Wednesday, February 13, 2008

Fakta Menarik Tentang Jackie Chan (Aktor Laga Hong Kong)

aktor laga kungfu hong kong
Jackie Chan mungkin adalah entertainer terkaya dan paling terkenal di Asia. Dia telah muncul di lebih dari 100 film sejak debutnya pada tahun 1962. Saat ini, ia adalah aktor Asia dengan bayaran tertinggi, mendapatkan setidaknya $ 15 juta per film.

Jackie Chan dilahirkan dengan nama Chan Kong-san (yang artinya ‘lahir di Hong Kong’) pada 7 April 1954.

Dia mulai belajar seni bela diri, akrobatik, drama, dan bernyanyi pada usia tujuh tahun.

Sesaat sesudah Jackie Chan lahir, dia sempat pengen dijual oleh orang tuanya ke seorang dokter Inggris karena keluarganya sangat miskin dan tidak sanggup membayar biaya operasi sesar untuk kelahiran anaknya. Setelah ditegur oleh temannya, akhirnya sang ayah dapat membayar biaya operasi karna dipinjamkan uang oleh temannya.

Dia mulai dipanggil dengan nama barunya, Jackie (karena menurut rekan kerjanya nama Cina Jackie susah disebut), ketika ia bekerja di Canberra (Australia), sebagai pekerja konstruksi.

Jackie Chan dikabarkan menghabiskan 12 bulan dalam kandungan dan akhirnya dikeluarkan melalui proses sesar. Ibunya memberi dia julukan "cannonball" (yang berarti bola meriam) karena saat dilahirkan memiliki berat 12 pound (5.44 kilogram).

Ibu Jackie Chan adalah seorang penyelundup opium dan ayahnya adalah seorang mata-mata yang bekerja untuk Pemerintahan Nasionalis di Tiongkok.

ayah orang tua jackie chan


Ayahnya Jackie juga seorang anggota mafia Shanghai terorganisir yang terpaksa melarikan diri ke Hong Kong setelah komunis mengambilalih Cina daratan pada tahun 1949.

Dia juga bermain di film dewasa komedi pada tahun 1975 yang berjudul All in the Family, yang juga dibintangi oleh aktor kung fu Sammo Hung."Saya harus melakukan apapun yang saya bisa untuk hidup 31 tahun yang lalu, tapi saya tidak berpikir itu merupakan masalah besar.." katanya kepada Information Times pada tahun 2006.

film dewasa jackie chan membintangi
Jackie Chan mengawali karir film sebagai stuntman pada film Bruce Lee, Fist of Fury dan Enter the Dragon.

bruce lee dan jackie chan fakta stuntman
Dengan menggunakan unsur komedy lah yang berhasil mempopulerkan film Jackie Chan dari film bintang terkenal action dan kungfu lainnya.

Jackie Chan mampu mematahkan dua belas blok beton dengan pukulan tangannya, sambil memegang telur (tanpa pecah) dalam kepalannya.

jackie chan memecahkan beton dengan telur

Ketika ia bekerja sebagai penjaga klub malam, Jackie Chan menghabiskan dua hari setelah bertengkar mencoba untuk menyambungkan kembali tulangnya yang dia kira patah ke tangannya, namun dia kemudian menyadari bahwa itu bukan tulangnya, melainkan gigi orang lain yang nyangkut setelah dia menghajar dengan tangannya.
kecelakaan berantem jackie chan

Jackie Chan selalu membawa beberapa senjata dan bahkan granat untuk melindungi dirinya dan artis yang lain dari The Triad pada 1980-an dan 1990-an.

Tidak ada perusahaan asuransi yang mau mendukung film-film laga yang diperankan dan dibuat oleh Jackie Chan.

jackie chan melompat gedung
 Jackie Chan meraih beberapa rekor dunia, diantaranya:
Aktor yang melakoni adegan-adegan berbahaya sendiri (tanpa stuntman) terbanyak dalam film.
Orang yang memegang jabatan terbanyak dalam sebuah produksi film.

jackie chan cetak rekor dunia guinness
 Dalam salah satu filmnya, Jackie menjabat untuk 15 posisi sekaligus: Sutradara, Aktor, penulis skenario, produser, produser eksekutif, art director, pengarah sinematografi, stunt coordinator, unit production manager, composer, gaffer, catering coordinator, props, theme tune vocalist, dan stuntman.

