Menukar posisi judul blog dengan judul post

Secara default, Blogger meletakkan judul blog sebelum judul artikel atau post pada title bar. Seperti diketahui oleh para pakar seo kalau hal itu tidaklah ideal. Untuk memaksimalkan search engine optimasisasi kata kunci judul post perlu diletakkan terlebih dahulu sebelum judul blog. Hal ini untuk membiarkan sang robot, spider atau crawler dari search engine untuk membaca kata kunci yang ditarget sebelum membaca yang lainnya. Dengan begitu bisa lebih diharapkan bahwa situs kita akan ditampilkan lebih utama pada hasil pencarian search engine.


cara menukar posisi judul blog dengan judul postUntungnya, ada hack yang bisa mengatasi masalah tersebut. Dengan menukar posisi kedua judul tersebut pada title bar, maka blog kita akan mendapatkan kemajuan yang signifikan di hasil pencarian search engine. Berikut adalah cara melakukannya:
  • Login ke akun Blogger anda dan navigasi ke Layout – Edit HTML.
  • Sebelum merubah apa apa di kolum html, disarankan agar mem-backup dulu template anda untuk menghindari hal- hal yang tak diinginkan. Klik ‘download full template’ dan simpan di harddisk anda. Hal ini berguna jika anda salah menghapus kode kode penting.
  • Cari dan ganti line kode di bawah ini:

    <title><data:blog.pageTitle/></title>

    Dengan kode di bawah ini:

    <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
    <title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>
    <b:else/>
    <title><data:blog.pageTitle/></title>
    </b:if>
  • Setelah itu klik ‘Save template’ dan selesai sudah.
Anda bisa mengecek pada browser anda apakah sudah ada perubahan. Judul blog anda seharusnya sudah pindah ke kanan, dan judul artikel anda seharusnya sudah pindah ke kiri. Hal ini akan sama jika anda melihat semua postingan individual pada blog anda.



8 comments:

  1. Kok belum berubah ya... Gimana?

    ReplyDelete
  2. mungkin anda salah menempatkan kodenya, coba saja lagi bisa kok. jangan lupa di 'save template' dan jgn lupa juga di backup dulu templatenya.

    ReplyDelete
  3. <title><data:blog.pageTitle/></title>

    Kode di atas diganti dengan kode di bawah ini kan?

    <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
    <title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>
    <b:else/>
    <title><data:blog.pageTitle/></title>
    </b:if>

    ReplyDelete
  4. sepertinya kode yg anda berikan berbeda dgn yg dijelaskan diatas

    ReplyDelete
  5. nice share, ane coba dulu mastah dan semoga berhasil :)

    ReplyDelete
  6. Nice share gan, search engine scr struktur biasanya akan membaca pada artikel yang diposting sbb : H1 - H2 dan H3 pemberian judul artikel yg diperhatikan harus sesuai dengan keyword yg akan di optimasi begitu juga dg h2.

    ReplyDelete
  7. Terima kasih untuk informasinya,semoga bermanfaat nice your post

    ReplyDelete