Saturday, October 31, 2009

Perbedaan Search Engine dan Web Directory

Search engine dan Web directory adalah dua jasa servis pencarian berbeda yang terdapat di komunitas web. Salah satu perbedaan dasar antara search engine dan Web direktori ini adalah Web directory membangun sistim index nya oleh manusia (editor) sedangkan search engine membangun sistem per-indexannya oleh robot atau disebut juga dengan spider atau crawler. Banyak Web direktori dan search engine memiliki sistim index yang dilakukan oleh manusia dan komputer, dan yang disebut dengan sistim hybrid.


Pada search engine, robot/ spider atau crawler mempunyai fungsi untuk membaca konten, menempatkan halaman web dan melaporkan balik hasil temuannya pada search engine database. Ketika orang menggunakan keyword pada search engine untuk mencari situs, mereka sebenarnya sedang mencari pada index di search engine. Perbedaan lain dari kedua jasa pencarian yang banyak digunakan pengguna internet tersebut ialah search engine mencantumkan pendaftarannya berdasarkan halaman web, sedangkan direktori web mencantumkan pendaftarannya berdasarkan website utama (homepage atau root directori pada situs).

Search Engine Submission Tips
Ketika melakukan listing pada website anda ke search engine, lebih baik dilakukan secara manual dan sebelumnya baca dulu petunjuk dan instruksi submission search engine tersebut. Sekarang hampir semua search engine besar memberi petunjuk agar untuk melakukan submit secara manual. Submit situs lebih dari sekali hanya akan memperlambat waktu ter-indexnya oleh mesin pencari.

Jangan mencoba untuk menipu search engine dengan meletakkan kalimat kata kunci pada background yang warnanya sama, meletakkan banyak keywords pada comment dan sebagainya. Jika ketauan situs anda bisa kena ban untuk selamanya.

Buat meta tag yang berhubungan, tiap halaman pada website anda harus memiliki keyword yang berhubungan, begitu juga dengan judul dan deskrispi. Kata kunci (keyword) bisa diletakkan beberapa pada konten, terutama pada heading dan paragraf pertama. Meletakkan keyword pada alt tag juga disarankan (sebagian search engine meng-index alt tag). Anda bisa membuat halaman ‘doorway’ (khusus kata kunci spesifik untuk keyword anda yang paling penting) untuk digunakan sebagai doorway menuju website anda.

Jangan meletakkan simbol simbol pada URL situs anda seperti “&, ?, $, %, =”. Simbol simbol tersebut tidak dikenali oleh search engine. Merubah nama URL pada halaman web, mengganti file extension dan mengubah nama file setelah melakukan submission juga sangat tidak disarankan.



2 comments:

  1. mantap bget infonya...tp sepertinya sekarnag searc engine bersifat global...walaupun ad jg yg tetap spesifik

    ReplyDelete
  2. Mantap infonya gan ,kunjungi balik istaguvera.com

    ReplyDelete