nuklir penuh.

NPT pertama kali ditandatangani oleh Amerika Serikat, Inggris, Uni Soviet bersama 59 negara lainnya. China dan Prancis menyetujui Perjanjian tersebut pada tahun 1992. Pada tahun 1996, Ukraina, Belarus dan Kazakhstan melepaskan senjata nuklir mereka, yang diwariskan oleh Uni Soviet ketika negara adidaya tersebut jatuh pada tahun 1991-92, dan menandatangani NPT sebagai partai-partai non-senjata nuklir . NPT sekarang merupakan kesepakatan kontrol senjata yang paling banyak diterima. Sampai Juni 2003, semua anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa kecuali Israel, India, dan Pakistan telah menandatangani NPT. Namun, satu penandatangan, Korea Utara, baru-baru ini mengancam untuk menarik diri dari Perjanjian tersebut.

No comments:

Post a Comment