Tuesday, December 1, 2009

Pengertian Apa itu Yang Dimaksud Sirkuit Listrik

penjelasan sirkuit listrik bola lampu
Ketika anda memasang baterai ke dalam perangkat elektronik, Anda tidak hanya melepaskan listrik yang tersimpan di dalamnya dan mengirimnya untuk melakukan tugas. Elektron bermuatan negatif ini ingin melakukan perjalanan menuju ke bagian positif dari baterai - dan jika mereka harus melewati apa saja seperti alat cukur listrik, alat juice, dinamo, lampu, atau apapun di sepanjang jalan untuk sampai ke tujuan, mereka akan melakukannya. Ini sama seperti air yang mengalir kencang dari titik A ke titik B, dan harus melewati roda air, otomatis roda air itu akan berputar.

Tidak peduli apa yang Anda gunakan, baterai, sel bahan bakar atau sel surya untuk menghasilkan listrik, tiga hal akan selalu sama dan tidak pernah berubah:
  1. Sumber listrik harus memiliki dua terminal: terminal positif dan terminal negatif.
  2. Sumber listrik (apakah itu generator, baterai atau sesuatu yang lain) akan mendorong elektron dari terminal negatifnya pada tegangan tertentu. Misalnya, sebuah baterai AA biasanya akan mendorong elektron keluar pada 1,5 volt.
  3. Elektron perlu mengalir dari terminal negatif ke terminal positif melalui kawat tembaga atau konduktor lainnya. Ketika ada jalur yang menghubungkan dari terminal negatif ke terminal positif, ini yang disebut sirkuit, dan elektron dapat mengalir melalui kawat.

elektron bermuatan negatif yg mengalir

Kata "circuit" (sirkuit) terdengar seperti "circle" (lingkaran) dan sirkuit perlu 'melingkar nyambung' untuk bekerja. Kabel harus nyambung dari sumber listrik ke perangkat dan kembali lagi ke sumber, sehingga elektron dapat pergi keluar dan balik kembali.

sirkuit listrik terdiri dari apa

Anda bisa memasang perangkat elektronik apa saja seperti bola lampu, pengering rambut, pencukur dsb di tengah-tengah sirkuit dan energi listrik tersebut akan 'menghidupkan' perangkat tersebut agar melakukan tugas apapun sesuai yang dirancang. Baterai, atau sumber power lain akan memberi 'kekuatan' (voltage) yang membuat elektron tersebut bergerak dan mengalir.

Sebuah sirkuit juga bisa dipasang switch (saklar) sehingga sirkuit tersebut dapat diaktifkan dan dinonaktifkan. Ketika saklar di-off, maka akan membuat sebuah gap di sepanjang sirkuit dan elektron tidak dapat mengalir. Sama seperti mengendarai mobil di jalan tol dan tiba-tiba jalan di depan putus sehingga tidak bisa melanjutkan. Ketika saklar dihidupkan (on), maka 'jalan' yang terputus tadi akan disambungkan kembali sehingga energi listrik bisa melanjutkan perjalanannya.

Dalam bahasa Inggris, electronic circuit dan electrical circuit mempunyai definisi yang sama, namun electronic circuit cenderung lebih rendah voltase nya. Dalam bahasa Indonesia, istilah sirkuit listrik dan jaringan listrik sedikit dibedakan, di mana jaringan listrik (electrical network) membahas penggunaan sirkuit listrik dalam skop yang lebih luas, contohnya seperti jaringan distribusi pembangkit listrik dari generator hingga pada pelanggan listrik di tiap rumah – namun perlu diingat bahwa keduanya tetap memiliki prinsip dasar yang sama.

Apa yang dimaksud dengan Sirkuit Terbuka & Sirkuit Tertutup?

Ketika suatu rangkaian listrik lengkap terpasang dan membentuk lingkaran yang memungkinkan arus dapat mengalir, sirkuit ini disebut sirkuit tertutup (closed circuit). Dan apabila terdapat bagian dari rangkaian tersebut terputus atau terganggu sehingga lingkaran tidak utuh terbentuk dan listrik tidak dapat mengalir maka ini disebut sirkuit terbuka (opened circuit).

apa itu sirkuit terbuka dan sirkuit tertutup

Kata "sirkuit terbuka" termasuk oxymoron. Faktanya, jika terdapat bagian dari rangkaian listrik yang terbuka maka itu bukanlah sirkuit, maka kata 'sirkuit terbuka' ini sebenarnya lebih sering digunakan untuk menjelaskan bahwa sebuah sirkuit tersebut mengalami kerusakan, atau dinon-aktifkan dengan saklar, atau terdapat komponen yang rusak/ hancur dsb.

Apa itu yang dimaksud dengan Sirkuit Pendek?

Arus hubung singkat (sirkuit pendek/ short circuit) mengacu pada sirkuit yang tidak memiliki beban. Misalnya, jika lampu terhubung ke sirkuit tetapi koneksi langsung juga ditemukan terhubung antara terminal negatif baterai dengan terminal positif. Arus listrik pada sirkuit pendek bisa mengalir pada tingkat tinggi yang berbahaya. Sirkuit pendek dapat merusak komponen elektronik, menyebabkan baterai meledak, bahkan mengakibatkan kebakaran.

apa itu sirkuit pendek, arus hubung singkat

Seperti contoh gambar ilustrasi yang diatas, arus listrik dapat mengalir melewati bola lampu maupun melalui jalur yang menghubungkan langsung pada kedua baterai tersebut. Arus akan mengalir kemana saja pada jalur yang disediakan. Jika sirkuit anda memiliki dua jalur, arus listrik tidak akan memilih salah satunya, tetapi kedua-duanya. Namun, tidak semua jalur yang dilewatinya sama rata.

Misalnya, arus akan lebih mudah mengalir melalui sirkuit pendek dibandingkan melewati lampu tersebut, dengan demikian bola lampu itu kemungkinan besar tidak akan menyala karena sebagian besar arus tersalurkan di rute yang lebih singkat.

Mengubah energi dari satu bentuk ke bentuk lain.


Elektron yang bergerak memiliki energi. Ketika elektron bergerak (mengalir) dari satu titik ke titik lain, mereka dapat melakukan pekerjaan. Dalam sebuah bola lampu pijar, misalnya, energi dari elektron digunakan untuk menghasilkan panas, dan panas pada gilirannya akan otomatis memunculkan cahaya.

Dalam sebuah motor listrik, energi dalam elektron menciptakan medan magnet, dan medan magnet ini dapat berinteraksi dengan magnet lain (melalui magnetic attraction dan repulsion) untuk membuat gerakan.Karena motor sangat penting untuk kegiatan sehari-hari dan karena mereka, pada dasarnya adalah sebuah generator yang bekerja secara terbalik, maka akan kami bahas lebih lanjut pada postingan berikutnya.

No comments:

Post a Comment