Wednesday, April 14, 2010

Cara Download dan Install Blackberry Screen Grabber untuk Melakukan Screen Shot (Pengambilan Gambar)

Screen shot atau pengambilan foto/gambar layar pada blackberry sangatlah berguna, program ini dapat digunakan untuk merekam perbincangan penting, modul, peta, transaksi pembayaran dan juga dapat sangat membantu jika terdapat masalah teknis atau software2 yg digunakan pada handphone anda karena gambar2 tersebut bisa dikirim atau diterima oleh teknisi atau tukang handphone agar masalahnya lebih dapat dimengerti.

Saat membeli blackberry, handphone baru anda tidak disertai fasilitas ini dan anda harus mendownloadnya untuk mendapatkan program tersebut. Salah satu program yang dapat digunakan untuk melakukan ini adalah Screen Grabber.

Blackberry Screen Grabber adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk merekam gambar yang tampil pada layar handphone Blackberry. Untuk menggunakannya pun sangat mudah dan simpel, dan yang lebih penting lagi – Gratis! Setelah melakukan screen shot anda dapat mengirim gambar tersebut ke semua kontek di blackberry anda.

Bagi yang tertarik anda bisa mulai mendownloadnya melalui tahap tahap berikut ini:
  • Tekan tombol Blackberry Menu pada ponsel anda. Cari menu “Download” dan klik icon tersebut.
  • Setelah itu klik icon “Blackberry App World”.
cara download instal blackberry screen grabber aplikasi

  • Tekan tombol Blackberry Menu lagi pada ponsel anda dan klik “Search”.
  • Pada kotak pencarian tersebut, ketik “screen grabber free” dan tekan tombol enter di ponsel anda.
cara menggunakan screen grabber blackberry

  • Setelah program Screen Grabber muncul pada layar, klik tombol “Download” dan blackberry anda akan mulai mendownload programnya untuk anda.
  • Setelah program Screen Grabber berhasil terinstal, anda bisa mulai menggunakannya dengan menekan tombol Menu pada ponsel anda dan klik “Screen Grabber” dan program tersebut akan merekam foto pada layar anda. Setelah merekamnya anda akan ditanya apakah gambar tersebut mau disimpan atau dikirim lewat email.

Semua gambar yang direkam akan disimpan pada folder yang dinamakan Screen Grabs. Kabar bagus lainnya adalah gambar2 tersebut tidak terdapat watermark dan iklan-iklan Screen Grabbernya itu sendiri. Aplikasi ini dapat digunakan pada berbagai model blackberry (dari 8100 sampai ke 9981) dan selama ponselnya itu sendiri menggunakan OS versi 4.5 keatas.

Salah satu kekurangan dari app ini adalah setelah mengambil gambar, maka akan muncul iklan yang tidak bisa dicancel. Iklan ini hanya akan muncul setelah melakukan tiap screen shot. Kekurangan lainnya adalah jika anda menekan tombol menu dari home screen (tampilan layar utama) maka anda tidak menemukan tombol screen grabs sehingga anda tidak bisa merekam foto atau gambar pada home screen itu sendiri.

Tapi jika anda perlu melakukan hal ini, ini ada sedikit tip atau trik dari saya – klik Option pada menu blackberry anda, klik screen/keyboard, ganti salah satu convenience keynya untuk melakukan screen shot, setelah itu balik pada tampilan layar utama dan tekan tombol key tersebut – beres  :)

Anda memiliki tip atau trik lainnya mengenai hal ini? silahkan berbagi melalui komen di bawah.

No comments:

Post a Comment