Thursday, August 13, 2009

Mengoptimalkan video Youtube

Banyak orang tidak tau kalau Youtube adalah search engine kedua paling besar dan website ketiga paling top di dunia saat ini. Maka dari itu bagi anda yang melakukan bisnis online seharusnya mempertimbangkan untuk mengambil kesempatan besar ini. Youtube bisa menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kepopularitas sebuah situs dan bagus untuk dijadikan sebagai alat untuk membantu bisnis anda. Youtube bisa diperoleh secara gratis dan anda dapat meng-upload video sebanyak yang anda suka. Salah satu cara sederhana yang dapat membantu meningkatkan rangking video Youtube anda adalah sebagai berikut:

Rahasia URL Youtube video online

Youtube adalah salah satu situs yang terpanas dan yang paling banyak digunakan oleh para pengguna internet. Youtube memungkinkan kita untuk meng-upload dan melihat berbagai macam video online dari berbagai negara. Berikut adalah beberapa trik dan tip untuk melakukan sharing video online di Youtube.

Cara membuat Playlist di Youtube

Playlist dalam Youtube adalah sebuah list atau daftar beberapa video yang disusun secara berurutan sesuai dengan keinginan pemiliknya. Playlist juga bisa dimainkan secara acak, playlist hampir sama seperti quicklist hanya saja quicklist settingannya bersifat temporary (sementara) dan akan hilang jika anda menutup browser anda ketika sedang streaming.

Memasang foto ke Youtube profile

Meletakkan foto anda di profile Youtube, Blogger atau jaringan situs lainnya yang terbuka atau yang dapat diakses secara umum bisa merupakan hal tidak kalah penting di dunia online karena selain diri anda dikenal, sang pengunjung lebih cenderung tidak ragu atau takut untuk membeli produk-produk yang ditawarkan dari situs anda dibandingkan dengan situs yang ‘tidak jelas’ pemiliknya dan tidak diketahui asal usulnya. Di bawah ini adalah langkah langkah yang cukup mudah untuk memasang foto anda ke Youtube profile.

Thursday, August 6, 2009

Cara Mengirim dan Mengambil Uang Melalui Western Union

Sekarang sudah banyak cara yang dapat dilakukan untuk men-transfer atau mengirim uang secara online, seperti Paypal, Citibank, DataCash, Western Union, ecoPayz, PayPoint, Dwolla, Edy, Fortumo dan masih banyak lagi. Sebagian dari mereka lebih banyak digunakan di Indonesia dibandingkan dengan lainnya untuk berbagai keperluan seperti biaya sekolah/ kuliah, pengobatan, belanja dll. Saya sendiri sering menggunakan paypal untuk mengirim uang atau belanja online, namun ada kalanya kita perlu tau metode lain terutama jika cara yg biasa kita gunakan megalami kendala.

Dikarenakan pada suatu saat akun paypalku mengalami ‘Limitation Review’ dan untuk me ‘resolve’ nya perlu beberapa hari untuk mejadi normal kembali, aku pun berahli ke western union karena ingin melakukan pembayaran dengan cepat. Sekarang jutaan orang di dunia melakukan transaksi keuangan melalui Western Union karena prosesnya yang mudah, cepat dan aman. Google, salah satu perusahaan raksasa dari Amerika pun membayar publisher iklan mereka melalui Western Union.

Apa itu Western Union? Western Union adalah jasa pengiriman uang yang menggunakan teknologi elektronik secara online. The Western Union Company bermarkas di Greenwood Village, Colorado.

Cara mengirim uang di Western Union pun sangat mudah. Anda hanya perlu datang ke lokasi agen Western Union terdekat, isi data-data yang diperlukan setelah itu pengiriman uang pun sudah dapat dilakukan.
ongkos kirim western union

Salah satu kelebihan western union dibandingkan dengan jasa pengiriman uang lainnya yaitu anda tidak perlu membuka atau memiliki rekening bank, dan uang yang sudah terkirim dapat ditarik dalam hitungan menit. Pada umumnya, si pengirim yang dikenakan biaya dan penerima hanya kena ongkos bea materai saja. Besarnya biaya pengiriman tergantung pada jumlah uang yang hendak dikirim (anda bisa melihat keterangannya pada foto brosur yang saya ambil dari JNE, salah satu tempat yg menyediakan WU alias Western Union).

