Sunday, January 6, 2008

Permainan Sulap Paling Berbahaya

Permainan sulap yang tercatat sebagai permainan sulap yang paling bahaya disebut sebagai “Bullet Catch” atau bahasa Indonesianya “Menangkap Peluru”. Dalam permainan ini, para pesulap akan ditembak dengan peluru dan mereka akan menangkapnya dengan tangan atau kadang dengan mulut atau giginya. Peluru yang akan digunakan untuk menembak sebelumnya akan ditandai atau ditanda-tangani dulu oleh penonton dengan tujuan supaya tidak dapat ditukar. Trik fatal ini telah merenggut banyak nyawa setidaknya lebih dari 15 orang termasuk pesulap, penonton, asisten, dan melukai banyak orang lain di sekitar pertunjukkan selama bertahun-tahun. Permainan “Menangkap Peluru” ini kadang juga dikenal sebagai “Bullet Trick” atau “Gun Trick”.


Mungkin kejadian Bullet Catch mematikan yang paling terkenal dimainkan oleh seorang magician ‘Cina’ ternama bernama Chung Ling Soo. Dia adalah salah satu pemain sulap paling terkenal yang mempunyai gaya oriental dari akhir abad 19 dan awal abad ke-20 yang tertembak mati ketika sepotong pecahan peluru dari pistol ditembakkan ke arah dia di atas panggung pada permainan Bullet Catch ini tahun 1918. Setelah kematiannya banyak misteri tentang orang ini mulai terurai. Ketika dilarikan ke rumah sakit dan pada saat melepaskan pakaiannya, ditemukan bahwa ternyata pesulap ini bukan orang Cina, melainkan seorang warga Amerika bernama William Robinson. Hanya pada saat itulah dunia menemukan bahwa dia ternyata menyamar sebagai orang Cina. Setelah kejadian ini pun banyak rumor beredar bahwa yang menyebabkan kematiannya bukanlah kecelakaan tetapi dibunuh dikarenakan atas dasar iri hati. Peristiwa ini mengakhiri popularitas permainan Bullet Catch selama hampir 70 tahun.

Permainan Bullet Catch ini juga merupakan ilusi yang tidak pernah dimainkan oleh seorang Harry Houdini. Harry Houdini, salah satu pesulap atau magician paling hebat menerima surat dari sahabatnya, Harry Keller meminta agar ia tidak melakukan permainan Bullet Catch ini. Keller memperingati Houdini bahwa terlalu banyak kesalahan yang bisa terjadi pada permainan ini. Harry Houdini, tampaknya, menerima sarannya. Dorothy Dietrich menjadi wanita pertama dalam sejarah yang berhasil menyelesaikan trik menangkap peluru.

2 comments:

  1. wah keren juga ya kalo bisa nangkep peluru.

    ReplyDelete
  2. hebat ya ... tp itu pake trik apa betulan, kok banyak korban?

    ReplyDelete