Sunday, February 7, 2010

Akses internet menggunakan dial up

Ada kalanya kalau anda akan membutuhkan koneksi internet melalui dial up yang sekarang ini telah jarang digunakan oleh para pengguna internet. Alasannya pun bisa banyak, seperti jaringan bandwith besar yang sedang anda gunakan lagi down atau bermasalah, atau juga anda lagi berada pada daerah daerah yang tidak tersedia koneksi internet broad band sedangkan anda perlu mengecek email penting atau ada keperluan penting lainnya dalam dunia maya ini maka anda pun kemungkinan besar akan menggunakan alternatif lain, yaitu dial-up.

Berikut cara konfigurasi koneksi internet menggunakan dial up (line telepon) dan ISP yang kita gunakan adalah telkom:
  • Sambungkan kabel telepon (RJ-11) ke laptop anda.
  • Anda navigasi ke Control Panel, lalu klik “Network and Sharing Center”. Tutorial ini menggunakan Vista, jika anda menggunakan Operating System lain langkahnya hampir sama, hanya tampilan menunya saja yang agak lain.
  • Setelah itu, klik “Set up a connection or network” pada kolom bagian kiri layar.
  • Setelah itu klik “Set up a dial up connection”.
  • Masukkan Dial-up phone number, user name dan password setelah itu klik Connect. Masukkan 0809 8 9999 pada kolom “Dial-up phone number”, User namenya bisa diisi dengan telkomnet@instan dan passwordnya bisa diisi dengan telkom. Ini adalah cara akses menggunakan TelkomNet Instan.

  • dial up menggunakan telkomnet@instan
  • Suara nada sambung (dial tone) akan terdengar dan koneksinyapun sedang diproses.

  • akses internet melalui dial-up
  • Berikut screenshot gambar yang menunjukkan bahwa anda berhasil masuk koneksi internet dengan dial-up
berhasil set up koneksi internet dengan dial up
Konfigurasi settingan yang baru saja anda buat dan beri nama untuk koneksi telkomnet dial-up pun akan otomatis muncul di Network Connection untuk mempermudah anda mengaksesnya, anda juga bisa membuat short-cut pada settingan tersebut.

Tarif menggunakan Telkomnet Instan ini berkisar rp 165,-/menit (sudah termasuk pulsa telepon + internet) dan kecepatan maksimum yang diberikan adalah 56 kbps (kilo byte per second). Jika dibandingkan dengan ADSL tentu saja jauh, dengan menggunakan dial-up beberapa halaman web akan load begitu lamban terutama jika halaman tersebut terdapat banyak gambar-gambar anime dan sejenisnya, namun anda bisa setting pada browser anda untuk tidak menampilkan gambar tersebut untuk mempercepat loading.

Untuk mencari tau apakah jaringan telepon yang anda miliki bisa akses internet anda bisa mencobanya dengan mengangkat telepon tersebut dan dial 0809 8 9999, apabila setelah beberapa saat terdengar suara bunyi modem (bunyi seperti fax) maka artinya bisa.

No comments:

Post a Comment