Sunday, February 7, 2010

Apakah Wireless Router itu Berbahaya - Bahaya WiFi

bahaya wireless router
Perdebatan seputar bahayanya radiasi elektromagnetik telah berlangsung selama bertahun-tahun. Karena teknologi semakin lama semakin berkembang dan maju, ini sekaligus juga meningkatkan adanya medan elektromagnetik, atau EMFs, fakta bahwa radiasi elektromagnetik dapat membahayakan tidak dapat diabaikan. Wireless router, salah satu produk yang paling sering dipakai di rumah-rumah, juga dapat memberikan kontribusi tingkat tinggi EMF di sekitar rumah anda.

Apakah EMFs itu?
Ketika setiap jenis perangkat elektronik digunakan, ia menciptakan EMFnya sendiri. Struktur EMF bervariasi, tergantung pada frekuensi dan intensitas listrik, namun semua EMFs (electromagnetic fields) bisa berbahaya jika anda terkena terlalu sering atau untuk jangka waktu yang lama. Karena ini, jelas juga bahwa mengapa memiliki begitu banyak gadget teknologi di rumah maka kesehatan seseorang bisa terancam.


apa itu wireless router berbahaya
Walaupun jika anda tidak memiliki jaringan wireless atau WiFi di rumah, anda masih kena di toko-toko, restoran, kedai kopi, perpustakaan, sekolah dan masih banyak lagi. Selain itu, jaringan nirkabel tetangga anda juga bisa menyusup pada ruangan anda. Jika anda dapat mengambil sinyal wireless dari tetangga pada laptop anda, maka EMFs mereka juga ikut membanjiri rumah anda.

Jaringan rumah atau kantor wireless mengirimkan sinyal radio pada frekuensi yang sama seperti frekuensi microwave oven yang digunakan untuk memasak makanan. Seperti semua sinyal radio, semakin dekat anda ke pemancar (router) semakin kuat sinyalnya. Ponsel bekerja pada prinsip yang sama. Perbedaannya adalah bahwa ponsel bekerja pada frekuensi yang berbeda dan mengeluarkan sinyal yang lebih kuat daripada wireless LAN. Handphone mengeluarkan radiasi 10 kali lipat lebih kuat dari pada wireless router.

Bahayanya EMFs Bagi Kesehatan Manusia
Ketika elektrikal sistem tubuh kita diubah, ada beberapa masalah kesehatan yang bisa terjadi termasuk tumor otak, kelelahan, masalah jantung, dan risiko lebih tinggi terkena kanker dan leukemia. Selain itu, ada juga yg melaporkan kondisi kesehatan lain yang terkait dengan masalah EMF, tetapi penelitian belum mengkonfirmasi efek jangka panjang akibat radiasi elektromagnetik dari barang-barang rumah tangga yang dapat mempengaruhi pada individu.

Hal terbaik yang bisa kita lakukan untuk menghindari overexposure EMFs ini adalah matikan semua perangkat elektronik saat tidak digunakan, atau anda dapat menggantinya dengan koneksi perangkat hard-wired. Mencabut plug mereka juga penting karena bahkan jika mereka sedang off perangkat ini masih bisa memancarkan radiasi.

No comments:

Post a Comment