Untuk mengirim si pengirim hanya cukup membawa KTP saja (begitupun juga si penerima) dan uang yang hendak dikirim tentunya. Untuk dapat menarik uangnya, si penerima perlu data data seperti nama lengkap pengirim, jumlah uang, negara asal transfer, dan MTCN (Money Transfer Control Number) atau bahasa Indonesianya Nomor Transaksi Pengiriman Uang. Si pengirim wajib memberitahukan data data tersebut kepada si penerima supaya uangnya dapat diambil. Tanpa mengetahui nomor MTCN maka si penerima tidak dapat mengambil uang.

Di Indonesia sendiri agen Western Union dapat ditemukan di berbagai tempat seperti bank BII, bank Danamon, kantor Pos, JNE, Bank Mestika, Indomaret, dan masih banyak lagi. Untuk memastikan apakah tempat tersebut benar menyediakan jasa payment WU anda bisa melihatnya dari luar – biasanya logo Western Union terpajang di luar dengan jelas.

cara menerima uang melalui western union

cari logo western union utk ke agen wu

Wednesday, August 5, 2009

Fakta Tentang Paypal

Paypal didirikan pada tahun 1998. Merek ini adalah hasil merger antara 2 perusahaan yang berbeda, Confinity dan X.com, yang berlangsung pada tahun 2000. Kantor pusat global Paypal berlokasi di San Jose, CA, di Amerika Serikat. Presiden dari perusahaan ini adalah Mr Scott Thompson.

Di Amerika, Paypal adalah metode pembayaran kedua yang paling disukai secara online, tepat setelah Visa. Di Inggris, Paypal adalah metode pembayaran internet paling populer.

Situs paypal.com adalah salah satu top 50 situs paling banyak dikunjungi, menurut Alexa.com perusahaan web informasi.

perusahaan jasa sistim pembayaran online Pada bulan Oktober 2002 eBay mengakuisisi PayPal. Ini menggabungkan antara dua kekuatan dunia dalam pasar online dengan sistem pembayaran terkemuka di web. Di bulan yang sama PayPal menjadi tersedia dalam Pounds dan Euro.

Sebelumnya ebay membeli Billpoint (May 1999) dan dijadikan sebagai perantara pembayaran satu2nya di ebay – walaupun metode pembayaran lain masih juga diizinkan pada saat itu. Rata2 ada sekitar 200rb penawaran barang perhari di bulan Feb 2000 yang menggunakan paypal, sedangkan Billpoint hanya sekitar empat ribu saja. Pada bulan april 2000, bahkan sudah mencapai lebih dari 1 juta penawaran yg menggunakan paypal. Setelah ebay mengakuisisi paypal dengan harga usd 1,5 miliar, layanan pembayaran melalui Billpoint dihapus belakangan untuk meningkatkan potensi paypal.

Pembelian di eBay yg dilakukan dengan kartu kredit melalui PayPal mungkin dikenakan biaya tambahan jika pembeli dan penjual menggunakan mata uang yang berbeda.

Banyak pesaing utama paypal yang dijual karena bangkrut seperti Bidpay, Yahoo PayDirect, Citibank C2IT, berturut-turut tiga, empat, dan lima tahun setelah kelahiran paypal. Tetapi masih juga ada pesaing lain yg mampu bertahan seperti Moneybookers, Kagi, Liberty Reserve, dan AlertPay.

