Monday, April 26, 2010

Apakah Semua Aplikasi di Google Play (Android Market) Aman?

Malware merupakan ancaman bagi tiap pemilik perangkat android, tetapi sering dikemas dalam aplikasi atau melalui updates yang anda harus install. Jika anda berhati-hati dan melakukan sedikit riset maka Anda dapat menghindari ketidak-sengajaan men-download sesuatu yang berbahaya. Berikut adalah beberapa tips dasar untuk menjaga ponsel Android Anda tetap aman.

Hindari sumber yang tidak dikenal.

Anda memiliki pilihan untuk menginstal aplikasi dan game Android dari sumber selain Google Play (kadang-kadang dikenal sebagai sideloading). Masalahnya adalah bahwa banyak aplikasi toko pihak ketiga ini tidaklah aman.

Jika Anda men-download file APK dan menginstalnya sendiri, Anda bisa saja sedang memasukkan malware pada perangkat Anda. APK file juga bisa terkirim melalui email atau dalam text message (pesan teks), atau Anda bisa diminta untuk menginstalnya setelah mengklik sebuah link di browser web Anda. Sebaiknya ini dihindarkan kecuali anda yakin itu aman.


Untuk menghindari instalasi yang tidak sengaja, anda bisa mendisable atau mematikan fitur Unknown Sources, hal ini untuk mencegah anda menginstal aplikasi dari sumber yang tak dikenal.

Caranya: (untuk android 4.0 dan di atas) masuk ke Settings> Security dan pastikan fitur Unknown Sources dinonaktifkan. Untuk versi android yang lama, tekan Settings> Applications dan pastikan kotak Unknown Sources tidak dicentang.

Gunakan Google Play

Google Play, atau dikenal juga dengan Android Market, dirilis pada bulan Oktober 2008, yang didalamnya terdapat sekitar 50 aplikasi. Hari ini, sebanyak 700.000 aplikasi dapat ditemukan di Google Play, tetapi apakah semua app disana aman?

Pada umumnya, aplikasi dan game di Google Play terbilang aman tapi bukan hanya karena tersedia di toko aplikasi Android resmi berarti selalu aman untuk di-download. Pastikan juga bahwa Anda memeriksa ratingnya dan membaca review/ulasan dari pengguna lain pada setiap aplikasi. Jangan hanya mengandalkan Google Play review saja karena penilaian app store tidak selalu akurat.

Biasanya, semakin tinggi atau banyaknya rating dan download pada sebuah aplikasi, kemungkinan besar lebih aman untuk di-download. Risiko terbesar adalah yang dari produk/rilis terbaru yang dimana tentunya memiliki sangat sedikit feedback. Jika belum diunduh berkali-kali dan tidak banyak feedback maka sebaiknya dilakukan sedikit penelitian sebelum Anda men-downloadnya.

Cari app review online.

Cara lain untuk mencari tau apakah sebuah app itu aman bisa dengan melakukan pencarian web. Pastikan bahwa pengembang dan / atau penerbit applikasi tersebut memiliki website yang sah. Lebih bagus lagi kalau terdapat review atau diskusinya di forum. Semakin banyak sumber terpisah yang berhasil anda cari maka akan lebih baik.

Pastikan bahwa Anda menemukan aplikasi yang benar. Beberapa penulis malware akan membuat aplikasi yang dirancang untuk terlihat sama persis seperti yang ditampilkan pada app lain yang populer. Periksa nama aplikasi, pengembang, dan penerbitnya.

Perhatikan permintaan hak akses sebuah aplikasi

Jika sedang menginstal sebuah aplikasi kebanyakan orang tidak mau ambil pusing dan hanya menekan next next next, padahal android anda ada membeberkan daftar permintaan hak akses dari sebuah aplikasi pada ponsel anda. Sayangnya masih banyak pengguna tidak selalu mengerti mengapa sebuah aplikasi memerlukan akses pada bagian-bagian tertentu, dan kadang sulit membedakan antara alasan yang masuk akal dengan permintaan yang mencurigakan.

Cobalah mencari tau mengapa sebuah app perlu masuk ke bagian tertentu, jika terlihat tidak masuk akal, sebaiknya jangan di-instal. Contoh, apakah sebuah app perlu melacak keberadaan anda? apakah internet access diperlukan? apakah izin melakukan panggilan atau mengirim pesan diperlukan? ada beberapa app juga meminta izin untuk mengubah dan menghapus data pada ponsel anda.

Sebagian aplikasi mungkin ingin "Akses internet penuh" agar dapat menampilkan iklan. Ada juga yang ingin "mengetahui kondisi ponsel dan identitas" untuk menentukan kapan Anda sedang menelepon. Apa yang seharusnya diperhatikan adalah aplikasi yg meminta izin untuk mengakses ke bagian-bagian yang seharusnya tidak mereka perlukan. Berhati-hati jugalah terhadap aplikasi yang izin ingin dapat melakukan panggilan, mengirim pesan, atau membaca data kontak.

Jika ragu, anda bisa lakukan pencarian Web terkait izin yang bersangkutan agar Anda bisa menemukan informasi lebih lanjut.

Periksa updates sebelum menginstal

Banyak orang yang berhati-hati ketika pertama kali menginstal sebuah aplikasi, tetapi setelah mereka memilikinya pada perangkatnya mereka merasa puas dan aman tentang menginstal updatenya. Kalau mau lebih aman, periksa app review terbaru mengenai app anda di Google Play untuk mencari tau apakah sebuah update layak diinstal.

Anda juga harus ingat bahwa sebuah update dapat request/meminta izin baru untuk mengakses. Aplikasi original mungkin telah dicap sah, namun bisa saja sebuah update berpotensial buruk jika diinstal. Penulis malware telah banyak menipu pengguna melalui reputasi appnya yang disalahgunakan.

No comments:

Post a Comment