Sunday, February 7, 2010

Kelebihan dan Kekurangan Wireless Router

kekurangan dan kelebihan wireless router
Dolo, waktu zaman masih belom secanggih sekarang, tiap aplikasi internet di rumah hanya bisa digunakan melalui satu koneksi ke satu komputer saja dan hanya seorang pengguna yang bisa menikmati, yang lain harus menunggu giliran. Sekarang, dengan terciptanya router, internet bisa dinikmati dengan mudah oleh lebih dari satu pengguna komputer.

Router nya itu sendiri juga telah berkembang dari tahun ke tahun menjadi lebih canggih. Kalau dolo cuman ada wired router, sekarang router dimana-mana udah menjadi wireless. Tetapi seperti logo wireless nya itu sendiri (yin yang), koneksi ini juga memiliki kelebihan maupun kekurangan:



Kelebihan

Wireless Router dapat dihubungkan ke / dari mana saja di ruangan anda atau rumah. Itu berarti anda dapat log on dan surfing internet di mana saja pada ruangan anda.

Kemudahan dan kecepatan instalasi, dengan menggunakan wireless router anda juga tidak perlu lagi cape cape melakukan pengeboran pada dinding, memalu paku di dinding atau memasang dan menyusun kabel kabel yang panjang dan rumit dari satu tempat ke tempat yang lain. Dengan ini, anda akan banyak menghemat waktu.

Kekurangan
koneksi wifi bisa bermasalah

Koneksi wireless atau nirkabel akan menjadi sedikit lebih lambat daripada koneksi kabel. Ini dikarenakan pada koneksi nirkabel atau WI-FI mentransmisikan melalui udara dan dapat diblokir atau diganggu oleh gelombang lain di sekitarnya.

Keamanan merupakan salah satu kelemahan utama ketika memilih jaringan nirkabel, jaringan kabel atau wired connection memberikan keamanan yang lebih terjaga. Jika tidak teliti mensetting jaringan nirkabel, semua data pribadi yang disimpan di laptop atau PDA bisa terekspos kepada siapa pun di sekitar tempat yang sama. Ada kemungkinan bahwa orang iseng atau jahat bisa mendapatkan password dan informasi pribadi yang penting dengan mudah dari jaringan nirkabel jika tidak dikonfigurasi dengan benar.

'Kemacetan' bisa terjadi pada WI-FI, terutama di kota-kota yang memiliki populasi toko dan organisasi besar yang mentransmisikan melalui saluran yang sama, dan akhirnya menyebabkan banyak gangguan.

Perangkat lain dapat menjadi masalah juga. Perangkat seperti blue tooth, telepon nirkabel dan microwave oven kadang bisa menyebabkan gangguan.

Satu lagi adalah faktor kesehatan, wireless router memancarkan gelombang elektromagnetik yang menurut para penelitian dapat menimbulkan beberapa penyakit atau efek buruk pada tubuh manusia seperti tumor otak, masalah jantung, kanker, leukemia, kelelahan, kesulitan tidur, dll.

No comments:

Post a Comment