Tuesday, November 10, 2009

Bagaimana Cara Mengecek Apakah Sebuah Link Itu Aman Atau Tidak

Akhir akhir ini banyak sekali di internet link-link yang jika diklik maka akan menimbulkan banyak masalah di komputer anda. Masalahnya beraneka ragam seperti virus yang bisa membuat komputer jadi hang atau lambat maupun crash, spyware yang bisa melacak informasi informasi pribadi seperti password dll, dan masalah besar lainnya.


Jika anda harus mengecek seluruh source code dari sebuah website untuk mencari tau apakah ada link2 berbahaya yang disisipkan, maka ini tidak hanya sangat merepotkan tapi juga sangat amat menyita waktu. Anda mungkin mempunyai program anti-virus dan malware terinstal di komputer anda tapi program tersebut tidak memberi tahu link mana yang aman untuk diklik dan link mana yg aman sampai pada akhirnya anda sendiri yg mencoba untuk mengkliknya. Belum lagi banyak virus-virus tertentu atau serangan phishing, drive-by dowload maupun malware canggih lainnya yang lolos dalam scan program antivirus.

Link-link yang berbahaya ini sering ditemukan dalam bentuk shortcut, video lucu, berita yang mengejutkan, cerita yang menarik ataupun tombol ‘like’ tetapi mereka semua dirancang dengan tujuan yang sama – mencuri informasi pribadi atau merusak/menguasai komputer anda. Berikut ini adalah tool atau alat alat di internet yang berguna untuk membantu mendetek apakah sebuah link itu aman atau tidak jika diklik. Sekarang anda bisa mengecek sebuah website sebelum anda mengunjung website tersebut.

Siteadvisor – masukkan URL yang ingin anda cek pada kotak yg disediakan (kanan layar dibawah heading “View a Site Report”). Jika link atau sebuah website dinyatakan aman untuk dikunjungi maka SiteAdvisor akan melaporkan “We tested this site and didnt find any significsnt problems” dalam tulisan berwarna hijau. Alat ini juga memberitahu online afiliasi yang dimiliki website tersebut dan review/rating anggota communitynya seperti apa.

Norton’s SafeWeb – alat online bermanfaat lain untuk mengecek apakah ada spyware, virus dan phishing pada sebuah website. Alat ini bisa melindungi anda dari situs yang berbahaya atau situs yang berusaha mencuri data data pribadi anda.

PhishTank – situs komunitas gratis dimana anda bisa memasukkan alamat alamat website yang anda yakin betul situs tersebut berbahaya. Nanti website tersebut akan dimasukkan kedalam daftar mereka supaya orang lain juga tau. Tentunya anda harus menjadi registered user terlebih dahulu dan website-website yang anda masukkan sudah harus diverify oleh para komunitasnya supaya bisa masuk ke dalam daftarnya. PhishTank dioperasikan oleh OpenDNS. Disini anda juga bisa melihat situs-situs apa saja yang telah terdaftar disana.

AVG Web Page Scanner – alat ini membantu kita mengecek suatu halaman website yang ingin anda kunjungi, apakah halaman tersebut aman atau tidak. Jika anda menerima link link yang aneh dan mencurigakan pada email anda, link tersebut bisa di copy-pastekan ke dalam kotak yang sudah disediakan. LinkScanner akan mengecek apakah ada program2, kode, ataupun link2 yang berbahaya tersimpan di halaman tersebut.

Google Safe Browsing – alat yang sama untuk mengecek malware pada website tapi kali ini alatnya berasal dari Google. Untuk menggunakannya anda perlu mengetik kode berikut ke dalam address bar browser anda: http://www.google.com/safebrowsing/diagnostic?site=situsanda.com (ganti kata yang tebal dengan alamat URL atau IP yang ingin anda cek). Google Safe Browsing akan memberitahu apakah situs tersebut telah terdapat malware yang berbahaya dalam 90 hari terakhir.

Online Link Scan – alat berguna lainnya untuk scan virus, spyware, malware dan trojan. Situs ini menggabungkan beberapa tool yang ada diatas menjadi satu sehingga anda bisa menggunakan alat alat tersebut di satu tempat.

Alat-alat lain yang serupa:
http://unmaskparasites.com
http://hosts-file.net
http://freenuts.com/check-if-links-are-safe/ (digunakan utk scan link yg diperpendek untuk keamanan - link anda yang diperpendek akan dibuka (expand) sebelum discan melalui Google SafeBrowsing and SiteAdvisor.
http://www.browserdefender.com/
http://www.mywot.com/
http://lookup.uribl.com/ (situs ini akan memberitahu situs2 apa saja yg telah diblacklist)
http://www.urlvoid.com/

1 comment:

  1. wah keren kan infonya.. makasih.. saya jadi tau blog saya aman apa tidak.. :D alhamdulillah aman. :D

    ReplyDelete