Sunday, February 7, 2010

Perbedaan Prosesor & Windows 32-Bit dan 64-Bit

Apa perbedaan antara 32-bit dan 64-bit versi Windows?

Istilah 32-bit dan 64-bit mengacu pada cara prosesor komputer (atau dikenal juga dengan sebutan CPU), menangani informasi. Versi 64-bit Windows bisa menangani random access memory (RAM) dengan jumlah yang lebih besar dan efektif dibandingkan dengan yang sistem 32-bit.

Untuk menginstal versi 64-bit Windows, Anda membutuhkan CPU yang mampu menjalankan versi 64-bit Windows. Manfaat menggunakan sistem operasi 64-bit yang paling efektif ketika Anda memiliki random access memory (RAM) yang besar yang terinstal di komputer Anda, biasanya 4 GB RAM atau lebih. Salah satu keuntungan menggunakan sistem 64-bit dari sistem 32-bit adalah mesinnya bekerja lebih responsif pada saat beberapa program dijalankan secara bersamaan dan juga jika ketika anda beralih dari satu program ke yang lainnya.

Bagaimana cara untuk mengetahui apakah komputer anda menjalankan versi windows yang 32-bit atau yang 64-bit?
Tidak semua window sama, namun untuk windows 7 dan windows Vista anda bisa klik tombol menu di bawah kiri kemudian klik-kanan Computer, lalu Properties. Pada kolom System disana terdapat informasi mengenai tipe sistim yang anda gunakan.

cara mengetahui versi windows berapa bit

Salah satu perbedaan besar antara 32-bit dan 64-bit prosesor adalah jumlah kalkulasi per detik yang dapat mereka melakukan, hal ini tentunya mempengaruhi kecepatan mereka dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Prosesor 64-bit hadir dalam versi dual core, quad core, enam core, dan delapan core pada komputasi rumah.

Apakah komputer saya bisa menjalankan windows versi 64-bit?

Untuk menjalankan windows 64-bit, komputer kita harus memiliki prosesor 64-bit. Untuk mengetahui apakah prosesor di komputer kita itu 64-bit, kita bisa mengeceknya dengan:

Klik tombol Start di bawah kiri, lalu klik Control Panel, kemudian “Open Performance Information and Tools”. Setelah itu klik "View and print detailed performance and system information" dan akan ada window pop-up muncul. Di window pop-up tersebut terdapat informasi tentang computer anda. Perhatikan dan baca informasi yang berada di kolom System, apakah “64-bit capable” nya tulisanya Yes, jika iya berarti computer anda bisa menjalankan windows versi 64-bit.

cara mengecek versi prosesor windows

Prosesor 32-bit

Prosesor 32-bit merupakan prosesor utama yang digunakan dalam semua komputer sampai pada awal 1990-an. Prosesor Intel Pentium dan prosesor awal AMD merupakan prosesor 32-bit. Windows 95, 98, dan XP semua merupakan sistem operasi 32-bit yang digunakan pada komputer dengan prosesor 32-bit. Komputer dengan prosesor 32-bit tidak bisa menjalankan operasi sistem versi 64-bit.

Prosesor 64-bit

Komputer 64-bit telah ada sejak tahun 1961 ketika IBM menciptakan IBM 7030 Stretch supercomputer. Namun system ini tidak digunakan pada komputer rumah sampai awal 2000-an. Microsoft merilis Windows XP 64-bit untuk digunakan pada komputer dengan prosesor 64-bit. Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8 juga hadir dalam versi 64-bit.

Software-software atau perangkat lunak juga akhirnya dirancang untuk komputer 64-bit, yang berbasis 64-bit juga. Sebuah komputer dengan prosesor 64-bit dapat menjalankan sistem operasi 64-bit maupun 34-bit, hanya saja jika menjalankan sistem operasi 32-bit, prosesornya yang berkemampuan 64-bit tidak akan bekerja secara maksimal.

Perlu diketahui bahwa pada komputer dengan prosesor 64-bit, Anda tidak dapat menjalankan program kuno yang versi 16-bit. Banyak program 32-bit bisa berjalan dengan prosesor dan sistem operasi 64-bit, tetapi beberapa program 32-bit yang lebih lama/kuno mungkin tidak akan berfungsi dengan baik, atau tidak berfungsi sama sekali dikarenakan kompatibilitasnya yang terbatas atau tidak kompatibel sama sekali.

No comments:

Post a Comment