Siapa sangka perusahaan besar jasa pembayaran online ini juga pernah melakukan kesalahan yg fatal, yaitu mengkreditkan Chris Reynolds, seorang warga Amerika berumur 56, dari Pennsylvania, dengan angka yang luar biasa menakjubkan, yaitu $92.233.720.368.547.800. Yes alias benar, itu $ 92 kuadriliun - sekitar 5.500 kali lebih banyak dari seluruh utang nasional AS (sekitar $ 17 trilyun). Ini sekaligus menjadikan Mr Reynolds orang terkaya di planet bumi ini dan satu-satunya orang yg menyandang status "quadrillionaire". Tentunya tidak lama setelah kejadian ini paypal mengkoreksi kesalahannya.

kesalahan pembayaran online paypal


Setelah Paypal diakuisisi eBay, banyak kariawan PayPal yg meninggalkan perusahaan karena mereka tidak sangat nyaman dengan cara kerja tradisional di eBay dan dalam waktu 4 tahun, setengah dari mereka memutuskan untuk berhenti. Sebagian besar karyawan yang meninggalkan PayPal setelah akuisisi memulai perusahaan mereka sendiri dan mayoritas dari mereka menjadi sukses. Perusahaan-perusahaan ini termasuk LinkedIn, YouTube, Yelp, Reddit, Tesla motor, SpaceX, Kiva, Adbrite dan banyak lainnya.

Cara melakukan transaksi pembayaran via Paypal

Paypal digunakan untuk membayar barang belanjaan pada situs yang menyediakan fasilitas ini. Anda juga bisa mengirim uang menggunakan saldo account Paypal, credit card atau account bank anda melalui Paypal. Pembayaran bisa meliputi US dollar, Euro dan mata uang lainnya. Cara mengirim dana melalui Paypal sebagai berikut:

Apa itu PayPal dan Cara Membuatnya

PayPal adalah salah satu metode pembayaran online yang paling banyak digunakan saat ini. Menggunakan PayPal memungkinkan kita untuk membayar atau dibayar secara online tanpa saling memberitahu apapun tentang informasi finansial masing masing. Yang kita lakukan hanyalah berbagi alamat email. Segala informasi tentang data finansial kita disimpan di server PayPal, jadi kita bisa dengan leluasa melakukan transaksi pembayaran kepada penerima atau penjual tanpa harus berbagi informasi finansial pribadi tersebut. Dana yang kita kirim melalui PayPal akan ‘singgah’ di akun PayPal, jika si calon penerima dana tersebut telah memasukan dan verifikasi informasi akun banknya maka dana tersebut akan di transfer ke akun bank miliknya. Jadi yang kita perlukan disini hanyalah alamat email yang valid.

Saturday, August 1, 2009

Cara membuat Yahoo Messenger Button

Disamping meletakkan Yahoo Pingbox, ada cara lain untuk berinteraksi langsung dengan pengunjung situs anda, yaitu dengan menempelkan Yahoo Messenger Button di blog atau situs anda. Langkah ini lebih mudah dan cepat daripada membuat Yahoo pingbox karena tidak usah atur konfigurasi segala. Yahoo Button ini juga bisa dipasang dimana saja, pada situs maupun blog. Tetapi kalau anda sedang mencari yang bisa meramaikan suasana dan warna pada blog, mungkin Yahoo pingbox yang anda cari, tapi dari sisi negatifnya pingbox lebih memakan tempat.

Cara Membuat Yahoo Pingbox

Apa itu Yahoo Pingbox? Yahoo Pingbox adalah sebuah alat atau widget yang memungkinkan anda untuk berchatting langsung dengan pengunjung situs anda. Anda dapat meletakkan widget atau Yahoo Pingbox ini di mana pun anda inginkan pada blog atau situs anda, dan ketika anda sign in ke account Yahoo Messenger milik anda, anda dapat mulai chatting dengan pengunjung anda. Pengunjung anda masih dapat chatting dengan anda meskipun mereka tidak memiliki Yahoo Messenger ID dan mereka tidak perlu menginstal aplikasi apapun. Yang harus mereka lakukan hanyalah mengetik apa yang ingin disampaikan dalam kotak teks Yahoo Pingbox yang telah disediakan dan tekan enter. Anda dapat chatting secara pribadi dengan pengunjung di blog anda, profil jaringan sosial atau situs web melalui Yahoo Messenger. Anda juga dapat memodifikasi dan mengubah font dan kulit dan berbagai pengaturan lainnya sebelum meletakkan Yahoo Pingbox ke situs anda.