Jackie Chan juga pernah melakoni adegan yang begitu rumit sehingga harus melakukan pengambilan gambar sebanyak 2900 kali, hal ini sekaligus memecah rekor dunia sebagai pengambilan terbanyak dari Guinness World Record.

Dalam perjalanan karirnya, Jackie Chan pernah patah hidungnya, retak pergelangan kaki, retak sebagian besar jari-jarinya, kedua tulang pipinya dan tengkoraknya (ditambal bersama dengan pelat baja).

bagian tubuh luka akibat kecelakaan jackie chan


Jackie Chan sendiri tidak suka dengan seri filmnya yg berjudul Rush Hour karena menurut dia adegan aksinya dan selera humor Amerika tidak sama dengannya. Dia melakukannya karena ditawari dengan jumlah uang yang 'menggiurkan'.

film bioskop rush hour jackie chan


Anaknya (Jaycee Chan) tidak akan mendapatkan semua hartanya Jackie Chan yang diperkirakan sejumlah $ 130.000.000. Jackie mengatakan "Jika dia mampu, dia bisa mencari uang sendiri. Tapi jika dia tidak bisa, dia hanya akan membuang-buang uang saya".

Dua penggemar berat Jackie bunuh diri setelah mendengar kabar bahwa ia akan segera menikah dengan calon istrinya. Jackie mengatakan "Seorang gadis bunuh diri di subway. Satunya lagi bunuh diri di depan kantor saya".

Pada tahun 1999, perselingkuhan Jackie Chan dengan artis Elaine Ng terbongkar. Artis cantik itu juga mengandung anak bintang laga tersebut dan mereka mendapatkan sorotan tajam.

selingkuhan jackie chan dan elaine ng
 Mantan kekasihnya itu juga mengatakan bahwa dia tidak pernah menerima tunjangan apapun dari Jackie dan memutuskan untuk membesarkan putrinya sendiri. Mantan Miss Asia 1990 ini sempat dikabarkan melakukan tindak kekerasan pada anaknya dan ia mengaku ini dilakukan karna stress berat ketika menjadi seorang orangtua tunggal.

Wanita lain yang dikaitkan dengan hubungan asmara bersama Jackie Chan antara lain Zhang Ziyi, Rosamund Kwan, Teresa Teng, Li ting, Xu Jinglei, Fan Bingbing, serta aktris Korea Kim Hee Sun.

Anaknya Jackie, Jaycee Chan juga pernah dipenjara selama enam bulan karena kasus narkoba. Ia terbukti menyimpan 100g mariyuana dan ditest positif menggunakan narkoba.

anak istri jackie chan jaycee
 Jackie Chan berbicara 7 bahasa: Mandarin, Inggris, Kanton, Jerman, Korea, Jepang dan Thailand.

Meskipun ia berbicara 7 bahasa, dia masih tidak bisa membaca atau menulis dengan sangat lancar, dan memiliki orang lain untuk menulis skrip untuknya.

Jackie Chan adalah pendukung Partai Komunis China. Menurut dia, demokrasi Taiwan adalah "lelucon terbesar di dunia".

Jackie juga mengatakan bahwa Amerika adalah negara terkorup di dunia - dalam wawancara dengan sebuah stasiun televisi China.

1 comment:

  1. nama lahir jackie tercatat Chan Kong San karna saat itu surname ayahnya udah diganti Chan, padahal nama marga asli ayahnya adalah Fong. dia ganti biar ga ketauan para komunis pada saat itu. jackie sndiri kaget tau marga aslinya adalah fong, lalu dia ganti balik nama surname dia jadi fong di taun 90an, itu sebabnya knp nama anaknya jaycee fong.

    ReplyDelete