Sunday, February 7, 2010

Apa Itu Kegunaan Modem - Fungsi & Sejarah

Modem adalah perangkat atau program yang memungkinkan komputer untuk mengirimkan data melalui saluran telepon atau kabel. Informasi komputer disimpan secara digital, sedangkan informasi yang dikirimkan melalui saluran telepon ditransmisikan dalam bentuk gelombang analog. Modem mengkonversi antara kedua bentuk ini.

Dengan kata lain, modem adalah jenis perangkat hardware yang mengkonversi antara data analog dan digital secara real time untuk jaringan komunikasi dua arah. Modem singkatan dari modulator demodulator.

Standar Modem Interface

Untungnya, ada satu antarmuka standar untuk menghubungkan modem eksternal ke komputer yang disebut RS-232. Akibatnya, setiap modem eksternal dapat dihubungkan ke setiap komputer yang memiliki port RS-232, di mana hampir semua personal komputer memilikinya. Ada juga modem yang dibuat sebagai expansion board yang dapat Anda masukkan ke slot expansion slot. Ini kadang-kadang disebut modem onboard atau modem internal.

Protokol Data Formatting

Selagi modem interface di-standarisasi, sejumlah protokol berbeda untuk mem-format data yang akan dikirimkan melalui saluran telepon beredar. Beberapa, seperti CCITT V.34, merupakan standar resmi, sementara yang lain dikembangkan oleh perusahaan swasta. Kebanyakan modem terdapat built-in support untuk protokol yang lebih umum - pada kecepatan data transmisi yang lambat setidaknya, sebagian besar modem dapat berkomunikasi satu sama lain. Namun, pada kecepatan transmisi tinggi, protokol kurang di-standarisasi.

tugas modem merubah sinyal data

Selain dari protokol transmisi yang mereka dukung, karakteristik berikut membedakan satu modem dengan yang lain:
  • Bps:

    Seberapa cepat modem dapat mengirim dan menerima data. Pada tingkat yang lambat, modem diukur dalam baud. Tingkat paling lambat adalah 300 baud (sekitar 25 cps). Pada kecepatan tinggi, modem diukur dari bit per detik (bps). Modem tercepat bisa sekitar 57.600 bps, meskipun mereka dapat mencapai tingkat transfer data yang lebih tinggi dengan mengompresi data. Tentu, semakin cepat transmission rate, semakin cepat Anda dapat mengirim dan menerima data. Namun, perlu diketahui bahwa Anda tidak dapat menerima data lebih cepat daripada yang sedang dikirim. Jika, misalnya, perangkat pengirim data ke komputer Anda mengirimnya pada 2400 bps, Anda menerimanya pada 2.400 bps.
  • Voice/data:

    Suara / data: Banyak modem mendukung switch untuk mengubah antara mode suara dan data. Dalam mode data, modem berperan seperti modem biasa. Dalam mode suara, modem berperan seperti telepon biasa. Modem yang mendukung switch voice/data ini dilengkapi dengan loudspeaker dan microphone untuk komunikasi suara.
  • Auto-answer:

    Modem auto-answer memungkinkan komputer Anda untuk menerima panggilan ketika anda sedang tidak berada di tempat. Hal ini hanya diperlukan jika Anda menawarkan beberapa jenis layanan komputer yang dapat digunakan orang ketika mereka melakukan panggilan telpon yang masuk.
  • Data compression:

    Beberapa modem melakukan kompresi data, yang memungkinkan perangkat tersebut untuk mengirim data pada tingkat yang lebih cepat. Namun, modem si penerima juga harus mampu melakukan dekompresi data menggunakan teknik kompresi yang sama.
  • Flash memory:

    Beberapa modem dilengkapi dengan flash memory dan bukan ROM konvensional, yang berarti bahwa protokol komunikasi dapat dengan mudah diperbarui jika diperlukan.
  • Kemampuan faks:

    Kebanyakan modem merupakan modem faks, yang berarti bahwa mereka dapat mengirim dan menerima faks.

Sejarah Modem

manfaat modem
Modem komersial pertama mendukung kecepatan 110 bps dan digunakan oleh departemen AS pertahanan, layanan berita dan beberapa perusahaan besar. Modem secara bertahap semakin akrab bagi konsumen, dimulai pada akhir 1970-an sampai tahun 1980-an, message board publik dan layanan berita seperti CompuServe diciptakan dari infrastruktur internet. Kemudian, dengan meledaknya popularitas World Wide Web di pertengahan 1990-an dan akhir, modem dial-up muncul sebagai bentuk utama dari akses Internet di banyak rumah tangga di seluruh dunia.

Modem tradisional yang digunakan pada jaringan dialup mengkonversi data dari bentuk analog yg digunakan pada saluran telepon ke bentuk digital yang digunakan pada komputer. Modem dial-up modern dapat mengirim data pada tingkat maksimum 56.000 bit per detik (56 Kbps). Namun, jaringan telepon umum sering membatasi kecepatan data modem pada 33,6 Kbps (atau bahkan lebih rendah) pada kenyataannya.

Modem broadband

Sebuah modem broadband seperti yang digunakan untuk DSL atau kabel modem internet akses ke teknik pensinyalan yang lebih maju untuk mencapai kecepatan jaringan secara dramatis lebih tinggi dari modem tradisional. Modem broadband kadang-kadang disebut "modem digital" sedangkan yang digunakan untuk jaringan dial-up tradisional disebut "modem analog".

Modem seluler adalah jenis modem digital yang menciptakan konektivitas internet antara perangkat mobile dan jaringan telepon seluler.

Modem broadband eksternal memiliki plug yang digunakan untuk menghubungkan ke router broadband rumah (atau perangkat home gateway lainnya) dan satu plug lagi untuk external internet interface (seperti telepon atau kabel TV). Beberapa router broadband dilengkapi dengan modem sendiri sehingga membentuk sebuah unit yang tak terpisahkan.

Banyak penyedia internet broadband menyediakan modem yang kompatibel untuk pelanggan mereka. Namun, model standar seperti modem DOCSIS dapat dibeli melalui outlet ritel.

jenis modem apa yang dilakukan modem

No comments:

Post a Comment