Cara membuat Auto-Forward Email

Jika anda suka berbisnis lewat internet atau anda adalah seorang internet marketer, kadang membuat beberapa account email untuk hal- hal tertentu adalah sesuatu yang tak terhindarkan. Untuk membuka email- email anda satu- satu tiap hari dan mengeceknya bisa menjadi sesuatu yang melelahkan apalagi jika anda lupa mengingat passwordnya. Tapi taukah kalau di email itu ada yang namanya Auto-Forward, jadi anda bisa Auto Forward email- email anda ke satu account email saja. Artinya akun email lain yang menerima surat atau pesan email akan otomatis mengirim surat tersebut pada email yang anda tujukan. Jadi membuka email anda yang lain satu- satu sudah tidak diperlukan lagi (kecuali kalau anda ingin mereplynya atau membalasnya). Filter bisa digunakan untuk mengirim email- email tertentu dan menyaring spam.

Cara membuat folder pada email.

Yahoo,
Jika anda menerima banyak surat email yang tersimpan di inbox anda, kadang ada beberapa surat email yang anda hapus setelah membacanya dan kadang ada beberapa surat email yang anda ingin simpan untuk dilihat kembali di kemudian hari entah karena surat itu penting, menarik atau menyimpan kenangan tertentu. Nah..jika surat surat email yang anda simpan makin hari makin banyak dan ada kalanya jika anda ingin melihat surat email yang anda maksud maka anda harus mencari satu-persatu di setiap halaman yang ada. Untuk mempermudah hal tersebut anda bisa membuat beberapa folder untuk menyimpan surat-surat email tersebut dan memasukkannya sesuai dengan kategori atau kelompok-kelompok tertentu, misalnya folder A untuk menyimpan surat2 email dari teman, folder B untuk menyimpan surat2 email dari kantor dan folder C untuk menyimpan surat2 email dari keluarga atau famili.

Caranya cukup mudah yaitu anda login dolo ke email anda setelah itu klik “Add” pada kolom My Folder, setelah itu akan ada muncul kolom pop-up dan anda isi pada kolom tersebut dengan nama folder yang anda inginkan dan klik OK.

Atau cara kedua anda bisa klik “Edit” pada kolom My Folder di halaman utama email anda, setelah itu akan muncul halaman Folders, di sebelah kiri ada kolom Add Folder dan anda isi dengan nama folder anda sesuai dengan keinginan anda dan klik Add. Folder baru anda akan muncul di kolom sebelah kanan.

Untuk merubah nama folder tersebut atau menghapusnya anda bisa meng-klik tulisan “Rename” (merubah nama folder) atau klik tulisan “Delete” (menghapus folder) yang berada di dalam tanda kurung di samping nama-nama folder. Anda bisa membuat sebanyak 200 folder.

Gmail,
Gmail tidak menggunakan folder untuk meng-organisasi email, tetapi menggunakan label seperti halnya Blogger meng-organisasi postingannya. Jadi jika Yahoo menggunakan folder, Gmail menggunakan label, semua email yang terseleksi bisa dimasukkan ke dalam label tertentu dan yang lebih uniknya suatu email bisa dimasukkan lebih dari satu label, misalnya email yang diberi label “kantor” dan “boss” maka email-email tersebut adalah email yang berasal dari kantor dan yang dikirim oleh bossmu, yang bukan dari boss tapi juga berasal dari kantor akan hanya dimunculkan dalam label “kantor”.

Cara membuat label;
Pilih email-email yang akan dimasukkan ke dalam label baru, caranya centang kotak yang berada disamping nama email tersebut. Sesudah itu klik kotak yang bertulisan “label”, kotak drop-down menu yang terletak diatas kolom email inbox maka sejumlah pilihanpun akan muncul, pilih “Create New” sesudah itu isi label baru tersebut dengan nama label yang anda inginkan.

Cara membuat label atau folder di GmailCara kedua, klik “setting” sesudah itu klik “label”, isi label baru anda dengan nama yang anda inginkan dikolom kedua dibawah, setelah selesai klik “Create”. Maka label baru anda akan muncul di daftar Labels tersebut, sesudah itu balik ke inbox dan pilih email-email yang akan anda masukkan ke label baru anda tersebut, sesudah klik kotak yang bertulisan “label”, kotak drop-down menu yang terletak diatas kolom email inbox maka sejumlah pilihanpun akan muncul, klik nama label baru anda dan emailnya pun akan masuk ke kategori tersebut.

membuat folder atau label di Gmail
Untuk merubah nama label anda klik “Settings” yang terletak di atas kanan, setelah itu di kolom Labels yang berada di bawah terdapat nama-nama label yang anda miliki, klik nama label tersebut dan otomatis kolom isian akan terbuka dan anda bisa mengubahnya, setelah selesai merubahnya tekan enter. Untuk menghapus label tinggal meng-klik link "Remove" yang terletak disamping kanan label tersebut.

merubah nama label di gmail


Cara merubah nama kategori pada email

Cara merubah nama kategori dalam email.

Yahoo,
Jika anda salah memberi nama pada sebuah kategori di email dan anda mau mengganti atau merubahnya bisa saja. Caranya cukup mudah yaitu anda masuk ke email anda dolo setelah itu masuk ke Yahoo address book dengan cara meng-klik “Contacts” yang ada disamping kiri atas halaman utama email Yahoo. Setelah berada di halaman Yahoo address book anda klik “View All Contacts” dan tombolnya akan menampilkan drop down menu, setelah itu anda pilih nama kategori yang akan anda ganti namanya dan klik kategori tersebut. Setelah di klik maka semua nama nama kontak yang berada di dalam kategori tersebut akan muncul, selanjutnya anda klik tulisan “Change Name” tulisan berwarna biru yang berada di paling kanan halaman dan rubah atau ganti nama kategorinya sesuai dengan keinginan anda. Setelah diganti langkah terakhir tinggal meng-klik “SAVE” dan perubahan yang anda buat akan disimpan di buku alamat Yahoo atau address book Yahoo email anda.

Merubah nama kategori pada emailCara menghapus kategori pada email yang telah anda buat:
Caranya sama seperti yang dijelaskan di atas, yaitu setelah anda berada di halaman Yahoo address book anda klik “View All Contacts” dan tombolnya akan menampilkan drop down menu, setelah itu anda pilih nama kategori yang akan anda hapus. Selanjutnya anda klik gambar tong sampah yang berada di paling kanan halaman (cukup mudah bukan?).


Gmail,
Kategori pada Gmail disebut dengan Group, cara merubah nama group cukup mudah yaitu klik “Contacts” yang ada pada kolom kiri halaman Gmail, sesudah itu klik nama groupnya yang ingin anda ubah yang terletak pada bagian kiri dan klik Edit, setelah itu rubah nama group tersebut di kotak isian yang paling atas dengan nama group baru yang anda inginkan dan klik Save. Untuk menghapus nama group anda klik group anda dulu lalu klik “Delete group” yang disertakan dengan gambar tong sampah di bagian paling kanan.

merubah nama group di gmail


Bagaimana cara membuat kategori pada email

Bagaimana cara membuat kategori pada email atau mengedit kategori pada email.

Yahoo,
Jika kita bisa membuat kategori pada postingan di blog, di email kita juga bisa melakukan demikian.
Untuk membuat kategori pada buku alamat (address book) di email anda:
Buka Yahoo email anda dan setelah anda masuk pada halaman pertama klik tab “Contacts” yang berada di atas kiri. Setelah itu anda akan berada pada halaman Yahoo address book, di halaman itu klik “Add Category” dan isi nama kategori yang anda inginkan dalam kolom yang tersediakan, setelah selesai klik “SAVE”. Nama kategori yang baru saja anda buat akan disimpan dalam address book dan untuk mengeditnya anda bisa klik “View All Contacts” sebuah drop-down menu yang berada di kiri dan klik nama kategori anda yang telah dicantumkan disana.

Membuat kategori pada emailUntuk memasukkan nama atau alamat kontak ke dalam kategori:
Untuk memasukkan nama atau alamat kontak ke dalam kategori tentunya anda harus sudah memiliki atau membuat buku alamat (klik disini untuk mengetahui cara membuat buku alamat pada email). Setelah buku alamat atau address book sudah dibuat anda bisa akses ke dalam Yahoo address book tersebut dengan meng-klik "Contacts" pada halaman pertama email anda. Anda bisa conteng kotak disamping nama-nama kontak anda pada kolom yang berada di kiri (di halaman Yahoo address book), setelah itu klik “Add to Category” tulisan yang berwarna biru dan berposisi disebelah kanan dan pilih kategori mana yang akan anda masukkan pada pilihan drop-down menu yang disediakan. Jika sudah memilih, klik “DONE”. Semua pilihan daftar nama kontak anda akan berada di bawah kategori tersebut.

Memasukkan kontak ke dalam kategoriCara menghapus nama kontak dalam kategori:
Setelah anda berada di halaman Yahoo address book, pilih nama kontak yang akan dihapus dan centang kotak disampingnya, setelah itu klik tulisan delete (tulisan yang berwarna biru yang berada di kolom sebelah kanan).


Gmail,
Kategori pada Gmail disebut dengan Group, jadi kalau Yahoo menggunakan kategori Gmail menggunakan Group. Untuk membuat group juga amatlah mudah. Masuk ke akun Gmail anda, klik Contacts yang terletak di kiri halaman Gmail, sesudah itu klik tombol "New Group" sebuah tombol yang terdapat tanda plus dan gambar dua orang, tombolnya ada diatas kiri. Setelah di klik akan muncul kotak pop-up dengan kolom isian kosong yang harus anda isi untuk nama group baru anda.

cara membuat group di gmailKalau sudah selesai klik Ok, dan lain kali sewaktu anda hendak mengirim email anda tinggal ketik beberapa huruf depan nama group anda dan semua kontak dalam group tersebut akan otomatis muncul dalam list.

Untuk memasukkan kontak ke dalam group,
Untuk hal ini anda harus membuat buku alamat di Gmail terlebih dahulu. Langkah pertama anda masuk ke akun Gmail dulu, klik Contacts di kiri lalu pilih kontak mana saja yang akan anda masukkan ke dalam group yang anda inginkan dengan mencentang di kotak yang terletak disamping namanya, setelah itu klik Group dan pilih nama group anda yang akan anda masukkan kontak anda.


Cara membuat buku alamat pada email.

Membuat buku alamat yang berupa kumpulan kontak alamat-alamat email (address book) bisa disebut juga dengan membuat kategori (Yahoo) atau group (Gmail). Kelebihan membuat buku alamat di email atau membuat kategori di email adalah jika anda hendak menulis satu email dan mengirimkan ke beberapa orang atau ke banyak orang anda tidak perlu menuliskan satu-persatu alamat alamat email tersebut, anda cukup membuka buku alamat (address book) anda dan mencentang alamat alamat email yang telah anda masukkan sebelumnya dan email anda akan dikirim ke semua alamat yang anda conteng sekaligus atau sekali jalan (cukup mudah bukan?).

Anda juga bisa membagi-bagi daftar alamat-alamat email dalam buku alamat ke berbagai kategori atau group, misalnya kategori teman sekolah; di dalam kategori ini terdapat alamat-alamat email teman sekolah anda, kategori teman kerja; di dalam kategori ini terdapat alamat-alamat email teman kantor atau teman kerja anda, kategori keluarga atau famili; terdapat alamat email anggota keluarga atau saudara anda (klik disini untuk mengetahui bagaimana cara membuat kategori pada email).

Yahoo,
Cara membuat buku alamat atau cara membuat kategori di emailnya pun cukup mudah. Buka email Yahoo anda, setelah berhasil masuk pada halaman pertama diatas kiri klik “Contacts”, setelah diklik maka halaman Yahoo address book akan tampil, selanjutnya klik “Add Contact”, setelah itu anda bisa isi alamat emailnya dan data-data lain apa saja yang anda ingin masukkan. Tidak semua kolom isian anda harus isi, yang paling penting cuman nama, nickname dan alamat email (Home Email). Setelah selesai membuatnya anda sekarang bisa mengirim satu email ke banyak orang (klik disini untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana cara mengirim email ke beberapa orang sekaligus). Anda bisa memiliki sampai 1000 kategori pada buku alamat anda.

cara membuat buku alamat pada email

Gmail,
Untuk Gmail anda bisa klik Contacts di bagian kiri pada halaman Gmail, lalu klik tombol "New Contact", sebuah tombol yang terdapat tanda plus dan gambar orang. Tombol tersebut ada pada atas kiri sudut dalam kolom Contacts. Setelah itu data formulir kontak yang harus anda isi pun muncul. Anda tidak perlu mengisi semuanya, hanya yang penting saja seperti nama dan alamat email. Kalau sudah selesai klik Save. Setelah selesai membuatnya anda sekarang bisa mengirim satu email ke banyak orang (klik disini untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana cara mengirim email ke beberapa orang sekaligus).

cara membuat buku alamat pada gmail

Bagaimana cara mengirim email ke banyak orang

Bagaimana cara mengirim email ke beberapa kontak sekaligus.

Bagaimana jika anda mau mengirim sebuah email ke banyak orang dalam sekali kirim?, jika harus ditulis dan dikirim satu persatu maka akan sangat melelahkan dan memakan waktu apalagi kalau jumlah alamat email tujuannya amat banyak. Ada 2 cara untuk mengatasi masalah ini;

Cara kesatu adalah dengan cara manual, yaitu anda dapat meletakkan atau mengisi alamat alamat email yang akan anda kirim pada kolom To atau kolom Cc atau kolom Bcc (klik disini untuk mengetahui perbedaan antara Cc dan Bcc pada email). Anda sebaiknya ingat untuk memisahkan setiap alamat email tersebut dengan koma dan spasi setelah itu ketik alamat selanjutnya (contoh; alamat1@yahoo.com, alamat2@yahoo.com, alamat3@yahoo.com).

Cara kedua yang jauh lebih mudah dan praktis adalah;
(Yahoo) dengan menggunakan atau mengklik “insert addresses” yang berada di atas kolom ‘To’ pada surat email anda. Setelah meng-klik tulisan tersebut akan ada muncul window pop up yang berupa list atau isi-isi daftar kontak email anda yang sebelumnya harus anda buat terlebih dahulu (klik disini untuk mengetahui bagaimana cara membuat buku alamat pada email). Anda tinggal mencentang mana saja daftar-daftar kontak email yang akan anda kirim lalu klik “Insert Checked Contacts” maka semua kontak email yang anda centang akan masuk ke kolom tujuan pengiriman dan semua kontak email yang ada disitu akan otomatis ikut terkirim oleh email yang anda buat.

cara mengirim email ke banyak orang
(Gmail), dengan menggunakan atau mengklik “Contacts” yang berada di kiri halaman Gmail. Setelah itu centang nama nama kontak email anda yang sebelumnya harus anda buat terlebih dahulu (klik disini untuk mengetahui bagaimana cara membuat buku alamat pada email). Setelah dicentang lalu klik "Email" maka semua kontak email yang anda centang akan masuk ke kolom tujuan pengiriman dan semua kontak email yang ada disitu akan otomatis ikut terkirim oleh email yang anda buat.

cara mengirim email ke banyak orang

Cara Meletakkan Gambar di Email Yahoo

Mungkin bagi yang sering mengirim email dalam keperluan sehari-harinya sudah tau cara melampirkan gambar atau foto ke dalam email, yaitu dengan menekan tombol ‘Attach Files’ pada halaman Compose Mail di Yahoo, browse ke tempat dimana gambar itu diletakkan dan otomatis Yahoo akan meng-upload gambar tersebut. Tetapi dengan cara seperti itu si penerima harus download lagi untuk melihat gambarnya, tidak bisa melihat isi suratnya beserta gambarnya secara bersamaan, itu salah satu kekurangannya. Memunculkan gambar bersamaan dengan isi suratnya atau kontennya akan terlihat lebih praktis dan elegan.

Arti Dan Perbedaan Cc dan Bcc Pada Email

Jika anda sering menggunakan email untuk keperluan sehari-hari seperti saya, anda pasti sudah pernah melihat kolom To, Cc dan Bcc pada email anda walaupun tidak semuanya tau apa kegunaan dan perbedaan antara mereka. Awalnya saya juga tidak tau, saya lebih sering menggunakan kolom ‘To’ dan ‘Cc’, tetapi karena keseseringan saya menggunakan email akhirnya saya menemukan kondisi dimana saya memerlukan dan dapat mengetahui kegunaan fasilitas ‘Bcc’ pada email.

Baiklah disini saya akan menceritakan sedikit kegunaan dan perbedaan antara mereka;

To: Di kolom ini anda mengisi alamat tujuan utama anda.

Cc: Singkatan dari carbon copy, di kolom ini anda dapat mengisi alamat-alamat email yang akan anda kirim, dan isi email yang dikirim berupa copyan dari email yang anda tujukan di kolom To. Jangan lupa jika alamat email yang anda tulis lebih dari satu maka pisahkan dengan tanda koma setelah itu spasi dan ketik alamat selanjutnya (contoh: tujuankesatu@yahoo.com, tujuankedua@gmail.com, tujuanketiga@hotmail.com). Alamat-alamat yang anda tulis di kolom Cc akan muncul di setiap email yang anda kirim, jadi setiap penerima email bisa membaca dan mengetahui siapa saja yang anda kirimkan email tersebut.

Bcc: Singkatan dari blind carbon copy, di kolom ini anda dapat mengisi alamat-alamat yang akan anda kirim, hampir sama seperti Cc cuman jika melalui Bcc maka kolom To kita tidak perlu isi alias bisa dikosongkan dan semua alamat yang diisi di kolom Bcc tidak akan dipublikasikan alias di ‘hidden’ maka setiap penerima email anda tidak akan tau siapa saja yang anda kirim email tersebut. Jangan lupa jika alamat email yang anda tulis lebih dari satu maka pisahkan dengan tanda koma setelah itu spasi dan ketik alamat selanjutnya (contoh: tujuankesatu@yahoo.com, tujuankedua@gmail.com, tujuanketiga@hotmail.com).

(Yahoo), Jika alamat email tujuannya banyak anda bisa menggunakan fasilitas "insert addresses" maka akan lebih mudah dan tidak perlu ditulis satu-persatu. Setelah di klik link "insert address"nya yang terletak diatas kolom To maka buku alamat Yahoo pun muncul dan anda tinggal mencentang kontak yang mana saja yang ingin anda kirim.
(Gmail), Jika alamat email tujuannya banyak anda bisa menggunakan fasilitas "Contacts" maka akan lebih mudah dan tidak perlu ditulis satu-persatu. Setelah di klik link "Contacts"nya yang terletak di kiri halaman Gmail, maka buku alamat Gmail pun muncul dan anda tinggal mencentang kontak yang mana saja yang ingin anda kirim.

Tidak semua email akan muncul kolom Cc dan Bcc secara otomatis, pada email tertentu seperti gmail anda harus mengaktifkannya dengan mengklik tulisan "add Cc" atau "add Bcc", jika pada yahoo klik tulisan "show Bcc".

Cc dan Bcc pada Email